Sponsors Link

5 Cara Menurunkan Demam di Malam Hari dengan Cepat

Sponsors Link

Demam memang bukan penyakit. Tetapi kemunculan demam tetap harus diwaspadai dan segera ditangani agar tidak menjadi penyakit yang lebih parah lagi. Demam bisa menyerang siapa saja, mulai dari bayi yang baru lahir hingga orang tua.

ads

Demam banyak disebabkan oleh virus dan bakteri. Demam yang disebabkan oleh masuknya bakteri di dalam tubuh disebut dengan demam infeksi. Sementara demam yang disebabkan oleh infeksi virus adalah demam virus. Bagaimanapun, kedua demam ini sangat berbahaya dan harus segera disembuhkan.

Jenis Demam juga bermacam macam. Selain demam yang disebabkan oleh infeksi bakteri, jamur, atau serangan virus, ada demam yang hanya muncul di waktu waktu tertentu, seperti Demam Ringan Hilang Timbul yang muncul hanya di malam hari.

Suhu malam hari yang relatif dingin memang membuat kondisi badan menjadi tidak menentu, sehingga beberapa orang mudah terkena demam di malam hari. Namun untuk mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan, cara menurunkan demam di malam hari harus segera dilakukan agar tidak terjadi penyakit yang lebih parah lagi.

1. Kompres Air Hangat

Baik bayi, anak, maupun dewasa, semua akan merasakan Manfaat Kompres Demam dengan air hangat. Segera kompres kening jika demam mulai muncul di malam hari. Demam Menggigil di Malam Hari akan mengganggu waktu istirahat dan membuat kondisi kesehatan semakin parah.

Cara Menurunkan Panas dengan Kompres harus dilakukan dengan air hangat, bukan air dingin. Air dingin justru akan mengurung panas di dalam tubuh sehingga demam tidak bisa cepat turun. Jika tidak mau repot, beli saja Plaster Kompres Demam Untuk Dewasa dan anak anak yang dijual di toko dan apotek terdekat.

2. Mengganti Pakaian

Saat demam di malam hari mulai kambuh, gantilah pakaian sesering mungkin. Demam Kambuh Setiap Malam akan membuat penderitanya sering berkeringat sehingga baju akan mudah basah oleh keringat. Seperti yang diketahui, tempat yang lembab adalah tempat berkembangnya bakteri.

Terlebih lagi jika Demam Malam Hari Pada Balita terjadi, bayi akan menjadi sangat rewel dan sulit tidur. Pakailah juga pakaian yang tidak terlalu tebal dan terbuat dari bahan yang bisa menyerap keringat dengan baik.

3. Meminum Air Hangat

Perbanyakan minum air putih saat Anak Demam Menggigil di Malam Hari. Hal ini juga berlaku untuk orang dewasa. Demam sangat rentan menyebabkan dehidrasi. Minum air hangat agar panas di dalam tubuh cepat keluar, jangan memilih air dingin meski kesannya menyegarkan. Air hangat adalah cara tepat Mengatasi Anak Demam Tinggi di Malam Hari.

4. Minum Vitamin C Sebelum Tidur

Seseorang yang terkena demam berarti daya tahan tubuhnya sedang lemah, oleh karena itu mudah terserang virus dan bakteri. Vitamin C adalah solusi yang tepat sebagai Cara Mengatasi Anak Demam Menggigil di Malam Hari yang juga bisa dilakukan oleh orang dewasa. Manfaat Vitamin C Saat Demam sangatlah besar, yaitu membantu memperkuat daya tahan tubuh dan melawan demam.

Sponsors Link

5. Menggunakan Selimut Tipis

Memberikan selimut yang terlalu tebal memang tidak disarankan untuk Mengatasi Anak Demam Tinggi di Malam Hari. Namun jika selimut yang digunakan tipis saja bisa membantu meredakan demam, terutama Batuk Pilek Panas Malam Hari pada anak dan dewasa. Gunakan selimut ini saat demam sedang kambuh di malam hari. Segera pergi ke dokter jika demam tidak sembuh selama beberapa hari.

Penyebab Demam di Malam Hari

Seseorang mengalami demam hanya di malam hari bisa saja karena ada penyakit lain di dalam tubuhnya. Berikut ini adalah hal hal yang mungkin menjadi Penyebab Panas Dingin Setiap Malam yang harus diwaspadai.

  1. Demam di malam hari yang kemudian turun di pagi dan naik lagi keesokan malamnya bisa jadi adalah Gejala Demam Berdarah. Siklus panas yang naik turun hingga membentuk tapal kuda adalah gejala utama, tetapi perhatikan juga gejala lain seperti bintik merah di kulit.
  2. Penyakit lain yang menyebabkan demam di malam hari adalah tifus. Tifus ditularkan melalui makan dan minuman yang tidak bersih sehingga menjadi tempat berkembang biak untuk bakteri Salmonella typhi, bakteri penyebab Demam Tifus.
    Sponsors Link

  3. Demam Malaria biasanya juga diawali dengan gejala demam di malam hari yang naik turun selama 3 hari berikutnya. Jangan biarkan virus malaria terinkubasi di dalam tubuh. Jika demam naik turun disertai dengan nyeri sendi di seluruh tubuh, segera periksa ke dokter untuk penanganan yang tepat.
  4. Demam Karena Radang biasanya juga akan muncul di malam hari. Radang yang disertai dengan demam antara lain adalah radang tenggorokan, radang lambung, atau panas dalam.
  5. Pada bayi dan balita, demam di malam hari bisa disebabkan oleh tumbuh gigi. Demam karena tumbuh gigi akan reda dengan sendirinya saat gigi sudah tumbuh dengan sempurna.

Itulah berbagai cara menurunkan demam di malam hari beserta penyebab apa saja yang mungkin memicu kondisi tersebut. Demam baik itu di malam hari, siang hari, atau sore hari harus segera diatasi. Karena jika tidak, virus dan bakteri penyebab demam akan semakin berkembang biak dan menyebabkan penyakit lain yang mungkin lebih parah.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan