Sponsors Link

15 Cara Mengobati Demam Berdarah Tanpa Opname

Sponsors Link

Demam berdarah merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang dibawa oleh nyamuk jenis aedes aegypti. Virus dari nyamuk ini akan menyerang sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan berbagai gejala. Beberapa gejala yang paling mudah dikenali adalah demam dengan beberapa fase. Selain itu, biasanya juga akan muncul ruam pada kulit, tubuh menggigil, dan juga mual serta muntah.

ads

Demam berdarah yang menyerang memang harus segera ditangani, karena demam berdarah ini sangatlah berbahaya. Bahkan demam berdarah bisa menyebabkan berbagai macam komplikasi dan juga efek paling fatalnya adalah kematian. Oleh karena itu, demam berdarah harus segera diberikan pertolongan pertama. Selain mengobati sesuai arahan medis, berikut beberapa cara mengobati demam berdarah yang bisa dilakukan secara alami.

1. Menggunakan meniran

Meniran merupakan salah satu bahan yang dipergunakan secara herbal sebagai pengobatan demam berdarah. Hal ini disebabkan karena meniran mengandung senyawa flavonoid yang cukup intens untuk membantu meningkatkan jumlah trombosit pada darah. Seperti yang diketahui secara umum, virus demam berdarah akan menyerang trombosit dan menyebabkan penurunan jumlah trombosit. Meniran ini bisa membantu mencegah hal tersebut sehingga demam berdarah bisa berangsur-angsur pulih. Caranya adalah dengan mengonsumsi air rebusan meniran secara rutin.

Baca juga:

2. Menggunakan kunyit

Kunyit merupakan salah satu jenis akar rimpang yang sangat berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan dalam tubuh. Oleh sebab itu kunyut sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan jamu tradisional. Hal ini dikarenakan kunyit bisa membantu membunuh kuman dalam tubuh dan bersfat anti inflamasi. Kunyit bisa menjadi antioksidan alami untuk membunuh virus dalam tubuh. Hal inilah yang bisa didapatkan dari kunyit untuk membantu meredakan gejala demam berdarah sehingga pasien lebih cepat sembuh dari demam berdarah. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi air rebusan kunyit.

3. Menggunakan temu ireng

Temu ireng sering dimanfaatkan oleh orang untuk membantu mengobati organ hati yang terganggu. Hal inilah yang menjadikan temu ireng bisa dijadikan obat untuk membantu penyembuhan demam berdarah. Demam berdarah itu sendiri bisa menyerang organ hati, apalagi jika terjadi pendarahan internal yang masuk ke organ hati. Hal ini bisa membuat hati menjadi rusak dan mengalami komplikasi. Temu ireng bisa menjadi obat alami untuk mengatasi hal ini.

4. Menggunakan jambu biji

Sudah sejak lama jambu biji dijadikan sebagai bahan alami untuk membantu mempercepat kesembuhan dari demm berdarah. Hal ini dikarenakan jambu biji mengandung vitamin C yang sangat efektif untuk membantu memulihkan sistem imun tubuh. Selain itu jambu biji juga bisa membantu memulihkan jumlah trombosit dalam tubuh sehingga sistem pertahanan tubuh bisa perlahan-lahan bisa membaik. Jambu biji bisa dikonsumsi secara langsung. Jika penderita demam berdarah tidak memiliki nafsu makan, maka jadikan jambu biji sebagai jus agar lebih mudah dikonsumsi.

Sponsors Link

5. Menggunakan daun dewa

Selain beberapa bahan herbal yang sudah disebutkan di atas, daun dewa juga bisa digunakan untuk mengobati demam berdarah. Daun dewa bisa dikonsumsi dengan merebusnya, lalu mengonsumsi air rebusannya. Minum sebanyak 2 kali dalam sehari secara rutin hingga gejala dari demam berdarah bisa perlahan-lahan berkurang dan demam berdarah bisa sembuh.

6. Mengonsumsi air putih yang banyak

Salah satu gejala dari demam berdarah adalah menyebabkan tubuh menjadi dehidrasi. Maka dari itu, mengonsumsi air putih berlebih akan membantu menyegarkan tubuh dan memperlancar proses kesembuhan dari demam berdarah itu sendiri. Saat ada penderita demam berdarah, sebaiknya suruh mereka mengonsumsi air putih secara rutin.

Baca juga:

ads

7. Melakukan pengompresan

Mengompres penderita demam berdarah memang tidak akan menyembuhkan secara langsung. Namun mengompres penderita demam berdarah bisa meredakan gejala yang ada. Pengompresan ini tetap harus dilakukan bersama cara pengobatan lainnya agar bukan hanya demam yang turun, melainkan juga demam berdarah itu sendiri.

8. Menggunakan daun jambu biji

Selain buah jambu biji, cara mengobati demam berdarah yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan daun jambu biji. Hal ini dikarenakan daun jambu biji mengandung nutrisi tanin. Tanin ini sendiri bisa bertugas untuk meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh. Dengan demikian, sistem imun akan kembali dan bisa melawan virus yang menginfeksi. Cara untuk menggunakan daun jambu biji sebagai pengobatan adalah dengan mengonsumsi daun jambu biji kering (dimasukkan ke dalam kapsul). Atau bisa juga dengan merebusnya dan mengonsumsi air rebusannya.

9. Daun pepaya

Pohon pepaya mungkin sangat mudah untuk ditemui, walau di area perkotaan sekalipun. Daun pepaya ini ternyata berkhasiat juga untuk menyembuhkan demam berdarah. Hal ini dikarenakan ada kandungan papain dalam daun pepaya. Khasiat dari papain ini bisa membantu menyembuhkan beberapa macam penyakit juga seperti malaria. Daun pepaya ini bisa dikonsumsi secara langsung, atau dimasak untuk lalapan.

10. Mengonsumsi angkak

Angkak adalah beras yang diolah menjadi beras yang berwarna merah dengan sistem fermentasi. Angkak ini sendiri merupakan salah satu bahan alami yang sering juga digunakan untuk mengobati demam berdarah. Bahkan pada beberapa penelitian disebutkan bahwa angkak ini bisa meningkatkan jumlah trombosit dalam darag secara signifikan. Selain itu, karena diolah dengan sistem fermentasi, pasti ada kandungan bakteri baik dalam angkak yang bermanfaat positif pada tubuh. Hal inilah yang menyebabkan angkak sangat cocok untuk mengobati demam berdarah secara alami.

11. Menggunakan bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu bahan alami yang bisa membuat tubuh sehat. Pada penderita demam berdarah, bawang putih berkhasiat untuk meningkatkan trombosit pada tubuh. Selain itu, bawang putih ini memiliki sifat anti inflamasi sehingga bisa memperkecil risiko komplikasi dan peradangan dalam tubuh yang disebabkan infeksi virus demam berdarah. Cara terbaik adalah dengan mengonsumsi bawang putih secara langsung. Namun rasanya tidak cukup enak dan juga akan memberikan efek panas di tenggorokan.

Baca juga:

12. Mengonsumsi buah bit

Salah satu jenis buah yang memiliki manfaat banyak adalah buah bit. Buah ini mungkin memang belum populer di kalangan masyarakat Indonesia. Namun buah ini memiliki banyak manfaat, salah satunya ampuh untuk membantu mengobati demam berdarah. Buah bit ini memiliki warna merah. Fungsinya adalah untuk mengobati anemia dan juga menambah jumlah trombosit pada darah, sehingga demam berdarah bisa diatasi dengan baik. Konsumsi buah bit bisa dilakukan secara teratur untuk mengembalikan kekuatan sistem imun dalam melawan virus penyebab demam berdarah.

Sponsors Link

13. Mengonsumsi kurma

Buah yang satu ini juga terkenal akan berbagai manfaatnya untuk kesehatan. Kurma mengandung berbagai khasiat yang bisa membantu meningkatkan jumlah trombosit dalam darah. Kurma bisa dikonsumsi secara langsung. Rasa yang manis tentu akan membuat penderitanya lebih berselera untuk mengonsumsinya. Selain itu, kurma juga bisa dijadikan selai untuk memudahkan konsumsinya. Atau bisa juga dengan mengonsumsi sari kurma yang saat ini sudah banyak dijual di pasaran.

14. Mengonsumsi buah pepaya

Selain daunnya, mengonsumsi buah pepaya juga akan berkhasiat pada penderita demam berdarah. Pepaya yang dikonsumsi secara rutin akan bisa memulihkan trombosit dalam tubuh dan menyembuhkan demam berdarah. Selain itu pepaya juga tinggi akan vitamin C yang bisa membantu seseorang mengembalikan sistem imun tubuhnya yang sudah dikacaukan oleh virus demam berdarah yang masuk ke dalam tubuh.

15. Mengonsumsi buah delima

Selain buah bit dan pepaya, buah delima juga bisa dijadikan referensi buah yang bisa membantu mengobati pasien demam berdarah. Buah delima memiliki kandungan zat besi yang efektif untuk membantu meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh. Buah delima juga memiliki beberapa nutrisi yang baik untuk meningkatkan kesehatan. Dengan mengonsumsi buah delima, maka seseorang akan lebih mudah sembuh dari demam berdarah.

Baca juga:

Demikianlah 15 cara mengobati demam berdarah yang perlu diketahui dengan bahan-bahan alami. Pengobatan dengan bahan-bahan alami ini bisa dilakukan dengan rekomendasi dokter, karena tidak semua penderita demam berdarah memiliki gejala yang serupa. Maka dari itu, demam berdarah tetap harus diperiksakan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan