Sponsors Link

8 Cara Mengobati Demam Tinggi Terbukti Ampuh dan Aman

Sponsors Link

Demam panas, artinya suhu tubuh melebihi batas normal dari biasanya.  Dapat dikatakan secara umum, lebih dari 38 derajat celcius sebagai demam tinggi.  Dan kategori demam tinggi ini bisa diderita siapa saja dari berbagai usia, tidak mengenal jenis kelamin tertentu.  Namun, demam tinggi tidak selalu berarti demam yang membahayakan.  Pada beberapa bayi, demam tumbuh gigi hanya sekitar lebih dari 37 derajat celcius.  Beberapa bayi lain dapat mencapai 40 derajat celcius dan menyebabkan kejang demam.

ads

Umumnya ada beberapa gejala yang menyertai demam tinggi, di antaranya :

Meskipun demam tinggi tidak selalu berbahaya, namun tetap diwaspadai.  Selain itu harus diketahui juga cara mengobati demam tinggi sebagai pertolongan pertama.  Cara mengobati demam tinggi adalah sebagai berikut.

  1. Ke Dokter

Segera konsultasi ke dokter jika penderita demam tinggi adalah anak dengan usia kurang dari 1 tahun.  Ini disebabkan karena anak di usia kurang 1 tahun belum mempunyai ketahanan tubuh yang baik.  Banyak bagian dari organ tubuhnya juga belum berfungsi sempurna.

Segera hubungi dokter jika demam tinggi pada anak usia lebih dari 1 tahun, remaja, dan dewasa disertai dengan leher kaku, kejang demam, demam tinggi dan sesak napas, kehilangan kesadaran, radang diseluruh tubuh, sulit buang air kecil, dan urin berbau tidak enak.

  1. Obat Penurun Panas Badan

Obat penurun panas badan sangat efektif dan cepat menurunkan demam tinggi.  Disarankan penderita demam tinggi untuk mengkonsumsi obat jenis Acetaminophen atau Ibuprofen.  Sanmol adalah salah satu merek obat Acetaminophen yang mengandung Paracetamol dan direkomendasikan.  Obat ini diproduksi dengan berbagai kemasan dan ukuran yang disesuaikan usia dan berat badan penderita demam.

  1. Bawang Putih

Bawang putih dikenal sebagai antibiotik alami.  Umumnya demam infeksi karena bakteri langsung menyebabkan panas tinggi.  Bawang putih dapat dikonsumsi untuk menurunkan demam.  Dapat juga bawang putih dibalurkan di telapak kaki selama semalaman ketika tidur.  Dengan terapi bawang putih, ketika bangun tidur penderita demam akan merasa lebih baik.

Sponsors Link

  1. Minum Banyak Air

Demam tinggi menyebabkan tubuh kehilangan banyak cairan.  Apalagi jika demam disertai dengan muntah dan diare.  Oleh karena itu, minum air putih sebanyak-banyaknya untuk mengatasi dehidrasi yang terjadi.  Jika tubuh sudah sangat kering terlihat ari bibir dan anak sudah tidak lagi buang air kecil, maka penderita harus ke dokter untuk mengatasi dehidrasi beratnya.  Jika dehidrasi ringan, minum banyak air putih di rumah juga membantu menurunkan demam tinggi.

  1. Kompres

Kompres dengan berbagai bahan dapat menurunkan demam yang tinggi.  Selain itu, kompres memperingan gejala yang mengikuti demam sehingga penderita merasa nyaman.  Berbagai nama kompres penurun panas misalnya, kompres air hangat, plester kompres demam untuk anak, dan kompres menggunakan daun penurun panas.  Kompres juga dapat dilakukan dengan menggunakan spons yang dibasahi air hangat.

  1. ASI

Bagi anak berusia di bawah 2 tahun yang masih menyusui, tetap mengkonsumsi ASI akan membantu meringankan demam tinggi.  ASI adalah salah satu cara mengobati demam tinggi yang sangat bagus.  Kandungan ASI mengandung zat kekebalan tubuh.  Bayi yang sulit makan ketika demam dapat terpenuhi sebagian gizinya dengan tetap minum ASI saat menderita demam tinggi. 

Sponsors Link

  1. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat menyegarkan penderita sakit.  Tidak terkecuali bayi yang demam.  Dengan mandi, pori-pori akan terbuka lebar untuk mengeluarkan panas.  Setelah mandi, biasanya panas perlahan akan turun dan penderita demam tinggi akan lebih bersemangat.

  1. Konsumsi Makanan Bergizi

Tetap memberi makanan bergizi pada orang yang sakit sangat dianjurkan.  Meskipun nafsu makan orang sakit berkurang.  Ini untuk menjaga daya tahan tubuhnya agar tidak bertambah parah.  Konsumsilah makanan bergizi yang mudah dicerna.  Makanan yang mudah dicerna seperti makanan penurun demam menghasilkan energi lebih cepat dan mengurangi pengeluaran energi untuk mencernanya.

Sekian posting mengenai cara mengobati demam tinggi.  Jangan lupa untuk terus memeprhatikan kondisi penderita sakit.  Apabila gejala tidak berkurang atau bahkan bertambah, jangan ragu untuk membawanya ke dokter.  Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan