Sponsors Link

15 Cara Mengatasi Panas Pada Anak 3 Tahun yang Benar

Sponsors Link

Panas pada anak 3 tahun sering terjadi. Bahkan sejak anak bayi, sering mengalami panas. Namun, tetap saja sebagai orangtua terkadang masih bingung jika anak sakit. Apalagi jika anak tiba-tiba lemas dan rewel. Orangtua semakin bingung. Ada beberapa cara mengatasi panas pada anak 3 tahun yang bisa digunakan sebagai pertolongan pertama. Terkadang cara ini efektif karena anak mengalami gejala demam biasa dan akhirnya orangtua tidak perlu membawa anak ke dokter. Ini beberapa hal yang bisa dilakukan orangtua.

ads
  1. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat dapat mengatasi anak demam karena menyegarkan dan memperlebar pembuluh darah. Dengan lebarnya pembuluh darah mengakibatkan panas tubuh lebih cepat menguap.

  1. Obat Penurun Panas Badan

Obat penurun panas badan dapat dijadikan alternatif paling cepat. Sekarang ini obat penurun panas jenis paracetamol banyak dijual bebas di apotek. Apotek juga ada yang buka 24 jam. Obat jenis paracetamol termasuk paling aman dibandingkan obat sejenis.

  1. Kompres Air Hangat

Kompres bisa dilakukan dan sangat dipercaya bahkan oleh dokter. Kompres ini bisa dipadukan dengan minum obat penurun panas. Kompres air dingin dan alkohol tidak disarankan. Dan yang paling penting adalah cara menurunkan dengan kompres yang benar.

  1. Banyak Minum Air Putih

Banyak minum air putih sangat dianjurkan untuk cara mengatasi panas pada anak 3 tahun. Minum akan mencegah dehidrasi yang mungkin terjadi. Dengan banyak minum juga akan merangsang penguapan panas melalui keringat.

  1. Memberikan Pakaian Ringan

Memberikan pakaian ringan maksudnya pakaian biasa yang tipis. Tidak perlu memakai jaket dan selimut tebal. Pemakaian jaket dan selimut tebal akan menyebabkan panas terperangkap dalam tubuh dan suhu semakin tinggi. Jika terjadi demam menggigil pada anak, maka selimuti dengan kain yang tipis.

  1. Tempat yang Nyaman

Memberikan tempat istirahat atau tidur yang nyaman bagi anak juga sangat penting. Jangan banyak keramaian di sekitarnya. Berikan tempat yang tidak terlalu panas dan dingin. Jadi kamar bisa tetap menggunakan kipas angina asal tidak tertuju pada anak langsung. Atau di kamar bisa tetap menggunakan AC yang suhunya disesuaikan.

  1. Istirahat

Ada beberapa anak yang masih tetap bermain meskipun suhu tubuhnya meningkat. Ini pertanda anak mengalami demam yang tidak berbahaya. Jaga jangan sampai aktivitasnya berlebihan dan ajak istirahat jika diperlukan. Ini penting untuk menjaga suhu tubuh tidak meningkat karena kelelahan.

Sponsors Link

  1. Makan yang Bergizi

Meskipun anak yang demam umumnya kehilangan selera makan. Bujuk agar tetap makan meskipun hanya beberapa sendok dengan resep makanan untuk anak demam. Konsumsi makanan bergizi membantu menjaga stamina dan meningkatkan daya tahan tubuh, serta membantu pemulihan. Ini menjadi salah satu cara mengatasi panas pada anak 3 tahun.  Makan yang bergizi bisa berupa sup ayam, sayur bayam, telur rebus, dan sebagainya yang termasuk kategori makanan penurun demam.

  1. Konsumsi Buah

Konsumsi buah sama dengan makanan yang bergizi. Karena beberapa buah penurun panas anak juga memiliki kandungan gizi tinggi yang terdiri dari vitamin, mineral dan air. Buah penurun panas, antara lain semangka, papaya, pisang, delima merah, melon, ketimun, dan sebagainya.

ads

  1. Plester Kompres

Plester kompres demam untuk anak dapat juga digunakan jika orangtua ingin praktis. Berbagai nama jenis kompres dapat dibeli di apotek atau toko obat terdekat. Khasiatnya hampir sama dengan kompres air hangat karena cara kerjanya juga mirip. Kompres minimal akan memberikan kenyamanan pada anak.

  1. Terapi Kaus Kaki

Terapi kaus kaki belum banyak digunakan di Indonesia. Padahal caranya mudah. Rendamlah kaki anak selama beberapa menit atau sekitar 15 menit dalam air hangat. Kemudian pakaikan kaos kaki yang telah dibasahi dengan air hangat dan diperas airnya. Setalah itu pakaikan kaos kaki yang kering. Lakukan terapi ini sebelum tidur. Hal ini akan membuat tidur anak lebih nyenyak dan bangun lebih segar.

  1. Kompres Herbal

Beberapa daun penurun panas di sekitar kita dapat digunakan sebagai kompres herbal. Di antaranya daun cocor bebek dan daun singkong. Kedua daun ini dapat ditumbuk hingga halus dan ditempelkan pada dahi, ketiak, dan lipatan paha. Daun cocor bebek dapat mengatasi demam anak disertai diare. Sedangkan daun singkong dapat mengatasi demam disertai sakit kepala.

  1. Obat Herbal Jahe

Obat herbal atau obat tradisional penurun panas tinggi dapat digunakan pada panas anak 3 tahun. Sari jahe atau wedang memberi efek hangat di tubuh dan memperlebar pembuluh darah. Dibantu dengan kandungan minyak atsiri di dalamnya, jahe akan menurunkan panas, khususnya demam sakit tenggorokan.

  1. Madu

Manfaat madu untuk demam anak sangat diakui. Kandungannya sangat cocok untuk segala jenis demam. Madu anak saat ini dengan mudah ditemukan di toko herbal, apotek, dan toko obat.

  1. Obat Herbal Bawang Merah

Tidak semua obat herbal dapat diberikan kepada anak, karena anak usia 3 tahun akan sulit diminta untuk minum ramuan tradisional. Bawang merah merupakan obat luar sehingga akan sangat mudah digunakan. Iris tipis bawang merah dan campurkan dan minyak kelapa. Selanjutnya, balurkan ke seluruh tubuh sebeeum anak tidur, maka ketika bangun panasnya sudah turun.

Itulah beberapa cara mengatasi panas pada anak 3 tahun. Jika demam anak sampai 40 derajat, kejang demam, dehidrasi berat, diare dan muntah terus menerus, keluar ruam atau bintik merah, dan demam berkepanjangan, maka hendaknya segera di bawa ke dokter. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan