Sponsors Link

10 Cara Mengatasi Demam dan Pusing Pada Anak Terampuh

Sponsors Link

Dibandingkan dengan orang tua, anak anak memang lebih rentan terkena Demam. Meski demam bukan termasuk penyakit, namun kehadirannya tidak bisa disepelekan begitu saja. Demam merupakan pertanda bahwa di dalam tubuh anak terdapat virus atau bakteri yang masuk. Jika anak hanya terkena Demam Biasa, dalam waktu 1 atau 2 hari saja akan segera sembuh dan kesehatan anak akan pulih kembali.

ads

Demam biasanya datang bersama dengan gejala lain, seperti mual, muntah, atau sakit gigi. Hal ini normal karena ini artinya penyebab dari demam berasal dari organ lain yang terinfeksi virus atau bakteri. Salah satu Jenis Demam yang sering menyerang anak adalah Demam Disertai Sakit Kepala.

Meski hanya penyakit biasa, demam dan pusing pada anak harus segera diatasi agar anak dapat kembali beraktivitas secara normal. Inilah berbagai cara mengatasi demam dan pusing pada anak dengan efektif dan cepat:

1. Terapi Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih adalah minyak yang punya banyak khasiat bagi anak. Minyak ini memberikan rasa hangat dan menenangkan untuk anak, sehingga bisa meredakan gejala sakit ringan seperti pusing dan mual. Agar bisa mendapatkan manfaat Minyak Kayu Putih Untuk Demam yang sangat ampuh, gunakan minyak ini untuk memijat ringan kepala dan leher anak sambil menidurkan anak.

2. Kompres Air Hangat

Manfaat Kompres Demam memang sangat efektif untuk mengatasi demam dan pusing pada anak. Air hangat akan menyerap panas yang ada di tubuh anak dan saat kompres mulai dingin, suhu tubuh anak juga akan ikut turun. Cara Menurunkan Panas Dengan Kompres air hangat sangat sederhana. Gunakan waslap tipis yang bersih lalu celupkan ke air hangat dalam suhu yang diinginkan. Jangan terlalu panas agar anak tidak merasa kesakitan. Ganti kompres secara rutin jika sudah mulai dingin. Lakukan sampai suhu tubuh anak kembali normal.

3. Banyak Minum Air

Anak yang demam dan pusing sangat rentan terkena dehidrasi. Dehidrasi adalah kekurangan cairan dalam tubuh yang mengakibatkan anak menjadi lemas dan bertambah pusing. Melihat Hubungan Dehidrasi Dengan Demam yang sangat erat, beri anak banyak air putih untuk mencegah hal tersebut.

4. Pijat dengan Ramuan Herbal

Ada ramuan herbal tertentu yang berkhasiat untuk menurunkan panas demam anak yang disertai pusing. Ramuan jenis ini biasanya banyak dijual di toko obat tradisional. Jangan menganggap remeh manfaat yang bisa didapatkan dari ramuan herbal ini. Pijat anak dengan menggunakan ramuan herbal ini. Efek yang diberikan ramuan herbal tidak hanya mengatasi demam tetapi juga menenangkan anak.

5. Memberi Vitamin C

Saat anak demam, berikan vitamin C agar kondisinya cepat pulih. Manfaat Vitamin C Saat Demam adalah membantu menurunkan demam anak dengan memperkuat daya tahan tubuhnya. Vitamin C alami bisa didapatkan dari buah jeruk. Manfaat Buah Jeruk Untuk Demam adalah memberikan asupan vitamin C yang cukup.

Sponsors Link

6. Menidurkan Anak

Biarkan anak beristirahat dalam waktu yang lama saat sedang demam dan pusing. Ketika anak bisa tidur cukup dan beristirahat, maka demamnya akan turun dengan sendirinya. Cara Menurunkan Demam Anak Tanpa Obat yang satu ini memang sangat ampuh.

7. Memberi Obat

Cara mengatasi demam dan pusing anak dengan cepat dan efektif adalah dengan obat penurun panas. Tanyakan pada dokter apa Obat Penurun Panas Anak yang Bagus dan komposisinya tidak berbahaya untuk anak. Ada beberapa komposisi obat yang bisa menyebabkan alergi pada anak. Salah satu obat yang bagus untuk demam anak adalah Sanmol.

8. Memberi Pakaian Tipis

Untuk mengatasi Demam Disertai Sakit Kepala Pada Anak adalah dengan memastikan bahwa semua panas dapat keluar dari tubuh anak. Caranya adalah dengan memberikan anak pakaian yang tipis dan menyerap keringat. Dengan demikian sirkulasi udara dari dan keluar tubuh anak dapat berjalan dengan lancar sehingga demam segera keluar. Sebaliknya, pakaian atau selimut yang terlalu tebal justru membuat demam anak terjebak di dalam tubuh dan panas anak justru tidak bisa segera sembuh.

Sponsors Link

9. Hentikan Segala Aktivitas Anak

Biarkan anak beristirahat total dengan menghentikan segala aktivitasnya. Minta anak untuk tidur dan istirahat agar kondisinya dapat segera pulih. Demam Pada Anak Usia 10 Tahun biasanya disebabkan oleh aktivitas anak yang terlalu padat seperti sekolah, les, bermain, dan masih banyak lagi. Hentikan semua aktivitas anak selama beberapa hari agar demamnya segera turun.

10. Periksa ke Dokter

Apabila Demam Anak Lebih Dari 3 Hari tidak kunjung sembuh segera bawa anak ke dokter. Demam yang disebabkan oleh virus atau bakteri yang serius umumnya membutuhkan waktu 3 sampai 7 hari untuk masa inkubasi dalam tubuh. Demam biasa akan sembuh dalam 3 hari, tetapi jika lebih dari itu mungkin ada penyakit lain dalam tubuh anak.

Itulah macam macam cara mengatasi demam dan pusing pada anak. Orang tua harus pandai dalam menjaga kesehatan anak agar tidak sampai terkena demam. Penyebab demam biasanya adalah daya tahan tubuh anak yang lemah. Lemahnya daya tahan tubuh juga dipengaruhi oleh berbagai macam faktor yaitu cuaca yang tidak menentu, aktivitas anak yang terlalu padat, hingga kebersihan makanan yang tidak terjaga.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan