Sponsors Link

15 Obat Tradisional Menggigil yang Terbukti Ampuh

Sponsors Link

Demam menggigil menjadi kekhawatiran sendiri di kalangan masyarakat selain demam berkepanjangan, demam bayi panas tinggi, dan demam naik turun. Berbagai informasi yang beredar dan menyatakan demam menggigil merupakan tanda penyakit berbahaya. Padahal tidak semua demikian. Demam gigil dapat juga diobati di rumah dengan obat alami seperti halnya demam infeksi dan demam non infeksi. Obat tradisional demam panas menggigil dapat disimak di bawah ini.

ads

Obat Tradisional Menggigil

1. Jahe

Obat Tradisional Menggigil yang satu ini yaitu Jahe yang telah diambil sarinya dapat menghangatkan tubuh dari dalam. Kandungan jahe juga menurunkan panas. Oleh karena itu, minum teh jahe dapat mengatasi demam hidung tersumbat, demam batuk pilek, dan demam selesma.

2. Lemon

Berbagai jenis buah jeruk memang merupakan buah penurun panas demam. Termasuk buah lemon. Khasiatnya sangat banyak bagi tubuh. Minum perasan air lemon yang dicampur dengan air hangat satu gelas akan menghangatkan tubuh. Sari lemon juga akan membuat tubuh terasa lebih segar.

3. Teh Herbal atau Teh Peppermint

Minum teh herbal atau peppermint, sesuai dengan namanya akan menghangatkan. Kandungan mint terkenal dengan fungsi ini. Digunakan sebagai obat tradisional demam menggigil karena teh ini juga menurunkan panas demam.

4. Madu

Madu menghasilkan energi lebih cepat. Manfaat madu untuk demam anak dan dewasa sudah tidak diragukan lagi. Minum madu sangat cocok untuk demam infeksi.

5. Jeruk Nipis

Demam akibat radang tenggorokan biasanya tinggi, turun naik, dan memicu badan dingin tapi tubuh terasa panas. Jeruk nipis sangat cocok untuk ini. Jeruk langsung diminum perasannya atau dicampur dengan sedikit kecap manis untuk menghilangkan rasa masam.

6. Bangle

Bangle merupakan jenis rimpang khas Indonesia yang sudah mulai jarang ditemui. Cara penggunaan rimpang ini sama dengan rimpang lain yang diambil sarinya dan diminum . Bangle mengatasi demam flu pada anak dan dewasa dan demam tifus.

Sponsors Link

7. Air Putih Hangat

Minum air putih sebanyak mungkin memang sangat dianjurkan untuk orang sakit demam. Ini untuk mengatasi dan mencegah dehidrasi. Air putih juga menurunkan panas lebih cepat. Jika yang diminum air hangat akan membantu mengatasi demam menggigil.

8. Brotowali

Minum air sari brotowali yang dicampurkan dengan daun sembung dan lengkuas memberikan khasiat lebih efektif. Brotowali adalah obat tradisional demam panas menggigil dengan hanya meminumnya sehari sekali.

ads

9. Kunyit Putih

Khasiat kunyit putih hampir sama dengan kunyit kuning atau kunyit biasa. Namun, diyakini sari kunyit putih yang diminum teratur akan mencegah kanker. Selain itu, minum kunyit putih memberi efek menghangatkan tubuh seperti jahe. Saat ini, sudah banyak dijual kunyit putih serbuk yang sudah siap diseduh dan diminum.

10. Pepaya

Buah papaya muda yang diambil sarinya maupun daun papaya, mengatasi demam disertai sakit kepala. Demam thypoid sangat terbantu jika mengkonsumsi ini. Daun papaya juga dapat digunakan untuk kompres daun penurun panas.

11. Sambiloto

Jika di sekitar ada yang menderita demam menggigil atau menggigil tanpa demam karena gigitan serangga, daun sambiloto sangat pas. Ambillah beberapa helai dan ambil sarinya untuk diminum. daun sambiloto yang ditumbuk halus dapat ditempelkan pada gigitan serangga.

12. Bawang Merah

Obat Tradisional Menggigil yang wajib dicoba yaitu bawang merah karena kandungan minyak bawang merah menghangatkan dan menurunkan panas. Cara menurunkan panas anak dengan bawang sangat mudah. Khususnya untuk dioleskan ke seluruh bagian tubuh.

13. Bawang Putih

Bawang putih juga menghangatkan selain mempunyai kandungan antibiotik alami. Jika tidak mau mengkonsumsi bawang putih secara langsung, maka dapat dicampurkan dengan sop ayam.

14. Bayam

Daun bayam duri sangat mudah dicerna. Sangat cocok untuk demam panas. Beberapa kalangan masyarakat tidak mengonsumsi bayam, mengambil daunnya dan menempelkan di dahi saat panas. Bayam merupakan makanan penurun panas orang dewasa dan anak.

15. Kurma

Sama dengan madu, kurma juga mneurunkan panas dan cepat menghasilkan energi. Energi yang dihasilkan dapat mempercepat pemulihan demam naik turun dan menghasilkan panas tubuh.  Penderita demam thypoid biasanya mengkonsumsi ini.

Demikian obat tradisional menggigil. Perhatikan selalu semua gejala yang dialami penderita sakit dan mengukur suhu badan secara berkala menggunakan thermometer. Segeralah ke dokter jika diamati bukan gejala demam biasa, penderita sesak napas, badan biru, atau kesadaran menurun drastis. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan