Sponsors Link

7 Cara Menurunkan Demam Bayi 7 Bulan dengan Cepat

Sponsors Link

Wajar jika orang tua menjadi cepat panik saat bayi 7 bulan menunjukkan gejala Demam Biasa seperti suhu tubuh yang tiba tiba naik hingga badan bayi menjadi sangat panas. Orang tua akan memiliki banyak pikiran yang macam macam karena takut bayi akan terkena penyakit lain yang lebih serius.

ads

Bayi memang lebih rentan terkena demam karena daya tahan tubuhnya yang relatif lemah. Namun orang tua tidak seharusnya panik. Tenangkan pikiran dan lakukan cara menurunkan demam bayi 7 bulan seperti berikut ini:

1. Berikan Makanan yang Tepat

Salah satu Perawatan Demam Pada Bayi 7 bulan adalah dengan memberikan mereka asupan makanan yang tepat. Bayi yang berusia 7 bulan sudah bisa memakan makanan pendamping ASI sehingga bisa diberi Makanan Penurun Panas Anak seperti bubur halus agar lebih mudah ditelan. Meski anak tidak nafsu makan, orang tua harus telaten dalam memberikan makan pada anak agar tubuhnya tidak semakin melemas.

2. Perbanyak ASI

Bayi yang sedang demam sangat rentan terkena dehidrasi. Karena suhu tubuh yang panas, cairan di dalam tubuh akan semakin cepat menguap. Dehidrasi sangat berbahaya karena bisa menyebabkan tubuh semakin lemas dan mudah terserang penyakit lain. Kenali Tanda Bayi Dehidrasi Karena Demam seperti Anak Panas Bibir Merah. Cara Menurunkan Panas  Pada Bayi 7 Bulan adalah dengan memberikan ASI lebih sering pada bayi untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

3. Kompres dengan Air Hangat

Jangan menyepelekan Manfaat Kompres Demam dengan air hangat untuk bayi. Air hangat bermanfaat untuk mengurangi panas pada bayi dengan sangat efektif. Atur suhu air agar tidak terlalu panas untuk bayi. Cara ini sebenarnya lebih baik daripada menggunakan Plester Kompres Demam Untuk Anak yang suhunya relatif dingin.

4. Bawang Merah dan Minyak Kelapa

Manfaat Bawang Merah untuk Demam Anak dan bayi memang sudah cukup terkenal. Bawang merah memiliki kandungan alami untuk membantu menurunkan demam. Cara Menurunkan Demam Anak dengan Bawang Merah sangat mudah, yaitu dengan mencampurkan irisan bawang merah dan minyak kelapa, lalu dioleskan ke tubuh bayi.

5. Kunyit

Kunyit menjadi Obat Tradisional Penurun Panas Tinggi Pada Anak dan bayi yang sudah terpercaya. Kandungan minyak atsiri dalam kunyit bisa melawan bakteri yang ada di dalam tubuh. Sifat anti inflamasi pada kunyit juga bisa meredakan infeksi dan peradangan dalam tubuh. Cara Menurunkan Demam dengan Kunyit bisa dilakukan dengan memberikan bayi kunyit yang diseduh air hangat.

Sponsors Link

6. Temulawak

Sama seperti kunyit, temulawak juga ampuh untuk mengobati Bayi Panas Tinggi. Kandungan anti biotik alami di dalam temulawak bisa membunuh virus atau bakteri yang berkembang di dalam tubuh bayi. Seduh temulawak dengan air hangat, lalu berikan pada bayi secara perlahan. Temulawak juga menjadi Cara Mengobati Demam Pada Bayi 6 Bulan yang efektif.

7. Periksa ke Dokter

Setelah semua cara dilakukan dan bayi tidak kunjung menunjukkan tanda kesembuhan, maka cara yang harus ditempuh adalah dengan membawa bayi periksa ke dokter. Dokter akan bisa memberikan diagnosa yang tepat dan lebih lengkap tentang penyakit yang diderita bayi. Agar informasi yang diterima lebih akurat, bawa bayi ke dokter spesialis anak.

Jika bayi hanya menderita demam biasa yang tidak berbahaya, dokter biasanya akan memberikan Obat Penurun Panas Badan untuk bayi. Obat tersebut biasanya memiliki kandungan paracetamol yang efektif menurunkan panas bayi, seperti obat Sanmol yang harus dikonsumsi dalam dosis yang tepat dan aman.

Perawatan Demam Bayi 7 Bulan yang Tepat

Saat bayi sedang demam, maka suhu tubuhnya harus selalu dikontrol secara rutin. Hal ini untuk menghindari suhu tubuh yang terlalu tinggi dan orang tua terlambat mengetahuinya. Lakukan juga perawatan lain untuk menurunkan demam bayi 7 bulan seperti berikut ini:

  1. Kontrol suhu tubuh bayi setiap 1 jam sekali. Dengan mengetahui perubahan suhu tubuh bayi, maka orang tua bisa melakukan langkah antisipasi untuk mengobati demam.
  2. Dekap bayi dalam gendongan selama demam. Gendongan punya manfaat yang besar untuk menurunkan suhu tubuh bayi. Tubuh bayi perlahan lahan akan menyesuaikan diri dengan suhu tubuh orang tua yang lebih normal.
    Sponsors Link

  3. Hindari memakaikan bayi selimut atau pakaian yang tebal. Pakaian tebal dan selimut akan membuat panas terjebak di dalam suhu tubuh bayi dan demam akan sulit reda.
  4. Berikan bayi pakaian tipis dari bahan yang menyerap keringat. Sirkulasi udara di dalam tubuh bayi sangat diperlukan untuk mengeluarkan panas dengan cepat.
  5. Ganti pakaian bayi setiap beberapa jam sekali. Saat sedang demam, bayi akan lebih sering berkeringat. Jangan sampai pakaian bayi basah oleh keringat karena akan membuat bakteri bersarang di sana. Sebelum basah segera ganti pakaian bayi.
  6. Jangan mengompres bayi dengan air dingin atau es. Banyak orang tua salah paham dan memberikan kompres es pada bayi. Padahal suhu dingin justru membuat panas tidak bisa keluar dari dalam tubuh bayi.

Itulah cara menurunkan demam bayi 7 bulan yang bisa dilakukan orang tua. Perawatan yang tepat juga diperlukan untuk menurunkan demam bayi 7 bulan. Segera lakukan berbagai cara yang tepat untuk mencegah penyakit lain yang disebabkan oleh demam.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan