Sponsors Link

Hubungan Demam dengan Sakit Kepala yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Demam adalah respon alami yang diberikan oleh tubuh saat ada virus atau bakteri yang masuk. Virus dan bakteri ini akan menyebar dengan mudah dan menyebabkan seseorang menderita penyakit yang lebih parah lagi. Agar hal tersebut tidak terjadi, tubuh menaikkan suhunya menjadi sangat panas.

ads

Ada banyak jenis demam yang bisa terjadi pada seseorang. Yaitu demam infeksi yang disebabkan oleh infeksi yang terjadi pada bagian tubuh, demam virus adalah demam yang terjadi karena adanya virus yang masuk ke dalam tubuh seseorang. Demam bisa juga terjadi karena perubahan musim dan cuaca yang tidak menentu. Ketika daya tahan tubuh seseorang sedang rendah, maka ia akan dengan mudah terserang penyakit demam.

Ketika bagian tubuh lain sedang sakit juga bisa menjadi penyebab demam. Seperti demam saat sakit gigi dan demam disertai sakit kepala. Anda pasti juga sering mengalami demam dan sakit kepala secara bersamaan. Apa hubungan demam dengan sakit kepala? Kedua hal ini tentu saja berhubungan dengan erat. Anda harus mengetahui hubungan demam dengan sakit kepala, mulai dari penyebab, gejala, hingga cara mencegahnya.

Penyebab Demam dengan Sakit Kepala

  • Virus yang Masuk ke Dalam Tubuh

Salah satu penyebab demam anak tinggi adalah adanya virus yang masuk ke dalam tubuh. Anak anak memang lebih mudah terserang virus karena daya tahan tubuhnya yang rendah. Namun bukan tidak mungkin orang dewasa juga bisa terinfeksi virus penyebab demam. Datangnya demam ini biasanya disertai dengan sakit kepala hebat yang membuat Anda sulit beraktivitas. Jika demam ini hanya demam biasa saja tanpa ada penyakit yang lebih serius, istirahatlah dengan baik dan perbanyak minum air putih.

  • Alergi Makanan

Salah satu penyebab demam bisa jadi karena reaksi alergi yang ditimbulkan setelah mengonsumsi makanan tertentu. Alergi makanan menjadi salah satu hal utama yang menjadi penyebab demam pada anak dan pada orang dewasa. Demam tidak hanya disertai sakit kepala saja tetapi lama kelamaan akan muncul bentol bentol kemerahan di permukaan kulit. Kenali alergi makanan yang dipunyai Anda dan anak Anda agar alergi tersebut tidak menjadi penyebab demam berkepanjangan pada anak.

  • Kekurangan Darah

Salah satu penyebab sakit kepala ada kekurangan darah. Jika tercampur dengan virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh, seseorang yang menderita anemia akan mengalami demam. Untuk memastikan hal tersebut, cek tekanan darah Anda, dan apabila benar Anda sedang kekurangan darah, minum obat penambah darah lalu istirahatlah hingga Anda merasa lebih baik dan sakit kepala sudah hilang.

  • Keracunan Zat Makanan

Perhatikan makanan apa saja yang masuk ke dalam perut Anda. Jika ada komposisi di dalam makanan yang tidak cocok dengan tubuh Anda, maka dapat menyebabkan demam yang disertai dengan sakit kepala. Jangan makan sembarang makanan, terutama makanan yang tidak terjaga kebersihannya. Bakteri yang menempel di dalam makanan akan ikut masuk ke dalam tubuh, berkembang biak di perut Anda dan menyebabkan penyakit pada pencernaan.

Sponsors Link

Gejala Demam dengan Sakit Kepala

  • Gejala demam awal yang muncul adalah badan terasa sangat lemas dan tidak bersemangat dalam beraktivitas. Tubuh menjadi lemas karena sedang berusaha melawan bakteri atau virus yang masuk agar tidak menyebar dan menimbulkan penyakit.
  • Tubuh mulai menghangat dan temperatur badan naik secara bertahap. Ini termasuk dalam gejala demam biasa yang tidak parah jika segera diobati. Segera lakukan pencegahan dengan cara mengompres badan dan banyak berisitirahat.
  • Kepala terasa sangat berat dan sakit. Hal ini biasanya muncul bersamaan dengan suhu tubuh yang semakin meningkat. Jika Anda sudah mulai merasakan gejala ini, sebaiknya segera beristirahat dan minum obat pereda sakit kepala.
    Sponsors Link

Cara Mencegah Demam dengan Sakit Kepala

  • Saat Anda mulai merasa tubuh semakin panas, segera minum obat penurun panas badan. Tetapi ingat, batasi jumlahnya dan segera periksakan diri ke dokter jika suhu tubuh tidak kunjung turun atau bahkan sakit kepala terasa lebih hebat dari biasanya.
  • Memperbanyak minum air putih adalah cara mencegah demam tinggi yang baik dan efektif. Jika Anda merasa tubuh sedang tidak enak, segera minum banyak air putih. Air putih memiliki sifat mendetoksifikasi yang bisa mengeluarkan semua racun, termasuk penyakit dari dalam tubuh.
  • Segera istirahat dan hentikan semua aktivitas apabila sakit kepala sudah mulai menyerang. Mengabaikan sakit kepala tidak hanya akan membuat penyakit tersebut semakin parah, tetapi juga menyebabkan penyakit lain datang seperti demam tinggi. Bisa jadi sakit kepala dan panas yang menyerang adalah sinyal yang diberikan oleh tubuh yang sudah terlalu lelah dalam beraktivitas dan ingin diistirahatkan sebentar.

Itulah penjelasan tentang hubungan demam dengan sakit kepala yang wajib Anda ketahui. Lakukan langkah perawatan yang tepat jika demam disertai sakit kepala terjadi pada Anda atau anak Anda. Terutama jika terjadi pada anak, anak akan sangat rewel dan tidak bersemangat. Oleh karena itu berikan makanan penurun panas anak selama suhu tubuh anak belum turun. Ketahui apa saja makanan yang dilarang saat anak demam agar anak cepat sembuh. Hal yang sama juga berlaku bagi orang dewasa. Jika panas badan ditangani dengan tepat maka tubuh akan terhindar dari penyakit lain yang lebih parah.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan