Sponsors Link

Cara Menurunkan Panas Badan dan Pusing Secara Alami Super Ampuh

Sponsors Link

Panas badan atau demam biasanya juga disertai dengan pusing atau sakit kepala. Hal ini memang sering terjadi, karena demam berpengaruh juga dengan kelancaran metabolisme dalam tubuh. Jika demam terjadi, sakit kepala bisa ikut terjadi. Demam itu sendiri terjadi jika suhu tubuh manusia berada di atas suhu 37,3 derajad Celcius. Penyebab dari demam yang diikuti dengan sakit kepala di antaranya infeksi bakteri dan virus.

ads

Pada dasarnya, jika gejalanya tidak parah, maka demam dan sakit kepala ini bisa hilang dengan sendirinya seiring dengan sistem imun tubuh yang bekerja pada tubuh untuk memberantas penyebab demam. Karena demam dan sakit kepala ini sebenarnya hanya sebuah efek dari sistem imun tubuh yang sedang berperang melawan infeksi dan bakteri di dalam tubuh. Demam dan sakit kepala bahkan bisa hilang sendiri tanpa diobati setelah beberapa hari ke depan.

Namun tentu saja demam dan pusing tidak membuat tubuh merasa nyaman. Bahkan demam dan pusing ini menghambat pekerjaan sehari-hari. Oleh karena itu beberapa cara menurunkan panas badan dan pusing berikut ini bisa dipraktekkan untuk membuat kondisi menjadi lebih nyaman dan membantu sistem imun tubuh untuk bisa bekerja dengan lebih maksimal dalam memerangi bakteri dan infeksi yang terjadi dalam tubuh.

Baca juga:

1. Istirahat yang cukup

Jika demam mulai terjadi dan disertai dengan pusing, maka salah satu cara yang harus dilakukan adalah melakukan istirahat yang cukup. Hentikan semua pekerjaan yang harus dikerjakan untuk sementara waktu. Mintalah izin untuk tidak masuk sekolah atau kantor selama beberapa hari untuk memulihkan keadaan. Karena pada dasarnya, istirahat yang cukup bisa membantu mengembalikan stamina dan memperkuat sistem imun tubuh dalam menghadapi infeksi di dalam tubuh. Sebaliknya, jika tubuh tetap dipaksa bekerja, demam dan pusing tidak akan mudah sembuh, karena tenaga tubuh tidak bisa dialihkan pada sistem imun untuk melawan infeksi yang ada.

2. Konsumsi banyak air hangat

Air tentu dibutuhkan oleh metabolisme tubuh untuk memperlancar kinerja sistem imun. Selain itu, demam yang disertai sakit kepala biasanya juga terjadi jika tubuh mengalami dehidrasi, sehingga oksigen dalam tubuh tidak bisa mengalir dengan lancar hingga ke kepala. Inilah yang harus dicegah. Caranya adalah dengan mengonsumsi air hangat yang banyak. Air hangat akan bisa menyesuaikan dengan suhu tubuh, sehingga tubuh tidak kaget. Selain itu air hangat akan bisa dicerna tubuh dengan cepat sehingga bisa membantu menggantikan cairan tubuh yang menguap karena suhu panas yang ada.

3. Hindari kafein untuk sementara waktu

Kafein yang terkandung dalam beberapa jenis minuman dan makanan seperti kopi, teh, dan cokelat sebaiknya dihindari terlebih dahulu selama demam dan sakit kepala masih menyerang. Hal ini dikarenakan kafein bisa berdampak buruk dari kondisi demam dan juga sakit kepala ini. Sebaiknya hindari juga konsumsi minuman soda dan minuman berenergi karena kedua jenis minuman ini juga mengandung sejumlah kafein. Lebih baik konsumsi saja air putih yang hangat.

Baca juga:

Sponsors Link

4. Konsumsi sup kaldu hangat

Ketika sedang panas badan dan pusing, salah satu makanan yang direkomendasikan adalah sup kaldu hangat. Gunakan ayam dan beberapa jenis sayuran untuk membuat sup kaldu. Dan konsumsilah selagi hangat. Hal ini akan membantu meredakan gejala dari panas demam dan juga sakit kepala karena kandungan gizi dan nutrisinya yang sehat dan mudah dicerna oleh tubuh.

5. Hindari konsumsi makanan berat dan berlemak

Saat tubuh terserang demam dan pusing, ada baiknya jika makanan berlemak dan makanan berat dihindari terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan tubuh dan sistem pencernaan harus mengeluarkan tenaga untuk mencerna makanan tersebut. Padahal lebih baik jika tenaga tersebut dialihkan untuk sistem imun agar sistem imun bekerja lebih maksimal. Maka dari itu hindarilah makanan seperti gorengan, makanan cepat saji, makanan kemasan, dan makanan instan. Dan sementara waktu, beralihlah pada makanan yang dimasak dengan direbus atau dikukus. Juga perbanyaklah konsumsi buah untuk menambah nutrisi.

ads

6. Berkumur dengan air garam yang hangat

Beberapa demam dan sakit kepala ternyata disebabkan oleh aktifitas bakeri yang ada di rongga mulut dan tenggorokan. Salah satu gejalanya adalah muncul rasa sakit jika digunakan untuk menelan. Jika terjadi gejala seperti demikian, maka salah satu solusi yang direkomendasikan adalah berkumur dengan larutan garam yang hangat. Cara ini akan membantu membunuh bakteri penyebab demam di daerah rongga mulut dan tenggorokan. Sebaiknya berkumurlah di bagian pangkal tenggorokan untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif.

7. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel merupakan salah satu jenis produk yang dibuat langsung dari apel. Cuka sari apel mengandung nutrisi layaknya apel, namun lebih mudah dikonsumsi karena sudah berbentuk seperti cairan. Cuka sari apel tentunya memiliki khasiat yang sama dengan apel, atau bahkan lebih hebat. Hal ini dikarenakan dengan mengonsumsi apel saja, tentu dibutuhkan cukup waktu untuk mencernanya. Berbeda dengan cuka sari apel yang hanya butuh dikonsumsi secara langsung. Cuka sari apel bisa membantu menurunakn demam dan juga sakit kepala dengan mengonsumsinya sesuai dosis.

Selain itu, cuka sari apel bisa dijadikan alternatif kompres di aera dahi supaya pusing dan demam bisa lebih cepat sembuh. Caranya adalah dengan mencampur cuka sari apel dengan air hangat dan menggunakannya untuk kompres dengan handuk atau kain kompres.

Baca juga:

8. Bawang putih

Cara menurunkan panas badan dan pusing berikutnya adalah dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih ini sendiri adalah salah satu bumbu dapur yang memiliki banyak khasiat. Bawang putih mengandung senyawa yang bersifat anti inflamasi dan bisa membantu mengusir jamur serta bakteri yang menyebabkan infeksi demam dan sakit kepala. Selain itu bawang putih juga mudah ditemukan sehingga efektif untuk pertolongan pertama demam dan pusing.

Caranya juga cukup mudah, yaitu dengan mengonsumsi langsung bawang putih. Jika tidak suka rasa dan aromanya yang cukup menyengat, maka bawang putih bisa dihancurkan dan dilarutkan ke dalam air hangat. Aduk dan biarkan sari bawang putih menyerap ke dalam air hangat tersebut selama kurang lebih 10 menit. Kemudian saring airnya dan segera minum. Efek dari pengobatan dengan bawang putih ini akan cepat membuat demam dan sakit kepala membaik.

9. Jahe

sama seperti bawang putih, jahe juga sudah lama dikenal sebagai salah satu jenis makanan yang bisa membantu meredakan beberapa gejala dari penyakit karena mengandung sifat anti inflamasi yang kuat. Termasuk gejala dari demam dan sakit kepala ini. Jahe juga bisa membuat suasana tubuh menjadi lebih rileks karena sifat hangatnya. Jahe juga berpeluang besar dalam mempercepat keluarnya keringat sehingga tentu saja demam akan lebih cepat turun.

Cara yang bisa dilakukan dengan jahe untuk menurunkan panas badan dan pusing adalah dengan menumbuk jahe lalu melarutkannya pada air panas. Jika berkenan, tambahkan madu untuk menambah khasiat. Minum ramuan itu selama 3 kali sehari untuk hasil maksimal. Demam dan sakit kepala pun akan lebih cepat membaik.

10. Kunyit

Selain jahe, akar rimpang kunyit ini juga memiliki khasiat serupa. Kunyit yang berwarna kuning ini memiliki sifat anti bakeri dan anti inflamasi yang bisa membantu menurunkan panas badan yang disebabkan oleh bakteri dan peradangan. Selain itu kunyit juga mengandung zat antioksidan yang efektif untuk menghilangkan radikal bebas sehingga demam dan pusing bisa segera diatasi.

Caranya adalah dengan mencampurkan kunyit bubuk atau kunyit yang sudah ditumbuk pada segelas air hangat. Aduk hingga rata dan tambahkan madu untuk hasil maksimal. Atau bisa juga mencampurkannya ke dalam susu hangat. Minum selama 2 kali dalam sehari. Demam dan sakit kepala akan lebih cepat hilang.

Sponsors Link

Baca juga:

Selain itu, beberapa tips berikut ini harus dilakukan jika ingin demam dan sakit kepala bisa segera sembuh:

  1. Hentikan merokok
  2. Hindari asap rokok
  3. Hentikan minum minuman beralkohol
  4. Buatlah ruang tidur menjadi nyaman dengan sirkulasi udara dan cahaya yang baik
  5. Jangan gunakan selimut tebal dan pakaian tebal

Demikianlan cara menurunkan panas badan dan pusing yang bisa dilakukan. Jika demam dan sakit kepala tidak kunjung sembuh dan justru muncul gejala penyakit lain yang semakin parah, segera berobatlah ke dokter untuk mengetahui penyebab dan pengobatan yang tepat. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan