Sponsors Link

9 Cara Menurunkan Panas Pada Ibu Hamil Dengan Cepat

Sponsors Link

Sering sekali saat hamil seorang wanita juga disertai dengan kondisi lainnya seperti kondisi flu , batuk hingga demam. Demam merupakan kondisi yang sering ditemukan dan sangat umum pada ibu yang sedang hamil.

ads

Namun terdapat beberapa jenis demam pada ibu hamil yang perlu kita waspadai. Jenis-jenis demam pada ibu hami antara lain demam saat hamil 8 bulan , demam saat hamil 6 bulan ,demam saat hamil 5 bulan ,demam saat hamil 4 bulan, demam saat hamil muda . Setiap fase kehamilan memiliki jenis demam yang membedakan dampaknya mulai dari dampak bagi ibu maupun janin. Sangat dianjurkan sekali seorang ibu hamil yang mengalami demam ataupun panas tubuh menjadi meningkat untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan.

Selain melakukan pemerikasaan ke dokter terdapat beberapa cara menurunkan panas pada ibu hamil. Berikut mengenai beberapa cara yang dapat dilakukan :

Cara Menurunkan Panas Pada Ibu Hamil

Demam merupakan kondisi suhu tubuh yang melebihi ambang batas normal. Dimana suhu normal berkisar antara 36-37.5 derajat celcius. Saat demam, kondisi suhu tubuhpun lebih dari 37.5 derajat celcius.

Biasanya saat ibu hamil mengalami demam akan muncul beberapa tanda dan gejala seperti malas untuk melakukan aktivitas , mudah lelah saat melakukan aktivitas, mual dan rasa ingin muntah , merasa pusing dan sakit kepala, pucat dan lain sebagainya. Ibu yang sedang hamil saat demam biasanya meghabiskan harinya dengan tidur , selain itu dia akan menjadi ketergantungan kepada orang lain untuk melakukan sesuatu. Penyebab demam saat hamil sangat banyak faktor mulai dari karena adanya virus,penyakit lain , cuaca hingga penyebab yang ringan. Namun biasanya demam dapat diatasi tanda dan gejala dengan melalui beberapa cara sebagai berikut :

1.Kompres Hangat di Dahi

Cara yang pertama dan mudah untuk dilakukan yaitu dengan cara mengkompres dahi atau kening dengan menggunakan kain atau lap basah dengan suhu normal. Lakukan ini 3 kali dalam sehari atau lebih hingga suhu panas menjadi agak turun. Panas pada anak juga dapat menggunakan metode ini untuk menurunkan demam yang terjadi. Jadi tidak hanya pada ibu hamil saja namun dengan mengkompres dahi juga dapat diterapkan untuk anak-anak apabila menggalami demam yang tinggi.

2. Mandi dengan Air Hangat

Saat ibu yang sedang hamil mengalami demam maka sagat dianjurkan sekali untuk menggunakan air hangat saat mandi. Karena penggunaan air dingin saat mandi apabila sedang demam maka akan mengakibatkan tubuh menjadi menggigil. Meriang pada ibu menyusui juga dianjurkan untuk mengunakan air hangat ketika demam seperti saat sedang hamil dan mengalami demam. Namun apabila sudah mengalami penurunan atau demam yang dialami sudah sembuh maka hentikan penggunaan air hangat ini karena dapat membuat kulit menjadi tidak sehat.

3. Cukupi Kebutuhan Cairan didalam Tubuh

Cairan sangat penting bagi tubuh manusia , khususnya bagi ibu yang sedang hamil. Cairan sediri memiliki banyak fungsi seperti menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh,melancarkan peredaran darah serta melancarkan pencernaan dan membantu proses metabolisme didalam tubuh. Saat seseorang sedang sakit maka kebutuhan cairan biasanya bertambah , karena saat sedang sakit tubuh mengeluarkan keringat lebih dari biasanya. Selain itu mengkonsumsi cairan yang cukup saat sakit demam juga dapat membantu proses penyembuhan demam. Cairan sangat dibutuhkan oleh ibu hamil yang sedang sakit karena digunakan untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Demam berdarah pada ibu hamil juga sangat membutuhkan cairan yang secara cukup untuk proses penyembuhannya.

Sponsors Link

4. Menggunakan Pakaian Satu Lapisan

Saat demam kulit memerlukan proses bernafas secara maksimal,apabila seseorang maupun ibu hamil yang mengalami demam sangat dianjurkan sekali tidak menggunakan pakaian yang berlapis-lapis. Hal tersebut dikarenakan dapat menghambat kulit untuk bernafas. Selain itu apabila menggunakan pakaian yang berlapis-lapis akan membuat tubuh merasa tidak nyaman. Sebaiknya menggunakan baju 1 lapis saja dengan suhu tubuh yang normal.

5. Istirahat yang Cukup

Istirahat merupakan salah satu cara tubuh untuk mengembalikan atau meregenerasikan sel-sel yang rusak , serta memulihkan kesehatan tubuh seseorang saat terena sakit seperti demam, meriang, batuk, pilek maupun saat terkena penyakit lainnya. Maka istirahat dengan tidur sangat dibutuhkan sekali saat ibu hamil sedang demam. Istirahat yang dianjurkan yaitu minimal 8 jam dalam sehari. Istirahat juga akan membantu organ-organ dalam tubuh untuk rileks setelah melakukan fungsi kerjanya. Cara menurunkan panas pada anak usia 6 tahun salah satunya juga dilakukan dengan pemenuhan istirahat yang cukup.

ads

6.Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Saat seseorang terkena demam maka tubuh memerlukan banyak nutrisi. Dimana mengkonsumsi makanan yang memiliki banyak kandungan nutrisi dan gizi akan mengembalikan dan mengoptimalkan fungsi kerja organ-organ didalam tubuh. Contoh makanan yang mengandung banyak gizi dan nutrisi antara lain seperti buah dan sayur, daging , makanan tinggi protein. Saat sakit sangat tidak dianjurkan sekali untuk mengkonsumsi makanan junk food. Makanan pereda panas dalam dan makanan ang tidak boleh dimakan saat demam perlu kita ketahui demi proses penyembuhan demam yang maksimal.

7. Mengkonsumsi Vitamin Prenatal

Peran atau fungsi dari vitamin prenatal ini adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta dapat menjaga keseimbangan vitamin dan mineral didalam tubuh ibu hamil. Untuk itu sangat dianjurkan sekali saat ibu hamil yang sedang hamil mengkonsusmsi vitamin ini. Tidak hanya ditujukan saat hamil melainkan saat kondisi normal pun ibu hamil juga sangat membutuhkan vitamin untuk menjaga kesehatannya. Penyebab suhu badan panas tapi tidak sakit juga perlu kita ketahui untuk menentukan penanganan yang tepat.

8. Mengkonsumsi Obat Penurun Panas

Selain melakukan beberapa hal sederhana yang dapat kita laukan. Kita juga dapat berkonsultasi dengan dokter dan mengkonsumsi beberapa obat , namun tetap dosis yang digunakan anjuran dari dokter. Berikut beberapa obat yang dapat dikonsumsi olh ibu yang sedang hamil  seperti Acetaminophen ini merupakan obat yang aman dikonsumsi untuk ibu hamil, namun dalam meminumnya tidak dianjurkan bersamaan dengan kafein (kopi).

9. Hindari Mengkonsumsi Ibuprofen

Obat ini merupakan obat anti antiradang atau aspirin. Karena obat ini akan menimbulkan efek yang tidak baik. Ibuprofen apabila dikonsumsi oleh ibu hamil akan mempengaruhi perkembangan bayi itu sendiri. Maka sangat dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi obat ini.Sebaiknya menlakukan konsultasi dengan dokter kandungan maupun bidan saat terkena demam.

Penjelasan diatas merupakan beberapa hal yang dapat dilakukan ibu hamil saat demam baik maupun medis maupun dengan cara non medis yang mudah untuk dilakukan.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan