Sponsors Link

7 Cara Mengatasi Demam Pada Bayi Usia 2 Bulan yang Benar

Sponsors Link

Banyak yang mengira bahwa demam adalah sebuah penyakit. Padahal Demam adalah gejala yang ditunjukkan oleh tubuh karena ada virus atau bakteri yang ada di dalamnya. Untuk mencegah virus dan bakteri semakin berkembang biak, tubuh menaikkan suhunya. Gejala ini bisa dialami oleh siapa saja, tidak terkecuali pada bayi usia 2 bulan. Anda pasti sering mendengar kasus bayi yang baru lahir menderita demam.

ads

Jenis Demam memang ada banyak macamnya. Ada Demam Biasa yang biasanya hanya efek samping setelah imunisasi, dan segera sembuh setelah obat dapat diserap dengan baik oleh tubuh bayi. Demikian pula dengan Demam Pada Bayi. Kenali apa saja Macam Macam Demam Pada Bayi agar Anda tahu bagaimana cara yang paling tepat untuk mengatasinya. Cara Mengatasi Demam Pada Bayi usia 2 bulan tidak boleh dilakukan sembarangan. Karena selain bayi baru saja lahir, organ di dalam tubuh bayi juga belum terbentuk dengan sempurna sehingga jika salah sedikit saja maka akibatnya bisa sangat fatal.

Ketahui bagaimana cara mengatasi demam pada bayi usia 2 bulan yang tepat seperti di bawah ini:

1. Memberi ASI Lebih Banyak Pada Bayi

Tidak ada makanan apapun yang boleh masuk ke dalam tubuh bayi usia 2 bulan selain ASI. ASI memiliki kandungan zat kolostrum yang sangat baik untuk menyempurnakan pembentukan organ tubuh bayi, serta memperkuat sistem imun pada bayi agar mampu bertahan dari serangan virus dan bakteri dari luar.

Selain itu, bayi yang menderita demam bisa mengalami dehidrasi dengan mudah. Cairan yang ada di dalam tubuh bayi mudah menguap oleh suhu tubuh yang tinggi. Salah satu Tanda Bayi Dehidrasi Karena Demam adalah suhu tubuh yang kian meningkat, kulit kering, serta tubuh bayi menjadi merah. Jangan biarkan bayi mengalami dehidrasi dengan cara memberikan ASI lebih sering pada bayi.

2. Memberikan Bayi Banyak Waktu Untuk Istirahat

Cara cepat untuk mengatasi demam yang dialami bayi 2 bulan adalah memastikan bayi tidur cukup. Bayi yang baru lahir memang menghabiskan hampir seluruh waktunya untuk tidur. Tidur baik untuk memulihkan kondisi tubuh bayi yang lemah akibat demam. Cara Menurunkan Panas Pada Bayi 2 bulan yang satu ini memang efektif, namun pastikan bayi tetap menerima asupan gizi berupa ASI dalam jumlah yang cukup. Jangan biarkan bayi terlalu banyak tidur, karena Bayi Demam Tidur Terus juga tidak baik dan justru bisa berbahaya untuk bayi itu sendiri.

3. Menempatkan Bayi di Ruangan yang Sejuk

Selain memberikan waktu yang cukup bagi bayi untuk tidur, tempatkan bayi di ruangan sejuk dengan suhu yang stabil dan sirkulasi udara lancar. Ini juga menjadi Cara Mengatasi Panas Dalam Pada Bayi 10 Bulan yang efektif. Dengan demikian suhu tubuh bayi akan kembali normal dan demam cepat hilang. Jika bayi hanya mengalami Efek Samping Imunisasi Demam saja, maka gejala penyakit akan hilang tidak sampai sehari.

4. Memeriksa Demam Bayi Secara Rutin

Pastikan suhu tubuh bayi tetap terkontrol saat demam. Setiap satu jam, gunakan termometer untuk mengecek apakah demam bayi semakin naik atau justru turun. Waspadai demam yang tidak stabil pada bayi dengan hadirnya gejala lain seperti Demam Bayi Naik Turun Disertai Batuk Pilek. Apabila demam bayi menunjukkan siklus yang tidak wajar, segera bawa bayi untuk periksa ke dokter. 

Sponsors Link

5. Memberikan Kompres untuk Bayi

Cara mengatasi demam pada bayi usia 2 bulan yang paling efektif adalah dengan mengompres bayi yang sedang demam. Jangan menyepelekan Manfaat Kompres Demam yang sangat sederhana itu. Kompres demam akan membantu menyerap panas yang ada di dalam tubuh bayi, sehingga suhu tubuh bayi dapat kembali normal dengan cepat dalam waktu singkat. Cara Menurunkan Panas dengan Kompres bisa dengan memberikan kompres air hangat atau memberikan plester kompres untuk bayi.

6. Mendekap Bayi

Tahukah Anda Cara Menurunkan Demam Bayi 5 Bulan yang sangat sederhana dan bisa dilakukan pada bayi usia 1 bulan? Yaitu dengan memberikan dekapan hangat pada bayi yang sedang demam. Dekap bayi agar merasakan kehangatan dan kasih sayang seorang ibu, cara ini memiliki efek luar biasa dalam menurunkan dan mengatasi demam bayi secara efektif.

Sponsors Link

7. Membawa Bayi Periksa ke Dokter

Jika segala cara telah dilakukan namun tidak kunjung terlihat tanda kesembuhan pada bayi, segera bawa bayi periksa ke dokter. Dokter akan lebih tahu cara yang tepat untuk mengatasi panas pada bayi, juga apakah bayi menderita penyakit lain yang lebih serius atau tidak.

Itulah berbagai macam cara mengatasi demam pada bayi usia 2 bulan yang efektif dan tepat. Berikan bayi asupan ASI dalam jumlah yang cukup, karena kandungan yang ada di dalam ASI akan membantu pembentukan daya tahan tubuh yang lebih kuat, serta menguatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terkena serangan virus dan bakteri dari luar. Jika bayi sudah terlanjur menderita demam, maka tidak ada pilihan lain bagi orang tua selain memberikan Perawatan Demam Pada Bayi yang paling tepat dan efektif. Tetap lakukan cara yang terbaik agar demam yang diderita bayi bisa segera sembuh.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan