Sponsors Link

15 Cara Menurunkan Panas Pada Anak Usia 7 Tahun yang Efektif

Sponsors Link

Sesungguhnya sistem kekebalan tubuh anak usia 7 tahun sudah mulai sempurna.  Sebagian besar anak di usia ini sudah tidak sering sakit seperti anak balita.  Anak yang dulunya mungkin sering menderita macam-macam demam pada bayi atau demam anak tinggi, sekarang tidak lagi. Namun, masih ada beberapa hal yang dapat menyebabkan anak panas, misalnya cuaca yang tidak menentu, aktivitas yang padat, kurang istirahat, makan tidak teratur dan atau tidak bergizi, dan lingkungan yang tidak sehat.

ads

Cara menurunkan panas pada anak usia 7 tahun, hampir sama dengan usia balita dan beberapa mirip dewasa.  Karena anak sudah lebih besar, seharusnya sudah tidak sulit lagi minum obat atau perlakuan lain.  Beberapa cara menurunkan panas tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Minum Air Putih

Minum air putih, khususnya yang hangat akan menurunkan panas dan mencegah dehidrasi.  Air hangat akan memperlebar pembuluh darah sementara sehingga penguapan panas lebih cepat.  Minumlah sesering dan sebanyak mungkin.

  1. Mandi Air Hangat

Anak terbiasa mandi dua kali sehari.  Maka ketika panas, hal tersebut dapat tetap dilakukan.  Sebab mandi air hangat mempunyai efek menurunkan panas, merangsang keluarnya keringat, dan membuat tubuh lebih nyaman.

  1. Kompres Air Hangat

Jika suhu tubuh anak cukup tinggi, dapat coba diturunkan dengan kompres penurun panas air hangat.  Efeknya akan sama dengan mandi air hangat.  Kompres dengan air dingin berpotensi menyebabkan hipotermia dan kompres alkohol memungkinkan racunnya masuk ke dalam tubuh.  Perhatikan cara menurunkan panas dengan kompres yang benar.

  1. Plester Kompres

Plester kompres demam untuk anak dapat digunakan jika orangtuanya ingin kepraktisan.  Pengaruhnya akan sama dengan kompres air hangat.

  1. Kompres Daun Penurun Panas

Daun penurun panas dapat juga efektif sebagai kompres penurun panas.  Di antaranya adalah daun cocor bebek dan daun singkong.  Daun cocor bebek sangat baik untuk demam cirit birit, sedangkan daun singkong untuk demam sakit kepala.  Kedua daun dipakai setelah ditumbuk halus kemudian ditempelkan di dahi, ketiak, dan lipatan paha.

  1. Terapi Kaus Kaki

Tetapi kaus kaki dilakukan sebelum anak tidur.  Rendam kedua kaki dengan air hangat.  Kemudian pakaikan kaus kaki basah yang sudah diperas airnya.  Setelah itu, pakaikan juga kaus kaki kering.  Dengan terapi ini, anak akan turun panasnya ketika bangun tidur.

  1. Obat Penurun Panas

Obat penurun panas badan dapat diberikan jenis acetaminophen dengan contoh Sanmol untuk anak dapat diberikan ketika anak demam panas.  Atau jika cara alami tidak menurunkannya.  Hal ini tergantung pilihan orangtua.

Sponsors Link

  1. Makanan Bergizi

Makanan penurun demam yang bergizi dapat diberikan sedikit demi sedikit.  Saat ini banyak resep makanan untuk anak demam yang rasanya enak.  Makanan ini dapat membantu memulihkan sakit.  Perhatikan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang dilarang bagi orang sakit.

  1. Sup Ayam Hangat

Sup ayam hangat sangat menyegarkan dikonsumsi penderita demam selesma dan demam hidung tersumbat.  Pengaruh sup hangat dalam tubuh hampir sama dengan minum air hangat dan juga menghasilkan energi untuk pemulihan. 

Sponsors Link

  1. Minum Teh Jahe

Cara menurunkan panas anak usia 7 tahun selanjutnya adalah minum teh jahe atau wedang jahe.  Zat yang terkandung dalam jahe akan menurunkan panas dan melancarkan pernapasan.  Khususnya jika anak menderita demam akibat radang tenggorokan.

  1. Temulawak

Rimpang khas Indonesia, temulawak jika diminum sarinya dapat menurunkan panas dengan efektif.  Rimpang ini rasa dan baunya cukup enak untuk anak.  Kandungan Curcuma di dalamnya akan meningkatkan selera makan.  Rebus beberapa ruas temulawak dengan 2 gelas air hingga mendidih dan air tinggal setengah.  Minumlah dua sampai tiga kali sehari.

  1. Air Kelapa Muda

Minum air kelapa muda, pasti disukai anak.  Kandungan elektrolit di dalamnya membantu menurunkan panas dalam, mengeluarkan racun dalam tubuh, dan mengatasi dehidrasi.

  1. Madu

Manfaat madu untuk penurun panas anak sangat dipercaya.  Minumlah dua tiga kali sehari hingga panas turun.  Madu juga menghasilkan energi yang mempercepat proses penyembuhan.

  1. Bawang Merah

Sebagai obat penurun panas badan, bawang merah tidak perlu dikonsumsi.  Cukup diiris halus dan dicampurkan dengan minyak kelapa, kemudian dioleskan ke seluruh tubuh.  Kandungan minyak atsiri di dalamnya akan terserap ke dalam tubuh dan menurunkan panas.

  1. Semangka

Semangka sebagai buah penurun panas, rasanya dingin dan menyegarkan dikonsumsi.  Kandungan cairannya mengatasi dehidrasi.  Sedangkan vitamin C nya yang banyak sangat membantu menurunkan panas.

Itulah beberapa cara menurunkan panas anak usia 7 tahun dengan cepat.  Jangan lupa anak harus istirahat.  Jika terdapat gejala demam berdarah, demam tifus, demam campak berjangkit, demam chikungunya, dan demam infeksi lain yang berbahaya Segera ke dokter untuk penanganan intensif.  Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan