Sponsors Link

Cara Mengobati Panas Dingin Secara Alami Terbukti Ampuh

Sponsors Link

Demam panas seperti telah diketahui merupakan bagian dari mekanisme tubuh melawan infeksi. Terkadang demam tinggi diiringi dengan panas dingin atau suhu badan terasa panas dingin atau demam menggigil pada anak. Ini dapat terjadi karena tubuh yang suhunya meningkat berusaha menyesuaikan suhu dengan lingkungannya dan memperkecil pembuluh darah agar panas tubuh tidak banyak keluar. Sementara penderita berusaha sebaliknya. Ingin agar panas yang tinggi segera keluar.

ads

Sebenarnya cara mengatasi panas dingin hampir sama dengan penganan gejala demam biasa. Jika ingin secara alami juga demikian. Di bawah ini beberapa cara mengatasi panas dingin secara alami.

1. Jahe

Jahe adalah salah satu rempah Indonesia. Kandungan jahe berbagai macam yang berkhasiat anti bakteri, anti virus, dan anti oksidan. Minum jahe juga menghangatkan tubuh dari dalam. Penderita demam hidung tersumbat sangat cocok mengonsumsinya, karena memberikan kehangatan dan meredakan sumbatan. Kehangatan yang diberikan jahe juga membuat panas dingin hilang secara alami.

2. Madu

Madu cukup terkenal. Apalagi sekarang ini banyak jenis madu dari berbagai jenis tanaman. Minum madu dapat menurunkan panas dan sakit kepala.

3. Kunyit

Seperti halnya jahe, kunyit adalah obat tradisional penurun panas. Agar memberikan efek hangat dalam tubuh dan meringankan gejala panas dingin, konsumsi sari kunyit dapat dicampur dengan kencur atau madu satu sendok.

4. Teh Peppermint

Teh peppermint termasuk jenis teh herbal mengatasi infeksi. Sama dengan jahe, teh ini juga menghangatkan tubuh.

5. Kompres Putih Telur

Kompres penurun panas dengan putih telur jarang didengar, namun ternyata cukup efektif untuk panas demam. Bungkus putih telur cairan dengan handuk kecil dan tempelkan pada ketiak, dahi, lipatan paha. Gantilah jika handuk sudah mulai terasa hangat.

6. Konsumsi Vitamin Alami

Konsumsi makanan yang bervitamin dan bernutrisi tinggi sangat dianjurkan bagi penderita demam, apalagi panas dingin. Makanan untuk orang demam tinggi dan panas dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan demam mereda.

7. Mandi Air Hangat

Badan panas dingin tetap dianjurkan untuk mandi air hangat. Mandi air hangat membuat pembuluh darah terbuka dan panas segara keluar. Badan berkeringat dan terasa segar.

Sponsors Link

8. Berselimut

Jika dirasakan sangat dingin, penderita dapat menggunakan selimut tipis. Bukalah selimut jika dirasakan dingin sudah hilang atau berkeringat.

9. Daun Penurun Panas

Beberapa daun penurun panas badan dapat digunakan untuk panas dingin. Jika panas turun, otomatis panas dingin akan segara hilang. Daun penurun panas antara lain sambiloto dan pepaya. Dapat juga digunakan sebagai kompres, seperti daun singkong, dan daun cocor bebek.

ads

10. Kompres Air Hangat

Cara paling mudah adalah kompres. Kompres air hangat lebih baik digunakan daripada air dingin. Gunakan kompres dengan cara menurunkan demam dengan kompres yang benar.

11. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel diperoleh dari fermentasi buah apel. Jenis cuka ini sangat efektif untuk berbagai jenis demam dan perawatan wajah. Campurkan cuka sari apel dengan segelas air hangat, maka khasiatnya akan langsung terasa.

12. Bawang Putih

Bawang putih diyakini masyarakat Indonesia menurunkan panas, khususnya panas karena bakteri, seperti demam tifus dan demam akibat radang tenggorokan. Cara menurunkan panas anak  dengan bawang putih dapat dikonsumsi langsung, dikunyah, atau dicampurkan sebagai bumbu masakan.

13. Konsumsi Makanan Mengandung Zinc

Makanan mengandung zinc memberi kehangatan dalam tubuh. Makanan ini, misalnya bayam, udang, jamur, kepiting. Agar enak untuk penderita sakit dapat mengikuti resep makanan untuk anak demam.

14. Air Putih Hangat

Sama dengan demam biasa, penderita demam gigil dianjurkan untuk minun air putih sebanyak mungkin untuk mencegah dehidrasi. Air putih hangat lebih dianjurkan agar dingin cepat diatasi.

15. Istirahat

Penderita sakit, khususnya dengan gejala panas dingin harus langsung istirahat. Istirahat akan mempercepat proses penyembuhan. Selain itu, istirahat akan mengurangi resiko komplikasi jika ternyata panas dingin bukan gejala sakit biasa.

16. Garam

Garam juga mengandung anti bakteri dan anti virus. Jika baru merasakan gejala panas dingin, penderita sakit dapat mencoba berkumur dengan air garam beberapa kali kemudian istirahat. Lakukan ini beberapa kali.

17. Kunyit Putih

Kunyit putih tidak semudah kunyit kuning ditemukan. Rimpangnya mirip jahe, warnanya lebih putih. Mempunyai kandungan yang mirip dengan kunyit kuning dan dipercaya anti kanker. Untuk mengatasi panas dingin, kunyit putih dapat dibuat minuman sari kunyit dengan cara yang sama dengan minuman asal rimpang lain.

Demikian cara mengobati panas dingin secara alami. Namun, sebaiknya jika dalam sehari panas dingin tetap belum teratasi, konsultasi ke dokter untuk mengetahui penyebabnya. Agar bila ternyata gejala penyakit berbahaya seperti demam thypoid, demam berdarah dengue, atau lainnya, bisa segera teratasi. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan