Sponsors Link

Cara Menurunkan Demam Bayi 10 Bulan

Sponsors Link

Bayi memang sangat rentan untuk terserang berbagai macam penyakit. Penyebabnya adalah daya tahan tubuh bayi yang belum terbentuk dengan sempurna sehingga ada banyak bakteri dan Virus Penyebab Demam yang masuk dan berkembang biak di dalam tubuh bayi. Bicara soal Demam, gejala penyakit yang satu ini memang sangat umum menyerang siapa saja.

ads

Tidak hanya anak anak orang dewasa, atau lansia saja yang bisa terkena demam. Bayi 10 bulan justru lebih mudah terserang demam. Demam sendiri adalah respon alami yang diberikan oleh tubuh karena ada benda asing yang masuk ke dalam. Benda asing ini biasanya adalah virus atau bakteri. Tubuh anak anak tentu bisa melawan demam dengan lebih efektif dibandingkan dengan bayi.

Inilah mengapa orang tua menjadi panik saat bayi menunjukkan Gejala Demam Biasa seperti panas tubuh yang berangsur meningkat. Hal ini tidak perlu terlalu dikhawatirkan, karena Demam Biasa termasuk ke dalam Jenis Demam yang tidak parah dan akan segera membaik dalam 1 atau 2 hari.

Meskipun demikian, orang tua harus tetap memikirkan cara menurunkan demam bayi 10 bulan yang ampuh dan efektif. Lakukan alternatif cara seperti di bawah ini agar panas bayi segera turun dengan cepat:

1. Kompres Air Hangat

Saat suhu tubuh bayi mulai hangat, segera berikan kompres pada bayi untuk mencegah panas semakin tinggi. Pilih kompres dengan air hangat, bukan air dingin. Manfaat Kompres Demam dengan air hangat sangat besar karena air hangat akan membantu panas yang ada di dalam tubuh bayi keluar. Kompres air hangat lebih baik dibandingkan dengan pemakaian Plester Kompres Demam Untuk Anak. Kompres bayi hingga demamnya turun.

2. Beri ASI

ASI adalah makanan terbaik untuk bayi. Pemberian ASI eksklusif selama 2 tahun akan sangat membantu tumbuh kembang bayi secara optimal. Terutama saat bayi sedang demam, asupan ASI sangat dibutuhkan untuk mencegah dehidrasi. Melihat Hubungan Dehidrasi dengan Demam sangat erat, orang tua harus bisa membaca Tanda Bayi Dehidrasi Karena Demam. Zat kolostrum di dalam ASI akan membantu meningkatkan sistem imun pada tubuh bayi sehingga demam bayi akan segera turun.

3. Obat Penurun Panas Badan

Cara cepat untuk menurunkan demam bayi 10 bulan adalah dengan memberikan obat penurun panas untuk bayi. Beri bayi obat dengan kandungan paracetamol yang efektif untuk menurunkan panas. Tapi jangan sembarangan memberikan obat bayi. Sesuaikan dengan takaran dan dosis yang pas. Tanyakan pada dokter apa saja Merk Obat Penurun Panas Bayi 9 Bulan yang efektif dan aman.

4. Tidurkan di Ruangan yang Nyaman

Berikan bayi kenyamanan saat tidur untuk membantu memulihkan kondisinya. Salah satu cara tepat Mengatasi Demam Pada Bayi usia 10 bulan adalah dengan memberinya istirahat yang cukup. Tempatkan bayi di ruangan yang suhunya sejuk dengan sirkulasi udara yang lancar. Ruangan yang panas akan menyebabkan Kepala Bayi Panas dan Berkeringat serta demamnya sulit untuk turun.

Sponsors Link

5. Periksa ke Dokter

Setelah melakukan berbagai cara dan tidak menunjukkan hasil, maka cara terbaik adalah dengan membawa bayi periksa ke dokter. Terlebih lagi jika panas bayi sudah terjadi selama lebih dari 3 hari. Dikhawatirkan bayi terkena penyakit lain yang lebih parah karena mengalami Demam Bayi Naik Turun Disertai Batuk Pilek. Demam naik turun adalah gejala penyakit yang berbahaya seperti demam berdarah, malaria, TBC, dan masih banyak lagi.

Penyebab Demam Bayi 10 Bulan

Ada berbagai hal yang menyebabkan bayi 10 bulan mengalami demam. Agar tidak perlu melakukan cara menurunkan demam bayi 10 bulan, kenali apa saja penyebabnya agar dapat dihindari oleh orang tua. Ini dia penyebab demam bayi 10 bulan:

  1. Serangan virus yang masuk ke dalam tubuh bayi. Virus bisa menular melalui udara, sentuhan, atau gigitan serangga. Bahkan bayi bisa tertular virus dari penyakit yang diderita oleh orang tuanya sendiri.
  2. Infeksi bakteri yang menyerang bagian tubuh tertentu dari bayi. Bakteri sendiri suka tumbuh di tempat tempat yang tidak higienis atau lewat makanan yang terjaga kebersihannya.
  3. Daya tahan tubuh bayi sedang lemah sehingga lebih rentan terkena virus, bakteri, atau penyebab penyakit yang lainnya. Berikan anak gizi yang terbaik melalui makanan atau ASI untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.
    Sponsors Link

  4. Kekurangan gizi yang seimbang bisa menyebabkan bayi mengalami demam. Pastikan anak mendapatkan makanan yang bergizi dan bernutrisi untuk mendukung tumbuh kembangnya, disamping ASI eksklusif yang harus didapatkan hingga usia 2 tahun.
  5. Jika demam anak naik turun atau mengalami Demam Berkepanjangan, itu artinya ada penyakit lain yang berkembang di dalam tubuhnya. Waspadai panas bayi yang tidak kunjung sembuh setelah 3 hari. Segera bawa ke dokter untuk mencegah munculnya penyakit lain yang lebih berbahaya.

Itulah berbagai cara menurunkan demam bayi 10 bulan yang bisa dilakukan oleh orang tua. Jangan panik saat bayi demam, karena orang tua tidak akan menemukan solusi yang tepat dalam kondisi panik. Tetap tenangkan pikiran dan lakukan berbagai macam cara tepat untuk menurunkan demam yang diderita oleh bayi. Dengan penanganan yang tepat, maka panas bayi bisa segera sembuh dan kembali sehat seperti sedia kala.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan