Sponsors Link

9 Obat Demam Alami Bayi 7 Bulan yang Terbukti Ampuh

Sponsors Link

Setiap bayi tentu sangat mudah terserang penyakit. Hal ini disebabkan daya tahan tubuh bayi yang masih sangat lemah sehingga mudah terinfeksi virus dan bakteri, bahkan yang ringan sekalipun. Itulah mengapa bayi, termasuk bayi yang usianya masih 7 bulan mudah sekali mengalami demam panas. Namun orang tua tidak perlu khawatir dan langsung panik. Tidak semua panas yang diderita oleh bayi berbahaya. Bisa saja itu hanya gejala ringan yang bisa sembuh dengan mudah. Selama panas bayi bisa sembuh dalam 1 atau 2 hari, maka tidak perlu ada yang terlalu dikhawatirkan. Selama tidak ada panas naik turun pada bayi 7 bulan, berarti tidak ada penyakit serius yang menyerang bayi.

ads

Demam bayi harus segera diatasi dan disembuhkan agar tidak menjadi penyakit lain yang lebih parah lagi. Selain obat medis, ada banyak obat demam alami bayi 7 bulan yang bisa dicoba. Terutama jika orang tua tidak ingin bayinya dimasuki terlalu banyak zat kimia.

Menggunakan Bahan Tradisional

  1. Daun Singkong

Salah satu obat demam alami bayi 7 bulan adalah daun singkong. Manfaat daun singkong untuk demam pada bayi 7 bulan adalah membantu menurunkan panas dengan cepat. Cara membuatnya sangat sederhana. Ambil beberapa lembar daun singkong, cuci bersih lalu ditumbuk sampai halus. Tambahkan minyak kelapa secukupnya, lalu kompreskan ke dahi bayi selama 20 menit.

  1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis adalah obat penurun panas bayi 7 bulan yang alami dan aman. Buah ini memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral seperti asam amino, asam sitrat, minyak atsiri, dan flavonoid. Peras air jeruk nipis lalu campurkan dengan minyak telon. Oleskan ke seluruh tubuh bayi agar hangat.

  1. Bawang Merah

Satu lagi obat alami demam 7 bulan yang terbukti ampuh dan berkhasiat. Obat tersebut adalah bawang merah. Manfaat bawang merah untuk demam anak sudah dipercaya sejak jaman dahulu. Siapkan beberapa siung bawang merah lalu potong menjadi beberapa bagian. Campurkan dengan baby oil lalu balurkan ke seluruh badan bayi. Bawang merah bisa menghangatkan tubuh bayi yang demam.

  1. Daun Cocor Bebek

Cocor bebek termasuk daun penurun panas alami yang aman untuk bayi. Cara membuatnya pun juga mudah dan sederhana, yaitu dengan menumbuk daun cocor bebek lalu dikompreskan ke dahi anak. Ganti kompres setiap 20 menit sekali. Kandungan alami yang ada di dalam daun cocor bebek memberikan rasa adem untuk bayi sekaligus menyerap panas yang ada di dalam tubuh bayi.

  1. Temulawak

Temulawak adalah obat demam alami bayi 7 bulan yang punya banyak manfaat. Dengan kandungan curcumin dan tanin, temulawak mampu meningkatkan nafsu makan bayi yang biasanya menurun karena demam. Ramuan tradisional untuk demam pada bayi 7 bulan dengan temulawak bisa dibuat secara sederhana. Tumbuk temulawak segar hingga halus, lalu peras airnya. Tambahkan madu atau gula lalu minumkan pada bayi.

Sponsors Link

  1. Air Kelapa Muda

Siapa yang tidak tahu manfaat air kelapa untuk anak demam? Secara umum, air kelapa muda bisa menetralisir semua penyakit yang ada di dalam tubuh, sehingga bisa juga dimanfaatkan sebagai obat demam alami bayi 7 bulan yang ampuh dan aman. Cara menurunkan demam dengan air kelapa adalah memberikan satu sendok makan saja air kelapa muda, langsung disuapkan ke mulut bayi. Atau bisa juga ditambahkan sedikit air putih.

  1. Kunyit

Cara menurunkan demam dengan kunyit sudah sangat dipercaya oleh masyarakat. Kunyit mengandung curcumin dan mempunyai sifat anti peradangan, sehingga mencegah terjadinya demam yang lebih parah lagi pada bayi. Bahan alami yang satu ini juga bisa ditemukan dengan sangat mudah serta harganya terjangkau. Cuci beberapa ruas kunyit hingga bersih, lalu peras sarinya saja. Campur sari kunyit dengan madu, aduk rata lalu berikan pada bayi.

  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun bisa menjadi obat penurun panas bayi 4 bulan hingga orang dewasa yang ampuh dan alami. Minyak ini memiliki sifat dingin dan lembab sehingga terasa nyaman saat dioleskan di badan. Kandungan vitamin dan mineral dalam minyak zaitun antara lain adalah vitamin A, B1, B2, C, D, E, K, zat besi, serta omega yang hampir lengkap yakni omega 3, omega 6, dan omega 9. Cara menurunkan demam bayi 5 bulan hingga dewasa dengan minyak zaitun adalah mengoleskan minyak ke seluruh tubuh, lalu dibungkus dengan pakaian yang hangat dan nyaman.

Sponsors Link

  1. Minyak Kayu Putih

Bagi orang tua yang belum tahu, manfaat minyak kayu putih untuk demam sangat besar lho. Minyak kayu putih mengandung banyak zat yang baik untuk bayi seperti analgesik yang bisa meredakan rasa sakit, meredakan demam, dan iritasi. Beberapa sifat lain yang dimiliki oleh minyak kayu putih antara lain adalah anti bakteri, anti virus, antiseptik, anti spasmodic, anti infalamsi, dan anti jamur.

Itulah berbagai obat demam alami bayi 7 bulan yang sederhana namun sangat ampuh. Orang tua harus waspada dan cepat tanggap terhadap sekecil apapun perubahan kondisi kesehatan bayi. Jika demam pada bayi tidak sembuh dalam waktu 2 sampai 3 hari, maka segera bawa bayi periksa ke dokter untuk mencegah datangnya penyakit lain yang lebih serius lagi dan bisa membahayakan kesehatan bayi.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan