Sponsors Link

20 Cara Mengobati Demam Anak dengan Cepat dan Ampuh

Sponsors Link

Jika anak demam, orang tua, khususnya Ibu akan sangat khawatir. Demam sepertinya menjadi hal yang sangat menakutkan. Apalagi jika ditambah anak menjadi rewel. Bertambah kepanikan Ibu. Padahal tidak semua demam membahayakan. Kebanyakan demam adalah jenis demam biasa. Yang harusnya sudah dikenali gejala demam biasanya. Demam yang membahayakan, seperti demam berdarah, demam chikugunya, demam campak, dan lain-lain juga tidak membahayakan

ads

Jika ditangani dengan tepat. Di bawah ini ada beberapa cara mengobati demam anak baik meringankan gejala demam infeksi dan demam non infeksi.

  1. Obat Penurun Panas Badan

Obat penurun panas badan biasanya menjadi pilihan pertama orang tua saat anak balita mengalami demam panas. Dibandingkan obat herbal atau obat alami, obat jenis Acetaminophen atau Ibuprofen mempunyai efek yang lebih cepat. Sanmol merupakan salah satu contoh obat penurun panas badan jenis Acetaminophen.

  1. Banyak Minum Air

Panas badan yang tinggi menyebabkan anak merasa kehausan terus. Minum air adalah cara mengatasi dehidrasi karena panas. Minum air panas hangat bahkan membantu memperlancar penguapan panas melalui kulit, selain air juga mengeluarkan racun tubuh.

  1. Kompres Air Hangat

Kompres dipercaya sejak zaman dulu sebagai obat demam. Kompres yang benar adalah menggunakan air hangat dan diletakkan di bagian-bagian lipatan tubuh. Selain menurunkan panas, kompres penurun panas membuat penderita merasa lebih nyaman. Nyeri tubuh dan sakit kepala akan berkurang.

  1. Mandi Air Hangat

Anak yang demam boleh mandi dengan air hangat. Mandi akan membuat tubuh lebih segar dan bersemangat. Mandi air hangat akan membantu memperlancar peredaran darah dan membantu menguapkan panas tubuh. Pada beberapa orang, mandi membuat berkeringat dan menurunkan panas.

  1. Memakaikan Baju Tipis

Tidak benar anak yang demam harus memakai baju dan selimut tebal agar berkeringat dan panas turun. Pakaian tebal akan membuat panas terperangkap dalam tubuh, turun sebentar, dan meningkat lebih tinggi. Pakailah baju biasa yang tipis, menyerap keringat, dan pastikan selalu kering

  1. Istirahat

Beberapa demam hanya membutuhkan istirahat untuk penyembuhan. Demam flu pada anak, misalnya. Bujuklah anak untuk tidak melakukan banyak aktivitas di luar rumah selama sakit.

  1. Plester Kompres Demam

Plester kompres demam untuk anak mempunyai khasiat yang sama dengan kompres air hangat. Kompres jenis ini lebih praktis. Orang tua tidak perlu sering menggantinya setiap saat. Anak akan merasa lebih nyaman.

Sponsors Link

  1. Air Kelapa Muda

Air kelapa muda rasanya menyegarkan. Jika ada di sekitar rumah, bisa diberikan pada anak yang sakit. Air kelapa muda banyak mengandung ion tubuh. Anak yang demam disertai diare dan muntah cocok mengkonsumsinya. Air kelapa juga menawarkan racun dan mengatasi dehidrasi.

  1. Konsumsi Makanan Bergizi

Anak yang sakit sebaiknya tetap mengkonsumsi makanan bergizi. Makanlah sedikit-sedikit tetapi sering. Orang tua dapat mencoba resep makanan untuk anak demam yang terdapat di berbagai media sosial. 

ads

  1. Konsumsi Bubur

Bubur termasuk makanan bergizi, Hanya saja, lebih mudah dicerna. Makan bubur dapat membantu mempercepat penyembuhan karena mengembalikan energi. Jangan lupa untuk menghindari makanan penyebab demam tinggi.

  1. Madu

Madu rasanya manis. Dapat diperoleh dari berbagai jenis lebah. Madu menghasilkan banyak energi. Manfaat madu bagi demam anak adalah juga menurunkan panas, khususnya sebagai obat panas dalam untuk balita.

  1. Sari Kurma

Sari kurma adalah kurma yang dijus atau diekstrak dalam bentuk cair. Kurma membantu meningkatkan produksi sel darah merah dan menambah energi. sesuatu yang dibutuhkan bagi anak sakit. Demam thyopid dan demam denggi berdarah dapat mengkonsumsi ini untuk penyembuhan.

  1. Sari Jahe

Jahe menghangatkan tubuh bagi penderita demam batuk pilek pada anak dan demam radang tenggorokan. Sari jahe dicampur madu rasanya sangat enak dan disukai anak. Kandungan jahe dapat menurnkan panas.

  1. Kompres Daun Penurun Panas

Daun penurun panas seperti cocor bebek dan daun singkong yang dihaluskan dapat ditempelkan di bagian yang biasa untuk kompres. Daun ini membantu menurunkan panas disertai sakit kepala.

  1. Suasana Yang Nyaman

Suasana rumah atau kamar yang menyenangkan sangat membantu kesembuhan anak. Nyaman dalam arti tidak terlalu panas dan dingin. Terlalu dingin akan membuat demam menggigil pada anak. Atur juga ventilasi di kamar anak.

  1. Konsumsi Buah

Buah penurun panas anak sangat baik untuk cara mengobati demam anak. Buah seperti semangka, delima merah, dan jeruk mengandung banyak air untuk mengatasi dehidrasi. Buah juga mengandung vitamin C yang meningkatkan kekebalan tubuh.

  1. Pemijatan

Pemijatan secara perlahan pada anak dapat membuat anak merasa lebih nyaman. Pijat pada daerah tertentu juga mengurangi nyeri sendi yang menyertai gejala demam.

  1. Bawang Merah

Bawang merah mengandung minyak atsiri untuk menurunkan panas. Kebaikannya, tidak perlu mengonsumsinya untuk memperoleh manfaat bawang merah. Cukup diiris halus dan dicampurkan dengan minyak kelapa. Kemudian balurkan ke seluruh tubuh atau sebagai alat bantu memijat.

  1. Sari Kunyit

Sari kunyit berkhasiat hampir sama dengan jahe. Kandungan kunyit membantu panas tubuh menjadi turun. Agar rasanya disukai anak, atau gula merah. 

Sponsors Link

  1. Konsultasi Ke Dokter

Konsultasi ke dokter adalah cara mengobati demam anak yang harus dilakukan jika gejala demam bertambah parah, demam berkepanjangan, demam naik turun selama 5 hari, dan kejang demam. Ini dilakukan agar dokter segera dapat memberikan pengobatan yang lebih tepat sesuai penyakit yang diderita.

Perhatikan dan catat semua kondisi dan gejala anak selama sakit. Hal ini penting untuk memudahkan jika ke dokter atau memerlukan tindakan medis lanjutan. Jangan lupa untuk tidak panik. Dengan tetap tenang, cara mengobati demam anak dapat dilakukan lebih efektif dan efisien. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan