Sponsors Link

9 Cara Menurunkan Demam Bayi 5 Bulan Terbukti Ampuh

Sponsors Link

Bayi berusia 5 bulan belum memiliki sistem imun yang kuat sehingga sangat mudah untuk terserang Demam. Selama ini banyak orang tua menganggap bahwa demam adalah penyakit. Padahal demam adalah respon alami yang diberikan oleh tubuh ketika ada benda asing yang masuk. Benda asing yang dimaksud adalah virus dan bakteri. Selain masih lemah, tubuh bayi juga sensitif terhadap virus dan bakteri. Mengingat masa hidup bayi yang masih baru, maka tubuh bayi cenderung memberikan reaksi yang cepat pada virus dan bakteri.

ads

Umumnya, Jenis Demam yang diderita oleh bayi adalah Demam Biasa yang bisa sembuh dalam waktu kurang dari 3 hari. Hal ini berarti tubuh bayi sudah cukup kuat untuk melawan virus dan bakteri yang ada. Namun orang tua harus mencari cara menurunkan demam bayi 5 bulan secara efektif agar panas bayi bisa sembuh lebih cepat. Inilah cara yang bisa dilakukan orang tua jika Gejala Demam Biasa mulai nampak.

1. Beri ASI

ASI adalah makanan yang paling penting untuk bayi di bawah 6 bulan. Saat demam, bayi akan mudah mengalami dehidrasi karena cairan yang ada di dalam tubuhnya cepat menguap akibat suhu tubuh tinggi. Bagi orang tua yang belum tahu, Hubungan Dehidrasi dengan Demam memang cukup erat sehingga sebelum muncul Tanda Bayi Dehidrasi Karena Demam, berikan ASI lebih sering dari sebelumnya untuk bayi.

2. Kompres Air Hangat

Manfaat Kompres Demam dengan menggunakan air hangat memang tidak bisa disepelekan. Air hangat bisa membantu mengeluarkan panas yang terjebak di dalam tubuh sehingga demam bayi cepat turun. Jangan menggunakan air dingin karena justru akan membuat panas semakin terperangkap dan tidak bisa keluar dari tubuh bayi. Lakukan Cara Menurunkan Panas dengan Kompres air hangat untuk bayi sampai panas turun.

3. Tidurkan di Ruangan Sejuk

Bayi memerlukan ruangan dengan sirkulasi udara yang baik agar panas tubuhnya bisa segera turun. Tidurkan bayi di dalam ruangan yang sejuk dengan sirkulasi udara yang baik. Atur suhu yang nyaman, jangan terlalu panas atau terlalu dingin. Bayi harus istirahat cukup untuk membantu memulihkan kondisi tubuhnya dan melawan virus atau bakteri yang ada.

4. Beri Pakaian Menyerap Keringat

Ketika bayi sedang demam, jangan pernah memberikan selimut atau pakaian yang tebal. Banyak orang tua berpikir bahwa dengan memberikan bayi selimut akan menurunkan panas dengan cepat karena bayi bisa berkeringat. Padahal hal ini tidak benar. Bayi justru harus diberi pakaian yang tipis akan kulitnya bisa bernapas dengan baik. Memberikan bayi pakaian yang terlalu tebal hanya akan membuat Kepala Bayi Panas dan Berkeringat karena tidak ada sirkulasi udara yang baik.

5. Digendong

Orang tua bisa melakukan cara Menurunkan Demam Anak Tanpa Obat dengan memberi anak gendongan atau dekapan hangat. Jangan mendekap terlalu erat karena akan membuat bayi susah bernapas. Gendong saja seperti biasa agar suhu tubuh orang tua bisa menular ke suhu tubuh anak. Dengan demikian suhu bayi akan menyesuaikan diri dengan suhu yang baru yang lebih normal.

Sponsors Link

6. Obat Penurun Panas Badan

Cara cepat dan praktis untuk menurunkan demam pada bayi adalah dengan memberikan Obat Penurun Panas Bayi 5 Bulan. Tetapi jangan sembarangan memberikan obat tanpa mengetahui dosis yang tepat dan komposisi yang aman. Oleh karena itu, tanyakan pada dokter obat apa yang aman untuk bayi 5 bulan. Karena usia bayi masih sangat kecil, reaksinya terhadap obat akan berbeda dengan bayi yang sudah lebih besar.

Cara Menurunkan Demam Bayi Secara Tradisional

Mencari cara menurunkan demam bayi 5 bulan bisa memang sedikit sulit. Karena usianya masih 5 bulan, maka bayi belum bisa memakan makanan apapun dan hanya meminum ASI saja. Berikut ini adalah cara menurunkan demam bayi 5 bulan dengan daun daun tradisional tanpa harus diminum.

1. Daun Kembang Sepatu

Daun kembang sepatu menjadi salah satu Daun Penurun Panas yang sangat ampuh untuk bayi. Tanpa harus direbus menjadi ramuan atau minuman, bayi masih tetap bisa merasakan manfaatnya. Caranya adalah dengan menumbuk daun sepatu hingga bersih, lalu ditempelkan ke kening bayi sebagai kompres. Biarkan selama kurang lebih 1 jam sebelum dihilangkan.

Sponsors Link

2. Daun Cocor Bebek

Selain daun kembang sepatu, daun cocor bebek juga merupakan Obat Tradisional Penurun Panas Tinggi Pada Anak bayi yang efektif. Caranya pun praktis dan tidak ribet, tinggal menghaluskan saja daun cocok bebek lalu digunakan sebagai kompres, sama seperti menggunakan daun sepatu.

3. Daun Singkong

Daun ketiga yang bisa dimanfaatkan sebagai Cara Menurunkan Panas Pada Bayi 5 Bulan yang efektif dan aman adalah menggunakan daun singkong. Caranya praktis, tumbuk daun singkong hingga halus lalu campurkan dengan minyak zaitun. Oleskan ke tubuh dan leher bayi. Cara ini terutama sangat manjur untuk mengobati demam bayi yang disertai dengan gejala batu pilek.

Itulah berbagai cara menurunkan demam bayi 5 bulan yang aman dan efektif untuk dilakukan. Satu hal yang penting adalah jangan panik saat mengetahui bahwa bayi sedang demam. Dalam kondisi panik orang tua tidak akan bisa berpikir dengan jernih sehingga akibatnya akan sangat tidak baik untuk bayi.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan