Sponsors Link

7 Obat Panas Dalam Untuk Balita Paling Ampuh

Sponsors Link

Salah satu penyakit yang banyak menyerang balita adalah Demam. Namun demam tentu bukan satu satunya penyakit yang bisa menyerang bayi di bawah tiga tahun tersebut. Selain demam, balita juga rawan terkena panas dalam. Demam dan panas dalam sama sama mudah menyerang saat daya tahan tubuh sedang lemah, belum lagi jika cuaca sedang tidak menentu sehingga banyak virus dan bakteri yang terbawa oleh udara.

ads

Jika Gejala Demam Biasa ditandai dengan naiknya suhu tubuh balita secara drastis hingga melebihi suhu normak orang yang sehat, maka panas dalam tidak selalu disertai dengan demam. Panas dalam ringan biasanya adalah sariawan dan bibir kering pecah pecah. Namun jika panas dalam sudah parah bisa membuat balita menjadi demam dan mengalami radang tenggorokan. Jika sudah begini, balita akan sulit menerima makanan apapun masuk ke dalam tubuhnya karena akan terasa sakit saat dipakai untuk menelan makanan.

Saat balita terserang panas dalam, sudah semestinya orang tua menjadi khawatir dan memikirkan berbagai cara untuk menemukan obat panas dalam untuk balita. Inilah macam macam Obat Panas Dalam Tradisional yang bisa diberikan bagi bayi di bawah 3 tahun:

1. Rambut Jagung Muda

Salah satu obat panas dalam untuk balita dengan bahan tradisional yang manjur adalah dengan rambut jagung muda. Jagung muda juga bisa digunakan sebagai Cara Mengatasi Anak Panas di Malam Hari.

  • Ambil segenggam rambut jagung muda, cuci hingga bersih.
  • Rebus dengan 500 ml air, tunggu hingga mendidih.
  • Biarkan kompor menyala sampai air hanya tersisa 1/3 bagian saja.
  • Agar balita tidak merasa pahit, tambahkan gula saat memberikannya.
  • Berikan ramuan rambut jagung muda 1 kali sehari sampai panas dalam anak semuh.

2. Madu dan Lemon

Balita terserang panas dalam karena daya tahan tubuhnya sedang lemah. Daya tahan tubuh lemah dipengaruhi oleh banyak hal seperti tertular orang dewasa atau cuaca yang tidak menentu. Berikan Buah Untuk Mengobati Panas Dalam pada anak yang kaya kandungan vitamin C. Salah satu Manfaat Vitamin C Saat Demam dan panas dalam adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Campurkan madu dan air jeruk lemon sebanyak 2 kali sehari pada balita Anda yang sedang mengalami panas dalam.

3. Air Kelapa Muda

Kelapa muda terkenal akan kemampuannya untuk menetralisir racun yang ada di dalam tubuh. Inilah mengapa Manfaat Air Kelapa Untuk Anak Demam sangat besar. Kandungan di dalam air kelapa mampu membantu menyembuhkan Gejala Panas Dalam dengan cepat. Beri anak balita Anda air 3 sendok air kelapa muda yang dicampurkan dengan 1 sendok madu alami. Cukup sekali saja, panas dalam akan sembuh dengan cepat.

4. Kuning Telur Ayam Kampung

Tidak banyak yang tahu telur ayam kampung dapat dijadikan obat panas dalam untuk balita serta Obat Herbal Demam Tinggi untuk orang dewasa. Padahal sudah sejak lama telur ayam kampung dijadikan jamu tradisional. Bagian kuningnya mengobati Panas Dalam Tenggorokan dengan aman dan cepat.

  • Siapkan 1 butir telur ayam kampung, lalu pisahkan kuningnya.
  • Tambahkan 3 sendok makan madu lalu kocok sampai rata.
  • Berikan kuning telur langsung pada balita Anda.

5. Kacang Hijau

Tidak hanya sebagai Makanan Penurun Demam Orang Dewasa, kacang hijau juga bisa menjadi obat panas dalam untuk balita. Cara ini tentu sangat mudah dilakukan orang tua karena kacang hijau adalah makanan yang disukai oleh anak anak.

Sponsors Link

Selain enak dan bergizi, kacang hijau bisa mengobati Panas Dalam Pada Balita. Rebus kacang hijau bersama dengan 500 ml air, lalu biarkan mendidih hingga hanya tersisa 1/3 bagian saja. Berikan sari kacang hijau sebanyak 2 kali sehari sampai panas dalam anak sembuh.

6. Kencur

Siapa yang tidak tahu tanaman yang satu ini? Kencur sudah sejak lama menjadi salah satu bahan pembuat jamu tradisional yang menyehatkan dan menyegarkan. Salah satu manfaat kencur yang mungkin belum banyak diketahui adalah bisa menjadi Obat Panas Dalam. Siapkan 1 ruas jari kencur, lalu tumbuk hingga halus. Peras dan ambil airnya saja untuk dijadikan obat. Biasanya 1 ruas jari akan menghasilkan 1 sendok makan sekali minum. Kencur adalah obat yang baik untuk Macam Macam Panas Dalam.

7. Air Garam

Air garam lebih dikenal untuk mengobati gigi yang berlubang. Tetapi manfaat lain dari air garam adalah untuk mengobati berbagai macam gejala panas dalam. Banyak hal yang bisa menjadi Penyebab Panas Dalam dan Sariawan seperti sakit tenggorokan, iritasi, bibir kering dan pecah pecah.

  • Campurkan 1 sendok makan garam ke dalam 50 ml air.
  • Aduk sampai garam larut ke dalam air.
  • Gunakan air garam untuk kumur selama beberapa menit
  • Mengobati panas dalam dengan air garam akan terasa sangat sakit, biasanya balita tidak menyukainya.

Itulah berbagai macam obat panas dalam untuk balita dengan bahan alami tradisional yang bisa dibuat sendiri di rumah. Penggunaan obat tradisional harus dilakukan dengan hati hati, jangan sampai membuat kondisi balita Anda menjadi semakin parah. Jika panas dalam tidak kunjung reda dalam 5 hari hingga 1 minggu, segera bawa balita periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan