Sponsors Link

10 Cara Mengobati Demam Berdarah Secara Tradisional

Sponsors Link

Demam berdarah, demam infeksi yang disebabkan oleh virus yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegephty.  Virus yang tidak pernah disebutkan namanya ini, sangat berbahaya jika sudah berkembang dalam tubuh manusia.  Dapat menyebabkan kematian.  Namun, demam yang mempunyai banyak sebutan, seperti gejala demam dengue, demam fever, dan demam denggi berdarah, sebenarnya bisa diatasi degan penanganan yang tepat.  Beberapa orang meyakini bahwa demam ini dapat segara diatasi secara tradisional.  Cara mengobati demam berdarah secara tradisional atau obat herbal demam berdarah, ada beberapa yang dipergunakan, yaitu :

ads
  1. Air Kelapa Muda

Air kelapa muda mengandung banyak ion yang diperlukan tubuh dan mampu mengeluarkan racun yang banyak ada dalam tubuh orang sakit.  Dengan minum air kelapa muda, hubungan dehidrasi dengan demam dapat diatasi.  Selain itu, kurangnya banyak ion yang diperlukan juga tergantikan oleh konsumsi air kelapa muda.

  1. Buah Jambu Biji

Gejala demam berdarah adalah kadar trombosit dalam darah yang menurun drastis.  Penurunan ini mengakibatkan pelebaran pembuluh darah dan dapat pecah jika tidak diatasi.  Buah jambu biji dapat dikonsumsi langsung atau dijus untuk meningkatkan kadar trombosit.

  1. Daun Jambu Biji

Selain buahnya, daun biji beberapa helai dapat dicampurkan dengan sambiloto dan temulawak.  Direbus bersamaan hingga air mendidih dan tinggal setengah.  Khasiat ramuan tradisional ini menurunkan demam, menambah nafsu makan, dan meningkatkan kadar trombosit.

  1. Daun Pepaya

Daun papaya mempunyai rasa pahit.  Daun yang rasanya pahit umumnya disebabkan oleh senyawa alkaloid karpain.  Dengan cara sama dengan jambu biji, sarinya dapat diminum dan menjadi obat tradisional.  Daun ini meningkatkan produksi sel darah merah yang menyebabkan penderita merasa lemah karena kadarnya ikut menurun.

  1. Angkak

Angkak merupakan jenis beras, yang kalau di Indonesia disebut beras merah dengan komposisi berbeda.  Angkak sangat diyakini dapat meningkatkan trombosit dalam darah.  Umumnya di Indonesia, angkak sudah dibentuk menjadi kapsul agar siap dikonsumsi.

  1. Sari Kurma

Kurma mempunyai kandungan gula yang aman bagi penderita sakit.  Selaini tu, kurma menghasilkan banyak energi.  Sari kurma sangat bagus diberikan pada penderita demam berdarah dan demam thypoid yang lemas karena kekurangan energi dan anemia.

  1. Jeruk

Jeruk mengandung banyak vitamin C dan air.  Vitamin C dari jeruk sangat penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh melawan penyakit.  Dengan meningkatkan kekebalan tubuh, penderita demam berdarah dapat sembuh lebih cepat.  Kandungan air jeruk dapat mencegah dehidrasi.  Rasa jeruk manis menyegarkan.  Buah penurun panas dewasa, jeruk, bagus untuk segala jenis penyakit.

Sponsors Link

  1. Daun Kemangi

Daun kemangi ternyata mengandung zat penurun panas.  Daun kemangi beberapa helai yang direbus dan diminum sarinya mengatasi anemia.  Anemia ini yang menyebabkan orang sakit merasa lemas.  Jika anemia teratasi, energi tubuh akan perlahan normal dan mampu menyerap makanan yang diperlukan untuk melawan penyakit.

  1. Konsumsi Makanan Bergizi

Makanan bergizi sangat penting bagi semua jenis penyakit.  Meskipun penderita sakit sedang tidak nafsu makan, namun harus dibujuk untuk makan perlahan dan sedikit-sedikit.  Penderita yang mengalami rawat inap, makanan dapat dimasukkan dalam bentuk zat gizi langsung dalam cairan infus.

  1. Kompres Daun Penurun Panas

Kompres dapat menyebabkan penderita merasa lebih nyaman.  Selain kompres air hangat yang menurunkan panas, kompres daun penurun panas badan cocor bebek dan daun singkong dapat membantu mengatasi demam sakit dan kepala, dan hubungan demam dengan nyeri sendi yang diderita.

Sponsors Link

Beberapa obat herbal demam berdarah pada anak dan dewasa kini sudah tersedia dalam bentuk obat kapsul di apotek.  Obat ini dapat berupa campuran dari beberapa obat tradisional, atau satu macam.  Contoh obat herbal yang dijual di apotek antara lain

  • Remufit, obat kapsul yang mengandung ekstrak jambu biji ditambah dengan angkak
  • Angkak, dalam bentuk merek mengandung angkak
  • Ace Maxs yang kandungan utamanya kulit manggis, sangat dipercaya untuk berbagai penyakti.
  • Jelly Gamat, mempunyai kandungan teripang yang diakui sebagai penyembuh berbagai penyakit pula.

Yang terpenitng  dari semua pengobatan adalah banyak minum, istirahat, dan tetap komsumsi makan.  Ketiga hal tersebut yang menjadi tindakan medis utama dengan infus, jika penderita demam berdarah harus rawat inap di rumah sakit. Cara mencegah demam berdarah  dengan 3M harus dilakukan, khususnya di musim panacaroba dan musim penghujan. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan