Sponsors Link

15 Cara Mengobati demam Berdarah di Rumah Terbukti Ampuh

Sponsors Link

Demam berdarah atau demam denggi berdarah termasuk demam infeksi yang sangat berbahaya.  Penyebab demam berdarah adalah virus yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegephty betina.  Jika nyamuk menggigit orang yang menderita demam berdarah kemudian menggigit orang yang sehat, maka penyakit akan mudah menular.

ads

Cara mengobati demam berdarah di rumah, tanpa opname, sebenarnya hanya meringankan gejala dan meningkatkan kekebalan tubuh di rumah.  Sama dengan yang dilakukan di rumah sakit.  Demam berdarah tidak berpengaruh dengan pemberian antibiotik.  Hanya saja, pengobatan yang dilakukan di rumah harus disiplin.  Kemauan pasien untuk sembuh kuat dan perawatan intensif dari orang-orang yang dekat.

Cara mengobati demam berdarah di rumah, yaitu :

  1. Minum Banyak Air Putih

Air putih diminum sebanyak mungkin.  Minimal hingga 25 gelas setiap hari selama sakit.  Atau sekali minum bisa dengan ukuran 250 ml.  Air putih akan membantu menurunkan panas dan mencegah pecahnya pembuluh darah jika trombosit terus menurun.

  1. Minum Air Yang Mengandung Ion

Selain minum air putih, disarankan untuk diselingi dengan air yang mengandung ion yang diperlukan tubuh.  Contohnya “Pocari Sweat”.  Karena, tingginya panas tubuh dan perjuangan tubuh melawan penyakit dapat menguras jumlah ion dalam tubuh.

  1. Istirahat

Istirahat selama sakit demam berdarah full, atau istilahnya bed rest, wajib dilakukan.  Dengan istirahat, energi yang dikeluarkan menjadi lebih sedikit.  Energi yang ada tersimpan untuk melawan penyakit.

  1. Obat

Obat penurun panas badan dan pereda nyeri sangat membantu.  Obat yang aman lebih dikenal dengan sebutan Paracetamol.  Sanmol adalah satu contoh mereknya.  Obat biasanya beraksi lebih cepat, sehingga panas dan nyeri sendi reda sementara.

  1. Kompres

Kompres penurun panas badan air hangat dikombinasikan dengan pengobatan lain juga akan membantu menurunkan demam dan sakit kepala.  Jika ingin efektif dapat menggunakan plester kompres demam.  Daun penurun panas, seperti cocor bebek dan daun singkong juga dapat digunakan sebagai  karena khasiatnya menurunkan demam sakit kepala badan pegal-pegal.

  1. Bawang Putih

Bawang putih diyakini mengandung zat penurun panas dan anti inflamasi.  Banyak yang sudah membuktikannya.  Zat anti inflamasi pada bawang putih dapat mencegah peradangan berlanjut dan mencegah pendarahan.  Bawang putih dapa dikonsumsi langsung bagi penderita demam berdarah dewasa.

Sponsors Link

  1. Jambu biji

Buah dan daun jambu biji sangat bermanfaat meningkatkan trombosit dalam darah.  Buahnya dapat diminum berbentuk jus yang menyegarkan.  Sedangkan daunnya dapat direbus bersama temulawak dan diambil sarinya.  Rebusan diminum sehari tiga kali, khasiatnya sekaligus meningkatkan nafsu makan.

  1. Angkak

Angkak dapat dikatakan sebagai obat yang berasal dari Tiongkok.  Karena angkak berasal dari beras merah yang ada di sana.  Seperti umumnya beras merah di Indonesia yang bergizi tinggi, angkak juga demikian.  Ditambah, angkak dapat meningkatkan kadar trombosit dalam darah dengan cepat.

ads

  1. Kurma

Konsumsi kurma dua sampai 3 buah langsung menambah tenaga.  Ini sangat cocok untuk mengatasi anemia yang menyebabkan lemas pada penderita demam berdarah.  Saat ini banyak kurma dijual dalam bentuk sari kurma yang dikonsumsi lebih enak rasanya dan terkadang dicampur dengan bahan tradisional lain yang menyehatkan.

  1. Pepaya

Pepaya muda dan daun papaya dapat dikonsumsi akan mengurangi gejala demam disertai sakit kepala.  Selain itu sari adun papaya yang didapat dengan cara merebusnya hingga mendidih dan tersisa airnya setengah akan meningkatkan kadar trombosit dalam darah.

  1. Konsumsi Makanan Bergizi

Penderita sakit harus dipaksa dan memaksakan diri tetap mengkonsumsi makanan bergizi yang bukan makanan penyebab demam tinggi.  makanan tersebut dapat berupa bubur, buah penurun panas demam, dan makanan mengandung protein.  Konsumsi makanan bergizi akan meningkatkan kekebalan tubuh.

  1. Meniran

Daun meniran, selain menurukan demam panas, juga mengatasi anemia dalam tubuh orang sakit.  Ramuan yang didapat dengan merebus dan mengambil sarinya ini, menjadi salah satu alternatif mempercepat pemulihan sakit demam berdarah.

  1. Daun Dewa

Daun dewa mempunyai khasiat yang sama dengan daun meniran.  Bahkan daun dewa dipercaya menyebuhkan berbagai penyakit.

  1. Air Kelapa Muda

Air kelapa muda, dapat diminum dengan khasiat yang sama dengan air putih sekaligus minuman berion lengkap alami.  Air kelapa muda juga dapat mengeluarkan atau menetralisir racun dalam tubuh.

  1. Vitamin C

Penderita demam berdarah di rumah sakit, terkadang diberi vitamin seperti vitamin C.  Ini juga dapat dilakukan di rumah dengan konsumsi buah penurun panas dan konsumsi vitamin C tablet dari apotek.  Vitamin C meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit dan penyerapan protein yang memulihkan sel yang rusak ketika sakit.

Demikian cara mengobati demam berdarah di rumah, tanpa perlu opname di rumah sakit.  Yang terpenting dari pengobatan adalah pencegahan, antara lain dengan :

Sekian posting artikel ini, semoga bermanfaat dan kita semua sehat selalu. Terima kasih.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan