Sponsors Link

5 Cara Mengatasi Demam Pada Bayi Usia 5 Bulan Paling Efektif

Sponsors Link

Demam adalah gejala penyakit yang paling umum, yang bisa diderita siapa saja. Ya, demam adalah sebuah gejala penyakit, bukan penyakit itu sendiri. Seseorang yang sedang demam, berarti di dalam tubuhnya sedang ada virus atau bakteri yang masuk. Tubuh menaikkan suhu secara signifikan untuk mencegah kedua benda asing tersebut untuk masuk lebih jauh dan menyebabkan berbagai macam penyakit di dalam tubuh.

ads

Seperti yang sudah dikatakan di atas, siapa saja bisa terkena demam, termasuk bayi usia 5 bulan. Bayi memang sangat rentan terkena demam karena daya tahan tubuhnya belum terbentuk dengan sempurna, sehingga mudah untuk dimasuki virus dan juga bakteri. Ada banyak Jenis Demam yang bisa menyerang bayi, mulai dari Demam Biasa yang bisa sembuh hanya dalam waktu singkat, hingga demam yang siklusnya naik turun yang lebih berbahaya.

Demam Pada Bayi memang sangat mengkhawatirkan bagi orang tua. Bagaimana tidak, usia bayi yang masih kecil pasti menyebabkan orang tua cepat panik karena takut demam yang terjadi pada bayi ternyata bukan penyakit biasa yang bisa disepelekan. Oleh sebab itu, untuk mengetahui bagaimana cara Mengatasi Demam Pada Bayi secara tepat dan efektif, kenali dulu apa saja Macam Macam Demam Pada Bayi yang bisa menyerang dan apa penyebabnya.

Demam yang dialami oleh bayi usia 5 bulan harus segera diatasi dengan cepat. Inilah cara mengatasi demam pada bayi usia 5 bulan yang bisa dilakukan oleh orang tua:

1. Memberi Bayi Tidur yang Cukup

Bayi yang masih berusia 5 bulan tentu tidak bisa diberi obat sembarangan. Itulah mengapa orang tua sering bingung memikirkan bagaimana cara mengatasi demam pada bayi usia 5 bulan yang tepat. Cara Menurunkan Panas Pada Bayi usia 5 bulan bisa dilakukan dengan memberi bayi waktu tidur yang cukup. Bayi biasanya menghabiskan waktu lebih dari 10 jam untuk tidur. Saat bayi tidur, sel sel di dalam tubuh bayi akan tumbuh dan bisa melawan bakteri atau virus yang masuk. Meskipun demikian, jangan biarkan Bayi Demam Tidur Terus. Bangunkan bayi setiap beberapa jam sekali untuk memberinya ASI.

2. Memperhatikan Asupan ASI

Karena belum bisa diberi makanan pendamping lain, maka ASI adalah satu satunya makanan yang boleh dikonsumsi bayi. ASI sendiri sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi selama demam, juga menghindarkan bayi dari resiko dehidrasi. Orang tua perlu mengetahui Hubungan Dehidrasi dengan Demam, yaitu mengapa bayi yang demam bisa mengalami dehidrasi. Saat demam, suhu tubuh bayi sangat tinggi sehingga membuat semua cairan yang ada di dalam tubuh bayi menguap. Kenali Tanda Bayi Dehidrasi Karena Demam seperti kulit menjadi kering dan merah.

3. Memperhatikan Sirkulasi Udara di Ruangan Bayi

Menidurkan bayi dan memberi bayi ASI yang lebih saja belum cukup untuk mengatasi panas pada bayi usia 5 bulan secara efektif. Perhatikan juga sirkulasi udara di kamar dimana bayi tidur. Inilah cara Mengatasi Demam Pada Bayi yang jarang diketahui oleh orang tua. Pastikan suhu ruangan di mana bayi tidur stabil, tidak terlalu dingin tetapi juga tidak terlalu panas. Lakukan Cara Menurunkan Panas Pada Bayi yang satu ini agar panas bayi bisa turun dan sembuh lebih cepat.

Sponsors Link

4. Memberi Kompres Pada Bayi

Cara sederhana lainnya yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk mengatasi panas pada bayi usia 7 bulan adalah dengan memberikan kompres pada bayi. Cara Menurunkan Panas Dengan Kompres demam bisa diterapkan ke siapa saja, mulai dari bayi  hingga orang tua. Hal ini karena Manfaat Kompres Demam sangatlah besar, yaitu mampu menyerap panas yang ada di dalam tubuh bayi sehingga bayi bisa sembuh dengan lebih cepat. Berikan kompres dengan air hangat, karena air hangat lebih efektif menyerap panas dibandingkan dengan air dingin. Atau jika orang tua ingin praktis, beri saja plester penurun demam instan yang banyak dijual di apotek dan mini market.

5. Periksa ke Dokter

Setelah semua cara dilakukan namun demam yang dialami bayi tidak kungjung turun, maka segera bawa bayi periksa ke dokter. Dokter akan memberikan obat dan tips Perawatan Demam Pada Bayi yang efektif dan tepat.

Sponsors Link

Itulah berbagai macam cara mengatasi demam pada bayi usia 5 bulan yang bisa dilakukan oleh orang tua. Satu hal yang harus dipahami oleh orang tua adalah, jangan panik saat bayi menunjukkan gejala demam. Kepanikan pada orang tua justru akan membuat penyakit bayi sulit ditangani sehingga bayi tidak kunjung sembuh. Tenangkan pikiran dan selalu berpikir positif. Lakukan segala cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan demam pada bayi, namun jika bayi tetap saja tidak ada perubahan, segera bawa bayi untuk periksa ke dokter.

Dokter anak akan lebih tahu penyakit apa yang diderita oleh bayi, apa penyebabnya, dan bagaimana cara yang tepat untuk menangani penyakit tersebut. Jaga kesehatan bayi dengan baik agar dijauhkan dari berbagai macam penyakit. Pastikan kebutuhan gizi bayi terpenuhi dan berikan vitamin tambahan serta rajin imunisasi untuk meningkatkan daya tahan tubuh bayi dalam melawan berbagai macam penyakit.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan