Sponsors Link

Manfaat Daun Sirih Untuk Demam dan Cara Menggunakannya

Sponsors Link

Masaah pada demam baik pada anak maupun pada dewasa memang sudah menjadi hal yang sangat wajar sekal. Karena demam pasti dialami oleh seseorang , demam merupakan respon fisiologis yang normal dari tubuh.Karena demam juga dapat diartikan sebagai alarm tubuh , dari adanya suatu patogen dari uar yang masuk ke dalam tubuh. Demam sendiripun dibedakan menjadi beberapa jenis.

ads

Berikut beberapa jenis demam antara lain demam dengan rash , demam tinggi hingga mimisan , demam lassa , demam karena sariawan dan jenis demam lainnya. Tentuny saat seseorang mengalami demam maka akan disertai dengan tanda dan gejala tertentu seperti mual, pusing sakit kepala, menggigil, tidak enak bada, wajah pucat, dan lain sebagainya.

Tentunya dalam kondisi tersebut diperlukan pengobatan untuk mengurangi gejala-gejala pada demam. Hal tersebut dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan cara medis dan non medis. Apabila menggunakan cara medis biasanya penanggulangan demam ini dengan pemanfaatan obatobatan dari dokter. Sedangkan dalam pengobatan non medis atau yang disebut dengan pengobatan tradisional lebih memanfaatkan bahan alami atau ramuan alami untuk mengatasi demam tersebut. Salah satu bahan alami yang dapat digunakan dalam mengatasi masalah demam yaitu daun sirih . Berikut mengenai penjelasan manfaat daun sirih untuk demam .

Manfaat Daun Sirih Untuk Demam

Daun sirih merupakan salah satu bahan alami yang sangat mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh . Daun sirih biasanya dimanfaatkan untuk kesehatan mata , kulit serta untuk kesehatan miss V pada wanita.

Ternyata daun sirih juga bermanfaat untuk tubuh saat mengalami demam. Karena kandungan didalam daun suruh mampu mengurangi  tanda dan gejala yang disebabkan oleh demam. Beberapa gejala yang dapat dikurangi s eperti keringat dingin , tubuh menggigil tanpa demam , kepala pusing badan lemas, diare demam pusing dan lain sebagainya. Berikut beberapa penjelasan mengenai manfaat daun  sirih untuk demam dan untuk kesehatan tubuh :

1. Untuk mengobati rasa sakit saat demam

Tanda dan gejala seseorang yang sedang demam pertama yaitu , sering kali seseorang mengalami rasa sakit di bagian tubuh tertentu. Daun sirih dipercaya mampu mengurangi rasa sakit saat demam .

  • Pengolahan : dalam mengolah daun sirih untuk rasa sakit ini mudah . Cukup rebus daun sirih ini dan dicampurkan dengan minyak kelapa. setelah tercampur maka dapat digunakan.
  • Pemanfaatan : daun sirih yang telah direbus dan dicampur dengan minyak kelapa selanjutnya dioleskan pada bagian yang terasa sakit. misalkan pada punggung yang terasa sakit cukup dioleskan sambil di pijat.

Hal tersebut dapat meringankan rasa sakitnya karena kandungan analgestik yang berkhasiat pereda rasa sakit. Ketahui juga manfaat manfaat pisang untuk demam .

2. Untuk Mengobatai rasa nyeri saat demam

Tidak hanya merasakan rasa sakit tapi daun sirih juga dapat mengobatai salah satu gejala demam yaitu meraakan rasa nyeri. Biasanya rasa nyeri ini terjadi pada punggung. Dalam emanfaatan dan pengolahannya sama dengan penanganan untuk menghilangi rasaa sakit.

Sponsors Link

  • Pengolahan : rebus daun sirih dan diberi sedikit minyak kelapa secukupnya (kurang lebih 1 sendok atau duasendok ). Setelah mendidih diangkat.
  • Pemanfaatan : Oleskan dan pijat pada bagian tubuh yang nyeri minimal selama 10 menit.

Kandungan analgestik di dalam daun sirih tersebut mampu menghilangkan rasa nyeri secara perlahan. Apabila digunakan secara baik dan benar. Selain itu teknik pemijatan juga akan memperlancar peredaran darah sehingga rasa nyeri berkurang. Daun sirih ini juga dapat dimanfaatkan sebagai ramuan tradisional untuk demam pada anak.

ads

3. Untuk melancarkan pencernaan saat demam

Saat demam sering sekali ditemui juga masalah pencernaan dan menyebabkan tubuh menjadi tidak enak badan dan rasa tidak nyaman pada perut. Daun sirih juga dapat digunakan untuk melancarnakan pencernaan .

  • Pengolahan : tidak ada pengolahan secara khusus, hal yang terpenting yaitu menyiapkan daun sirih yang bersi.
  • Pemanfaatan : ambil satu lembar daun sirih yang sudah bersih  setelah itu kunyah secara perlahan dan beri sedikit garam.

Daun sirih yang dikunyah secara langsung sudah merupakan tradisi nenek moyang dari masyarakan , karena memiliki banyak sekali manfaat di dalamnya. Manfaat daun singkon untuk demam juga perlu kita ketahui .

4. Untuk menurunkan suhu tinggi saat demam

Saat demam biasanya suhu tubuh menjadi tinnggi yaitu melebii suhu normal. Pada dasarnya suhu normal yaitu 36 derajat cellcius. Jika saat demam suhu bisa mencapai 37-40 derajat celcius. Untuk menurunkan suhu tubuh ini kita dapat memanfaatkan daun sirih. Daun sirih dipercaya untuk mengatasi demam pada orang dewasa hinga anak anak.

  • Pengolahan : siapkan daun sirih dan cuci hingga bersih. Mencuci daun sirih ini bertujuan agar tidak ada kuman yang tertinggal
  • Pemanfaatan : ambil daun sirih secukupnya , 1 lembar hingga 3 lembar yang telah dicuci. Selanjutnya langsung kunyah daun sirih tersebut. biasa dilakukan 2 kali dalam sehari maupun 1 kali dalam sehari.

Cara menurunkan demam dengan bawang merah merupakan alternatif lain apabila tidak ada persediaan daun sirih. Selain itu juga cara menurunkan demam dengan kompres dapat diaplikasikan dengan pengobatan dengan daun sirih ini.

5. Untuk melegakan masalah sesak nafas dan  pilek saat demam

Biasanya demam disebakan karena virus yang mengakibatkan pilek. Saat pilek juga pernadfasan menjadi tidak lancar. Maka dari itu kita dapat menggunakan daun sirih untuk meredakannya.

  • Pengolahan : rebus daun sirih dengan dicampur minyak kelapa secukupnya. Pastikan daun sirih yang diebus telah dibersihkan.
  • Pemanfaatan : menggunakannya sangat mudah cukup oleskan rebuasan daun sirih yang dicam[ur kelapa tadi di dada.

Obat tradisional penurun panas anak usia 2 tahun salah satunya yaitu dengan pemanfaatan daun sirih ini.

Sponsors Link

6. Mengobatai ruam atau gatal-gatal akibat demam

Daun sirih juga dipercaya untuk mengatasi gatal gatal dan munculnya ruam yang disebabkan oleh adanya demam maupun  yang dikarenakan penyebab lainnya. Tentunya rasa gatal dan muncul ruam ini akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada seseorang.

  • Pengolahan : Siapkan daun sirih yang telah dicuci secukupnya (10 lembar – 20 lembar ). Lalu rebus di panci , tunggu hinga mendidih)
  • Pemanfaatan : mandi dengan air rebusan daun sirih yang telah disiapkan. Usahakan dalam keadaan hangat (tidak panas dan tidak dingin). lalu bilas dengan air biasa atau air bersih.

Manfaat diatas meruakan beberapa manfaat daun sirih yang perlu kita ketahui. Pemanfaatan daun sirih juga sangat mudah sehingga sangat membantu seseorang dalam menanganai tanda dan gejala demam yang terjadi.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan