Sponsors Link

7 Cara Mengatasi Anak Panas dan Diare yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Usia anak anak adalah usia yang paling rentan terkena Demam. Karena banyaknya aktivitas bermain di luar ruangan dan daya tahan tubuh yang kadang lemah, anak anak sering terkena demam. Padahal sesungguhnya demam bukanlah penyakit, melainkan metode pertahanan diri saat virus dan bakteri masuk agar tidak menyebar ke bagian tubuh yang lain. Ada banyak Jenis Demam yang harus dipahami para ibu agar tahu penanganan yang tepat dan anak bisa segera sembuh. Di antara jenis demam tersebut antara lain adalah Demam Infeksi dan Demam Virus yang disebabkan oleh adanya bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh.

ads

Ad juga demam yang merupakan “bawaan” penyakit lain. Artinya, demam terjadi disertai bagian tubuh anak lainnya yang juga sedang sakit. Oleh sebab itu sering ditemukan kasus Demam Karena Alergi yang disebabkan khususnya oleh makanan. Tidak hanya itu, anak anak juga sering mengalami Diare Disertai Demam tinggi. Banyak hal yang bisa menjadi penyebabnya, termasuk karena jajanan yang dibeli anak secara sembarangan. Lantas bagaimana cara mengatasi anak panas dan diare secara efektif? Yuk kita simak bersama.

1. Obat Diare

Saat anak terkena diare disertai panas, maka segera belikan anak obat untuk menghentikan diarenya. Cara Mengobati Demam dan Diare Pada Anak yang satu ini sangat efektif namun harus berada di bawah pengawasan dokter. Jangan sembarangan membelikan anak obat hanya karena ingin penyakitnya cepat sembuh. Salah memberikan obat pada anak akan berdampak pada kondisi kesehatannya yang memburuk, bisa juga timbul reaksi alergi yang tidak terduga. Minum obat sesuai dengan anjuran dokter dan dosis yang diperlukan.

2. Obat Penurun Panas Badan

Cara mengatasi anak panas dan diare yang kedua adalah dengan mengobati panas badannya. Jika panasnya turun, maka penyakitnya akan segera sembuh juga. Salah satu obat yang manjur untuk menurunkan panas badan adalah Sanmol. Tetapi mengonsumsi obat ini juga tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada dosis khusus yang harus dipenuhi untuk anak anak yang sudah pasti berbeda dengan orang dewasa. Periksakan anak ke dokter, lalu tanyakan perlukah menurunkan panas dengan Sanmol atau dokter memiliki solusi lain yang lebih baik.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Karena tubuh manusia terdiri dari 70% lebih air, maka air putih menjadi obat yang mujarab hampir untuk berbagai penyakit. Memperbanyak minum air putih adalah Cara Menurunkan Panas Anak yang paling tepat. Jangan sampai anak terkena dehidrasi, karena saat anak mengalami diare tubuh akan menjadi sangat lemas dan nafsu makan dapat menurun drastis. Air putih bermanfaat untuk mempercepat kesembuhan anak dari demam panas. Perhatikan jumlah air yang diminum anak setiap harinya, pastikan sesuai dengan anjuran para ahli kesehatan yaitu 2 liter per harinya.

4. Minum Cairan Oralit

Oralit adalah obat yang sangat aman untuk mengobati diare, terutama bagi anak anak. Cairan yang mengandung garam ini dapat menghentikan dan menyembuhkan diare secara efektif. Untuk anak yang memiliki alergi obat dan sedang mengalami Demam Cirit Birit, obat ini sangat cocok untuk diminum. Cukup sekali saja dalam sehari. Namun jika keesokan harinya diare dan panas tidak kunjung sembuh, segera bawa anak ke dokter untuk penanganan yang lebih baik.

5. Mengonsumsi Vitamin C

Demam menandakan daya tahan tubuh yang kurang maksimal sehingga mudah terserang penyakit. Asupan vitamin sangat dibutuhkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak terserang penyakit. Vitamin C adalah salah satu vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Sponsors Link

Vitamin C dapat ditemukan dalam bentuk suplemen makanan, bisa juga didapat dari buah dan sayur seperti jeruk dan tomat. Cukupi kebutuhan harian akan vitamin C meski tidak sedang sakit. Caranya adalah dengan memakan makanan dengan kandungan gizi seimbang yaitu protein, serat dan vitamin.

6. Minum Minuman Probiotik

Minuman probiotik adalah minuman fermentasi susu yang mengandung jutaan bakteri baik di dalamnya. Manfaat utama dari minuman ini adalah membersihkan usus dan menyehatkan saluran pencernaan, sehingga bisa menurunkan resiko diare. Bahkan saat tidak sedang dalam kondisi sakit, konsumsi minuman probiotik sangat diperlukan. Tidak hanya bagi anak anak, minuman probiotik dapat membantu menyembuhkan Diare Disertai Demam Pada Dewasa.

7. Makan Makanan Penurun Demam

Agar panas dan diare anak cepat sembuh, maka asupan makanannya harus sangat diperhatikan. Jangan memberikan anak Makanan yang Dilarang Saat Anak Demam karena bisa membuat penyakitnya semakin parah. Sediakan pilihan Menu Makanan Untuk Anak Sakit Panas agar selera makan anak bangkit kembali. Saat sakit, nafsu makan anak akan menurun drastis. Perbanyak konsumsi Makanan Untuk Anak Demam Panas agar panas segera hilang dan penyakit cepat sembuh.

Itulah cara mengatasi anak panas dan diare yang bisa dilakukan oleh para ibu. Berikan anak perhatian penuh saat sakit, karena kondisi psikologis yang stabil bisa mempercepat kesembuhan anak. Juga perhatikan asupan gizi dan makanan yang masuk ke anak, karena penyebab utama datangnya penyakit adalah melalui makanan. Obati anak dengan cara yang tepat. Jangan ragu membawa anak ke dokter saat penyakitnya tidak kunjung sembuh.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan