Sponsors Link

5 Cara Efektif Untuk Mengatasi Demam Anak

Sponsors Link

Demam adalah kondisi yang sering terjadi pada anak. Untuk anak sehat, demam umumnya memang bukan masalah yang serius. Demam menjadi tanda jika tubuh sedang melawan infeksi yang terjadi pada anak. Tidak semua jenis demam harus diobati ke dokter, namun terkadang demam anak juga bisa diatasi dengan pengobatan rumahan. Sedangkan untuk demam tinggi yang sampai membuat anak merasa tidak nyaman dan menyebabkan dehidrasi berat pada anak harus diwaspadai dan diatasi secepatnya. Berikut ini, kami punya beberapa cara efektif mengatasi demam anak yang bisa anda lakukan di rumah.

ads

Apa Saja Cara Mengatasi Demam Anak?

Anak bisa dikatakan mengalami demam panas apabila suhu tubuh sudah mencapai 37 derajat celcius atau lebih. Umumnya, suhu tubuh anak akan naik turun selama sedang demam yang kemudian akan rendah di pagi hari dan kembali tinggi saat malam. Bahkan terkadang, anak anak juga bisa menggigil saat malam karena suhu tubuh mereka yang kembali naik. Inilah yang nantinya membuat anak tidak bisa tidur dengan nyenyak saat malam dan membuat orang tua khawatir.

Untuk mengatasi demam anak, sebagai orang tua maka anda bisa melakukan tindakan pertama untuk menurunkan demam panas anak. Ini bisa dilakukan di rumah sebelum membawa anak ke dokter sebab beberapa jenis demam bisa sembuh dengan perawatan rumahan dan tidak harus dibawa ke dokter. Beberapa cara yang bisa dilakukan diantaranya adalah:

  1. Kompres Air Hangat

Kompres anak dengan memakai air hangat bisa dilakukan untuk menurunkan demam anak meski hanya sementara termasuk untuk cara menurunkan demam pada orang dewasa. Meski beberapa anak akan merasa sedikit tidak nyaman ketika dikompres pada dahi mereka, namun cara ini tetap bisa dilakukan untuk mengatasi demam pada anak anak.

  1. Mandi Air Hangat

Meski anak sedang demam namun tetap harus mandi atau bisa juga di lap. Mandi dengan air hangat dengan suhu sekitar 29.4 sampai 32.2 derajat celcius bisa membantu untuk mengatasi demam anak meski tidak sebaik antibiotik untuk demam. Kulit tubuh yang terkena air hangat saat mandi akan membantu untuk mendinginkan tubuh sekaligus menurunkan suhu tubuh sekitar 1 sampai 2 derajat celcius selama 30 hingga 45 menit. Perhatikan untuk tidak mengeluarkan air dingin ketika memandikan anak karena bisa membuat tubuh anak menggigil dan suhu tubuh naik yang terjadi untuk mentolerir kedinginan yang dialami anak anak.

  1. Membantu Panas Tubuh Anak Cepat Keluar

Cara cepat menurunkan panas badan anak bisa dilakukan dengan mengenakan pakaian pada anak hingga menutupi seluruh bagian tubuh. Tidak harus dengan bahan yang tebal namun hanya kain tipis asalkan tertutup dan tambahkan dengan selimut yang tipis. Jika mengenakan pakaian tebal, maka bisa mencegah panas tubuh anak keluar dan demam bisa semakin tinggi.

Selain dengan pakaian, mengeluarkan panas tubuh anak bisa dilakukan dengan membuat suhu kamar anak lebih nyaman sehingga tidak kedinginan atau kepanasan. Berikan anak istirahat yang cukup agar tubuh bisa kembali pulih namun tidak perlu dilakukan dengan berbaring seharian penuh di tempat tidur. 

Sponsors Link

  1. Minum Banyak Cairan

Minum banyak air tidak perlu dilakukan sekali minum, akan tetapi bisa sedikit demi sedikit namun dilakukan sering untuk menurunkan demam pada anak remaja. Cara ini bisa membantu tubuh anak lebih cepat mengeluarkan panas dalam tubuh sekaligus mencegah dehidrasi karena demam bisa membuat cairan di tubuh anak banyak terbuang. Selain minum air putih, cairan juga bisa didapatkan dari makanan atau minuman seperti sup, es krim, kaldu dan sebagainya. Selain untuk mencegah dehidrasi, minuman dingin atau es krim juga membantu mendinginkan tubuh anak dari dalam sehingga demam anak juga bisa diatasi.

  1. Berikan Teh Herbal

Teh herbal seperti jahe, lemon balm, chamomile atau yarrow dipercaya bisa mengatasi segala jenis demam pada anak dan orang dewasa. Teh herbal bisa memberikan efek menenangkan serta memicu tubuh mengeluarkan keringat yang akhirnya juga bisa menurunkan suhu tubuh saat demam. Anda juga bisa menambahkan madu sebagai pemanis dan diberikan pada anak.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan