Sponsors Link

10 Obat Panas Dingin Ibu Menyusui yang Alami dan Terampuh

Sponsors Link

Ketika ibu hamil lalu anaknya sudah lahir , maka ibu akan memasuki fase menyusui. Pada fase menyusui ini ibu memerlukan asupan nutrisi dn gizi untuk menjaga kesahatannya.Hal tersebut dikarenakan apabila ibu mengalami masalah pada kesehatan akan mengakibatkan bayi juga terkena masalah.

ads

Masalah masalah yang sering kali muncul yaitu masalah demam , masalah demam yang dialami ibu menyusui akan berdampak pada keseharian ibu menyusui. Beberapa demam tersebut disebabkan oleh beberapa faktor. Adapun beberapa jenis demam antara lain yaitu meriang pada ibu menyusui , ibu menyusui demam tinggi , dan demam nifas dan lain sebagainya.

Selain itu kerap sekali ibu menyusui mengalami demam disertai badan yang menggigil. Hal tersebut bisa terjadi kemungkinan dikarenakan oleh sistem imunitas ibu hamil menurun. Untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa cara sebagai berikut.

Obat Panas Dingin Ibu Menyusui

Setiap masalah kesehatan pastinya ada beberapa tips dan cara tertentu untuk mengatasinya. Seperti halnya cara menurunkan demam pada lansia , cara menurunkan panas pada ibu hamil  dan cara mengatasi demam saat hamil tua . Tentunya saat ibu menyusui yang terkena panas dingin juga memiliki cara untuk menurunkannya.

Pada dasarnya ibu menyusui yang mengalami panas dingin tersebut merupakan adanya tanda dan gejala demam. Meskipun hal tersebut dianggap norma, wajara maupun sepele. Namun hal itu apabila dibiarkan terus menerus akan berdampat yang tidak baik bagi bayinya. Berikut Obat Panas Dingin Ibu Menyusui :

1. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Air putih sangat penting untuk tubuh seseorang, karena digunakan sebagai cairan tubuh. Selain itu cairan didalam tubuh sangat berperan pentng dalam menjaga keseimbangan metabolisme. Seperti halnya metabolisme yang baik akan berdampak pada imunitas yang baik. Saat iu menyusui sedang mangalami panas dingin maka sistem imun sedang turun , sehingga perlu asupan cairan yang cukup. Badan panas saat hamil juga mirip dengan masalah pada ibu menyusui ini.

2. Penuhi Asupan Nutrisi

Nutrisi sangat dibutuhkan untuk tubuh , karena dari nutrisi tubuh akan menjadi sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Saat ibu menyusui sedang mengalami masalah maka diperlukan asupan nutrisi yang cukup. Karena nutrisi yang masuk ke dalam tubuh akan membenatu dalam pemulihan sel-sel jaringan yang telah rusak. Makanan yang mengandung nutrisi yang banyak contohnya adalah buah dan sayur. Manfaat buah melon untuk demam perlu kita ketahui , karna melon merupakan salah satu buah yang bernutrisi.

3. Istirahat Cukup

Terkadang ibu menyusui yang mengalami demam juga disebabkan oleh faktor kurang istirahat. Hal ini sangat jelas bahwa istirahat yang cukup sangat diperlukan untuk setiap orang. Istrahat yang cukup yakni minimal 6 jam dan maksimal 8 jam. Namun disaat kondisi sedang sakit istirahat ini pun bisa diatas 8 cam. Karena komponen tubuh mulai recovery dari organ , sel-sel dan lain sebagainya. Sangat dianhjurkan ibu yang sedang menyusui yang sedang mengalami panas dingin beristirahat yag cukup. Panas batuk pilek pada balitajuga memerlukan istirahat yang cukup.

Sponsors Link

4. Mengkonsumsi Vitamin C

Kandugan vitamin C mempunyai berbagai manfaat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin C mampu meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh. Dimana aat ibu menyusui sedang mengalami panas dingin sistem imunitasnya pun menjadi turun. Hal ini di pengaruhi oleh beberapa faktor. Untuk tu perlunya vitamin C dalam menjaga imunitas pada tubuh ibu yang menyusui yang mengalami panas dinginuntuk menstabilkan daya tahan tubuhnya. Cara mengatasi exanthema subitum mungkin juga dapat diatasi dengan vitamn C.

ads

5. Makan Teratur

Masalah panas dingin pad ibu yang menyusui mungkin juga bisa dikarenakan terlambat makan yang menyababkan maag ataupun menjadi pusing . Dan biasanya nanti juga akan membuat seseorang menjadi demam. Sangat dianjurkan sekali ibu yang sedang menyusui melakukan pola makan yang teratur. Hal itu juga terkait denga kesehatan bayi yang masih memerlukan  asi. Panas batuk pilek pada balita mungkin juga dapat disebabkan karena tertular dengan ibu nya (sedang menyusui).

6. Mandi dengan Air Hangat

Mandi air hangat bisa digunakan untuk menurunkan panas dingin pada ibu menyususi. Hal ini dikarenakan mandi dengan air hangat dapat digunakan untuk merilekskan tubuh , sehingga aliran darah kita menjadi lancar. Saat aliran darah menjadi lancar maka akan mempercepat pemulihan panas dingin pada ibu yang sedang menyusui. Panas batuk pilek pada orang dewasa juga dapat diatasi dengan air hangat.

7. Mengkonsumsi Jamu Tradisional

Yang bisa dilakukan saat mengalami panas dingin kita juga dapat memanfaatkan atau mengkonsumsi amu tradisional . Salah satunya yaitu Jahe , jahe ini mampu menurunkan panas dingin. Karena jahe mampu menstabilakan suhu tubuh yang sedang tidak stabil. Selain menggunakan jahe kita juga dapat memanfaatkan kunir , karena kunr merupakan antioksidan yang baik. Panas batuk pilek dalam 6 hari mungkin juga dapat diturunkan dengan mengkonsumsi obat tradisional , seperti jamu ini.

8. Memanfaatkan Bawang Merah dan Bawang Putih

Bawang putih mengandung anti bakteri , yang dapat mengatasi bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Terkadang ibu menyusui terkane demam dan menggigil disebakan oleh bakteri. Sedangkan bawang merah memiliki kandungan yang cukup kompleks salah satunya vitamin C yang sangat berperan dalam mennurunkan badan panas dan menggigil. Maka tdak heran bawang merah dan bawang putih sangat bermanfaat saat seseorang mengalami demam. Badan panas mata merah juga dapat diatasi dengan bawang merah dan bawang putih.

9. Memanfaatkan Madu dan Lemon

Lemon dan madu merupakan obat tradisional untuk membantu dalam menyembuhkan demam. Karena lemon dan madu mampu meningkatkan imunitas didalam tubuh seseorang. Apabila seseorang mempunyai imun yang baik , maka tubuh dalam mempertahankan serangan dari patogen juga akan maksimal. Manfaat buah kiwi untuk demam berdarah ini juga dapat digunakan pada panas dinginn yang dirasakan oleh ibu menyusui.

Sponsors Link

10. Melakukan Pengobatan dengan Dokter

Hal yang perlu dilakukan saat seseorang sedang merasakan sakit yaitu berobat ke dokter. Pada dasarnya pengobatan secara medis juga perlu demi pemulihan yang cepat, terkadang kita menyepelekan atau tidak mau memeriksakan ke dokter. Hal tersebut justru akan menjadi parah jka kondisi nya serius. Maka ibu menyusui yang sedang mengalami badan panas menggigil sangat dianjurkan untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

Penjelasan diatas merupakan Obat Panas Dingin Ibu Menyusui. Pada dasarnya hal ini atau kondisi ini sangat wajar dialami . Namun tetap saja perlunya penanaganan yang tepat dan benar agar kondisi pulih secara normal.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan