Sponsors Link

Obat Kedinginan Setelah Melahirkan

Sponsors Link

Untuk ibu hamil, melahirkan adalah saat yang ditunggu. Melihat bayi lahir ke dunia dengan sehat merupakan momentum membahagiakan. Namun, jika tidak diwaspadai, bahaya lain menunggu. Demam nifas atau demam setelah melahirkan 10 hari. Selain demam panas, ibu pasca melahirkan juga mungkin mengalami kedinginan. Kedinginan yang terjadi beberapa saat setelah melahirkan.

ads

Sama halnya dengan penyebab demam setelah melahirkan, penyebab kedinginan antara lain :

  1. Infeksi di Saluran Kemih atau Organ Genital
    Demam infeksi saluran kemih atau infeksi yang berhubungan dengan rahim salah satu gejalanya adalah kedinginan atau demam gigil.  Infeksi bisa disebabkan ciri-ciri demam virus, infeksi bakteri, dan demam karena infeksi jamur. Jika kedinginan terjadi dalam waktu lama, maka pertolongan dokter segera sangat diperlukan
  2. Kontamimasi Luka
    Kontaminasi luka dapat saja terjadi. Misalnya, kebersihan luka kurang terjaga atau melakukan aktivitas yang membuatnya terbuka. Saat hal ini terjadi, demam infeksi dapat saja masuk ke dalam tubuh.
  3. Mastitis
    Mastitis berhubungan dengan ibu menyusui. Kemungkinan terjadi karena beberapa hal, seperti menyukai dengan satu payudara, memakai bra ketat, luka di puting, dan sebagainya.
  4. Psikis
    Psikis ibu melahirkan sangat mempengaruhi fisiknya. Pada saat ini hormon wanita juga belum stabil. Ibu melahirkan dengan kondisi psikis buruk, dapat mengalami kedinginan sampai pendarahan hebat.

Apa yang harus dilakukan saat ini melahirkan mengalami kedinginan? Karena masa persalinan adalah masa yang cukup melelahkan, bisa jadi selanjutnya mereka mengalami kedinginan. Di bawah ini beberapa obat kedinginan setelah melahirkan yang dapat diberikan sebagai pertolongan pertama.

1. Jahe

Seperti umumnya kedinginan yang disebabkan hal lain, minum.jahe akan menghangatkan dari dalam. Sensasi rasa agak pedasnya merupakan tanda bahwa jahe mengandung atsiri yang menurunkan demam. Jahe ini meredakan gejala demam biasa, seperti demam karena batuk pilek, demam flu, dan demam akibat radang tenggorokan. Jahe merupakan obat herbal demam meriang yang memebri rasa nyaman.

2. Teh Hijau

Minum segala jenis teh memang menghangatkan tubuh. Khusus teh hijau yang merupakan teh herbal, teh ini menurunkan demam. Fungsi teh hijau mirip dengan jahe jika diminum saat kedinginan.

3. Madu

Bisa jadi ibu yang kedinginan ketika baru melahirkan karena kehabisan energi. Seluruh energi yang ada telah digunakan saat melahirkan. Ini umumnya terjadi pada kelahiran normal. Minum sesendok makan manfaat madu untuk penurun panas akan memberi energi dan mengusir rasa dingin. Akan lebih baik jika madu dicampur dengan segelas teh hangat.

Sponsors Link

4. Obat Penurun Panas Badan

Obat penurun panas badan dapat dikonsumsi jika suhu badan ibu pasca melahirkan naik, di atas 38 derajat Celciua, suhu badan panas kaki dingin. Obat yang dijual bebas dan cukup aman dengan kondisi ibu menyusui adalah jenis Acetaminopehen, seperti Paracetamol, dengan contoh merek Sanmol.

5. Antibiotik

Untuk gejala infeksi pada genital dan sekitar rahim, sebaiknya segera mengunjungi dokter. Selain menghilangkan rasa sakit dan kedinginan, dokter akan memberikan antibiotik. Antibiotik akan menghambat pertumbuhan bakteri. Dengan demikian ibu akan berangsur-angsur pulih

6. Kasih Sayang

Seperti telah disebutkan, ibu kedinginan tidak selalu infeksi atau sakit. Beberapa di antaranya perlu perhatian dan kasih sayang keluarga. Kasih sayang yang diberikan akan mengatasi dan mencegah kedinginan setelah melahirkan. Kasih sayang adalah obat secara psikis.

Sponsors Link

7. Menyusui dengan Benar

ASI mengandung antibiotik dan zat kekebalan tubuh alami. Tetapi menyusui ketika infeksi mastitis, obat alami akan sangat membantu. Namun, sebaiknya ibu menyusui dengan benar. Khususnya jika kedinginan karena mastitis. Menyusui dengan benar, antara lain :

  • Menyusui dengan 2 belah payudara secara bergantian.
  • Mencuci tangan ketika akan menyusui
  • Posisi menyusui yang benar
  • Jika produksi ASI terlalu banyak, maka ASI dapat diperah dan disimpan
  • Menggunakan bra tidak terlalu ketat
  • Dan lain-lain.

8. Kompres

Kedinginan karena demam dapat diatasi dengan kompres pengurus panas badan air hangat atau plester kompres demam. Sementara puting susu yang luka dan menyebabkan kedinginan dapat dikompres dengan air dingin.

Itulah beberapa obat kedinginan setelah melahirkan. Obat secara fisik dan psikis, obat alami dan obat dokter. Semoga artikel ini bermanfaat, karena ibu harus sehat untuk keluarganya. Salam!

Sponsors Link
, , , ,



Oleh :
Kategori : Pengobatan