Sponsors Link

Obat Demam Setelah Melahirkan

Sponsors Link

Demam pasca melahirkan atau demam nifas kerap melanda ibu.  Demam yang terjadi antara hari kedua sampai hari kesepuluh ini tentunya mengganggu kondisi ibu dan janin.  Ibu menjadi semakin lelah dan pemberian ASI kepada bayi ikut terganggu.  Belum lagi bahaya demam infeksi yang mungkin dapat menular pada bayi.  Oleh karena itu, mengatasi dengan obat dengan setelah melahirkan sangat penting.

ads

Obat demam setelah melahirkan yang dimaksud dapat berupa obat alami dan obat dokter atau obat apotek atau obat kimia. Yang pasti obat-obat tersebut adalah pertolongan pertama sebelum ibu memutuskan untuk mengunjungi dokter.

Di bawah ini adalah beberapa obat demam panas ibu menyusui yang dapat dicoba.

  1. Obat Penurun Panas Badan

Obat kimia atau obat apotek saat ini masih merupakan obat dengan reaksi paling cepat.  Tidak semua obat penurun panas badan dapat dikonsumsi bebas.  Banyak yang harus menggunakan resep dokter karena dikhawatirkan berpengaruh pada janin.  Obat jenis Acetaminophen, seperti Paracetamol dengan merek Sanmol termasuk yang direkomendasikan aman.

  1. Kompres

Kompres penurun panas badan dengan air hangat sama efektif terhadap demam.  Kompres tidak hanya menurunkan demam panas, tetapi juga memberikan rasa nyaman.  Untuk demam mastitis (infeksi pada payudara ibu) dapat dikompres bagian puting dengan air dingin.

  1. Banyak Minum Air Putih

Air putih menurunkan demam.  Air putih juga mencegah dehidrasi.  Ibu menyusui memerlukan air putih untuk memperlancar ASI.  Ibu demam yang banyak minum air putih tidak hanya untuk dirinya sendiri, tetapi juga untuk buah hat.

  1. Konsumsi Makanan Bergizi

Sebenarnya, meskipun tidak demam ibu pasca melahirkan wajib konsumsi makanan bergizi.  Fungsi nutrisi yang dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh ibu yang menurun.  Selain itu, nutrisi yang cukup dibutuhkan untuk tumbuh kembang bayi yang menyusui.  Demam biasa dapat diatasi dengan makanan bergizi, khususnya banyak vitamin C dan protein.  Sama dengan penderita demam lain, perhatikan untuk tidak mengkonsumsi makanan penyebab demam tinggi.

  1. Air Kelapa Muda

Air kelapa muda banyak mengandung cairan dan mineral yang dibutuhkan ibu dan janin.  Konsumsi air kelapa muda menurunkan panas tubuh.  Air kelapa menawarkan racun dalam tubuh ibu menyusui yang demam meriang.

  1. Bawang Putih

Bawang putih terkenal mengandung antibiotik alami dan terkenal sebagai penurun panas.  Obat demam setelah melahirkan ini aman dikonsumsi ibu dan tidak mempengaruhi kondisi bayi.  Daripada ibu masih bingung denagan pertanyaan apakah demam perlu antibiotik, bawang putih menjadi jalan tengah.

  1. Bawang Merah

Menggunakan bawang merah sebagai obat demam alami penurun demam tidak perlu dikonsumsi.  Anda hanya cukup menghaluskan bawang merah dan membalikkannya di telapak kaki.  Boleh dikompreskan pada dahi sedikit, karena minyak bawang mengeluarkan uap panas.  Ada beberapa cara menurunkan demam denganbawang merah yang benar.

Sponsors Link

  1. Teh Hijau

Teh bersifat menenangkan perasaan.  Semetara teh hijau mengandung atsiri yang menurunkan panas.  Kombinasi yang sangat pas untuk ibu demam gigil.

  1. Yogurt

Yogurt mengandung probiotik atau bakteri baik untuk mengatasi demam infeksi bakteri.  Konsumsi yogurt diharapkan segera mengatasi panas tubuh.

  1. Jahe

Mirip dengan teh, jahe bersifat menenangkan dan melegakan tenggorokan.  Demam dengan badan panas menggigil kaki dingin dan demam pada saluran pernapasan akan lebih nyaman dengan minum segelas jahe.

Di samping obat di atas, pemijatan payudara, menghindari bra terlalu ketat, menyusui dengan posisi nyaman dan bergantian payudara, dan ibu yang menggunakan pakaian nyaman akan berfungsi mencegah ibu dari demam.

Itulah 10 obat demam setelah melahirkan.  Semoga bermanfaat, karena ibu harus selalu sehat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan