Sponsors Link

12 Jamu Untuk Demam Berdarah untuk Mempercepat Proses Penyembuhan

Sponsors Link

Demam berdarah adalah salah satu jenis penyakit berbahaya yang bisa menyerang siapa saja. Baik itu bayi maupun orang lanjut usia bisa terkena demam berdarah. Penyakit ini bahkan bisa menyebabkan kematian karena menurunkan jumlah trombosit dalam darah dengan sangat cepat. Kondisi penderita cepat lemas dan jika virus sudah menginfeksi dengan sangat parah dapat menyebabkan kematian.

ads

Pasien yang menderita demam berdarah harus memperhatikan asupan makanannya. Jenis makanan yang dimakan harus bisa membantu meningkatkan sistem imun pasien dan meningkatkan jumlah trombositnya.

Selain makanan yang termasuk diet untuk pasien demam berdarah, obat tradisional berupa jamu juga dapat diberikan untuk membantu penyembuhan demam berdarah. Jamu untuk demam berdarah dapat dibuat dari berbagai tumbuhan alami, kemudian diminum secara rutin sampai gejala demam berdarah mereda.

1. Jambu Biji

Manfaat jambu biji untuk demam berdarah sangat besar untuk membantu kesembuhan pasien. Di dalam jambu biji terdapat kandungan trombinol untuk merangsang pembentukan trombosit. Kadar air di dalam jambu biji juga dapat mencegah dehidrasi. Senyawa kimia alami bernama Quercetin di dalam jambu biji dapat menekan pertumbuhan virus demam berdarah pada pasien dengan sangat efektif.

2. Beras Angkak

Banyak penelitian telah membuktikan kelebihan angkak untuk demam berdarah. Beras merah yang berasal dari Tiongkok ini terbukti mampu meningkatkan jumlah trombosit dalam darah. Pasien demam berdarah sangat memerlukan trombosit pada darahnya agar kondisinya tidak semakin kritis dan memburuk.

3. Daun Pepaya

Manfaat daun pepaya untuk demam berdarah antara lain menstabilkan dinding sel keping darah agar tidak dapat dihancurkan oleh virus demam berdarah dengan mudah. Manfaat lain adalah membantu meningkatkan trombosit dalam darah. Sari daun pepaya dapat diminum setiap hari sampai gejala demam berdarah mulai mereda.

4. Air Kelapa Muda

Di kalangan masyarakat, cara menurunkan demam dengan air kelapa muda sudah sangat populer. Air kelapa muda dapat menjadi jamu untuk demam berdarah yang ampuh karena dapat mengeluarkan semua racun dan membunuh virus dari dalam tubuh. Konsumsi air kelapa muda harus dibatasi, yaitu minimal 2 kali sehari.

5. Daun Patikan Kebo

Nama daun patikan kebo sebagai obat herbal DBD mungkin belum banyak diketahui oleh orang. Mengolah daun patikan kebo sebagai jamu untuk demam berdarah adalah dengan cara merebus daun patikan kebo dengan air hingga mendidih, lalu diminum secara rutin sehari 2 kali saja. Daun patikan kebo dapat mengobati penyakit lain seperti flu, batuk, asma, dan disentri.

Sponsors Link

6. Daun Kemangi

Jika selama ini daun kemangi sering dijadikan sebagai lalapan atau penghilang bau badan dan bau mulut, ternyata daun ini memiliki fungsi lain, yaitu sebagai obat tradisional untuk demam berdarah. Daun kemangi dapat dijadikan sebagai jus untuk demam berdarah karena mampu meningkatkan daya tahan tubuh penderita demam berdarah agar penyakitnya dapat segera sembuh.

7. Alang Alang

Daun alang alang dapat dijadikan sebagai cara untuk mengobati demam berdarah tanpa opname jika dikonsumsi secara rutin dan teratur. Cara mengolah daun alang alang sebagai jamu adalah dengan merebusnya di dalam air hingga mendidih. Tunggu hingga dingin lalu saring air rebusan daun alang alang. Konsumsi setiap hari sampai demam berdarah sembuh.

ads

8. Daun Meniran

Daun meniran sudah banyak digunakan sebagai obat tradisional untuk berbagai macam penyakit. Mengonsumsi jamu daun meniran adalah cara meningkatkan trombosit penderita demam berdarah dengan cara yang alami. Rebus daun meniran dengan air hingga mendidih, saring airnya lalu berikan pada penderita demam berdarah secara teratur.

9. Daun Neem

Daun neem atau yang biasa disebut dengan daun nimba telah dikenal sebagai bahan herbal untuk mengobati demam berdarah. Manfaat daun nimba untuk demam berdarah adalah meningkatkan kondisi tubuh penderita dari lemas dan lesu, sehingga tubuh penderita dapat membangun kembali sistem imun yang lemah karena serangan virus demam berdarah.

10. Daun Fenugreek

Untuk masyarakat umum, nama daun fenugreek mungkin masih asing. Padahal dalam dunia kesehatan, daun fenugreek adalah obat herbal demam berdarah pada anak dan dewasa yang sangat manjur. Daun ini mampu meredakan gejala demam berdarah yang paling awal muncul, yaitu demam tinggi.

11. Buah Delima

Konsumsi buah delima sangat disarankan sebagai makanan pereda demam bagi siapa saja yang mengalami gejala awal demam berdarah, yaitu demam yang masih naik turun tidak menentu. Vitamin C dalam buah delima bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan dan kesehatan tubuh.

12. Daun Ketumbar

Satu lagi dedaunan yang dipercaya sebagai obat untuk demam berdarah. Cara meningkatkan imunitas untuk cegah demam dengue secara alami dapat dilakukan dengan meminum air seduhan daun ketumbar. Manfaat lain dari daun ketumbar adalah menurunkan demam dan mencegah terjadinya infeksi oleh virus.

Itulah berbagai jenis jamu untuk demam berdarah yang dapat dikonsumsi oleh anak anak dan orang dewasa. Waspadai cara penularan demam berdarah yaitu melalui nyamuk Aedes aegypti yang telah tertular virus terlebih dahulu. Gejala demam berdarah adalah demam yang naik turun tidak menentu selama lebih dari 4 hari. Saat demam sedang turun dan dianggap sembuh, justru itulah fase kritis yang paling berbahaya.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal