Sponsors Link

15 Cara Mengobati Demam Pada Orang Dewasa yang Alami

Sponsors Link

Cara Mengobati Demam Pada Orang DewasaDemam panas dapat menyerang siapa saja, tidak mengenal usia dan jenis kelamin. Dan biasanya demam pada orang dewasa baru dianggap jika gejalanya sudah parah dan mengarah pada penyakit tertentu. Ini dikarenakan toleransi tubuh orang dewasa lebih terhadap sakit, sehingga terkadang gejala awal dianggap hal biasa.

ads

Cara mengobati demam pada orang dewasa harus diketahui dan dapat digunakan di rumah untuk mengurangi gejala. Pengobatan tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Minum Banyak Air

Minum banyak air dan sering disarankan pada setiap penyakit demam panas. Khususnya demam infeksi. Cara ini untuk mengatasi dehidrasi. Selain itu, air juga akan mengeluarkan racun bersama keluarnya urin.

  1. Obat

Obat penurun panas badan jenis Acetaminophen dan Ibuprofen adalah paling aman. Contoh obat ini, Sanmol yang mengandung Acetaminophen jenis Paracetamol. Terdapat Sanmol yang diperuntukkan untuk orang dewasa. Obat selain menurunkan panas juga akan membantu mengatasi rasa nyeri. jangan minum antibiotik tanpa resep dokter.

  1. Istirahat

Banyak istirahat akan membuat tubuh menyimpan energi untuk penyembuhan. Diharapkan dengan banyak istirahat kemampuan tubuh untuk memperbaiki diri akan meningkat.

  1. Air Kelapa Muda

Air kelapa muda jelas dikonsumsi untuk mengatasi dehidrasi. Selain itu, ion yang terdapat di dalamnya akan data mengganti ion tubuh yang hilang dengan cepat. Kelapa muda juga merupakan penawar racun tubuh yang baik.

  1. Bubur

Bubur dapat dikategorikan sebagai makanan untuk orang demam tinggi dan panas yang efektif. Bubur merupakan makanan yang lunak dan mudah dicerna. Sehingga konsumsi bubur membuat tubuh tidak memerlukan banyak energi untuk mencerna dan dengan cepat zat yang dibutuhkan terserap oleh tubuh.

  1. Sup

Sup terkenal sebagai obat demam akibat radang tenggorokan, demam batuk pilek dan demam flu. Kandungan sup yang terdiri dari berbagai sayuran dan ayam,berarti bernilai gizi tinggi. Sup membantu pemulihan penyakit dengan cepat.

  1. Sayur dan Buah

Kebanyakan buah dan sayuran mengandung serat dan vitamin C tinggi. Serat berarti mudah dicerna. Sedangkan vitamin C yang tinggi meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit.

Sponsors Link

  1. Sari Kurma

Seperti sudah diketahui bahwa kurma adalah makanan penghasil energi tinggi dan termasuk mudah dicerna. Rasanya juga mengenyangkan dan enak. Sekarang ini, untuk memudahkan kurma dibuat sari kurma. Selain menjadi cara mengobati demam berdarah pada orang dewasa, sari kurma juga cocok untuk demam thypoid.

ads

  1. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat akan membuat tubuh orang dewasa yang demam menjadi lebih nyaman.  Mandi air hangat dapat mebuka pori-pori di kulit untuk mengeluarkan panas lebih cepat.

  1. Kompres

Kompres penurun panas banyak nama jenisnya. Ada kompres air hangat, kompres dengan daun penurun panas, dan plester kompres demam. Kompres membuat penderita dengan demam dan sakit kepala dan nyeri sendi merasa lebih nyaman selain menurunkan panas.

  1. Mengihindari Konsumsi Gorengan dan Gula

Gorengan dan gula termasuk makanan penyebab demam tinggi. Harus dan wajib dihindari siapa saja yang sakit. Karena gorengan dan gula menjadi makanan yang sulit dicerna.

  1. Menghindari Fast Food

Fast food dan makanan cepat saji sebagian besar mengandung lemak tinggi yang sulit dicerna. Pemanasan yang tinggi dalam pengolahannya juga membuat makanan jenis ini tidak disarankan bagi penderita sakit.

  1. Kunyit

Kunyit mengandung zat untuk menurunkan panas dan anti virus. Minum sari kunyit juga diyakini sebagai salah satu obat herbal demam untuk dewasa yang ampuh.

  1. Pegagan dan Meniran

Daun pegagan dan meniran digabung menajdi satu berkhasiat menurunkan panas dan meningkatkan trombosit darah. Keduanya direbus dalam air mendidih hingga air tersisa setengah dan disaring baru diminum.

  1. Jus Jambu Biji

Jambu biji menjadi buah penurun panas dewasa. Namun, khusus buah ini sangat diyakini mempunyai efek meningkatkan trombosit darah. Kandungan vitamin c dan E di dalamnya membuatnya demikian.

Demikian cara mengobati demam berdarah pada orang dewasa. Masih banyak cara mengobati demam pada orang dewasa yang tidak dituliskan, seperti obat herbal. Bila orang dewasa mengalami gejala demam berdarah seperti panas berkepanjangan, demam menggigil di malam hari, sakit kepala, nyeri sendi, timbul bintik merah ketika panas sudah turun maka cara pengobatan di atas dapat dilakukan. Namun tetap gejala sakit tetap harus diperhatikan, jika kesadaran menurun dan gejala semakin parah maka penderita harus ke dokter. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan