Sponsors Link

20 Cara Mengatasi Demam Pada Anak 2 Tahun dengan Tepat

Sponsors Link

Demam merupakan sebuah kondisi yang biasanya akan ditandai dengan kenaikan suhu tubuh berbeda dari suhu normal tubuh biasanya. Peningkatan suhu ini biasanya dipengaruhi beberapa hal. Salah satunya yang paling sering terjadi adalah karena adanya peningkatan molekul-molekul kecil yang terdapat didalam tubuh. Molekul yang dinamakan  pirogen ini diyakini sebagai salah satu pemicu suhu tubuh yang terus meningkat.

ads

Penyebab Demam Pada Anak 2 Tahun

Demam pada anak biasanya merupakan reaksi yang sangat baik saat terkena infeksi. Karena proses ini menandakan bahwa sistem imun tubuh pada anak sedang bekerja dengan baik. Yang membuatnya mengirimkan sinyal panas dari otak. Selain itu, demam juga biasanya menandakan bahwa tubuh diserang bakteri, virus atau sumber penyakit infeksi yang masuk kedalam tubuh. Tapi para orang tua biasanya khawatir saat anak mengalami demam karena bisa mejadi pertanda jika anak sedang sakit. Biasanya panas terasa pada saat malam hari atau ketika anak baru bangun tidur.

cara mengatasi demam pada anak 2 tahun

1. Buat Suasana Kamar Anak Nyaman dan Dingin

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah membuat suasana kamar anak yang nyaman. Kalian perlu memperhatikan suhu didalam kamar agar tidak terlalu dingin atau terlalu panas. Ini karena suhu tubuh anak yang demam memerlukan suhu yang sangat nyaman. Sehingga saat suhu udara didalam kamar terlalu panas ini justru akan menyebabkan demam tidak akan turun.

2. Berikan Pakaian Tipis dan Nyaman

Banyak orang tua yang seringkali memberikan anak yang demam dengan pakaian hangat demi alasan kenyamanan. Padahal cara ini merupakan cara yang salah, karena seharusnya kalian memberikan pakaian tipis, lembut, serta tidak terlalu tebal yang sangat nyaman buat anak. Tidak ada salahnya kalian memberikan celana pendek bahkan hanya memberikan popok saja. Karena pakaian berperan penting dalam membantu menurunkan demam karena pakaian yang benar akan mengeluarkan suhu panas dari tubuh.

Baca juga:

3. Jangan Menutupi Tubuh Anak dengan Selimut

Biasanya pada saat anak demam, akan merasa kedingin. Jika sudah begini, jangan  pernah memberikannya selimut yang tebal. Karena justru akan menyebabkan suhu panas akan bertahan didalam tubuh. Sehingga aktivitas melawan sumber infeksi akan berjalan tidak baik. Jadi, pakailah kain yang tipis sebagai selimut untuk menutup tubuh anak.

4. Atur Sirkulasi Udara dalam Kamar Anak

Ketika anak kalian demam, jangan lupa mengatur suhu udara didalam kamar anak. Jika kalian tidak mempunyai AC kalian bisa memanfaatkan jendela pada kamar anak. Bukalah jendela kamar anak kalian siang hari, ini bertujuan agar udara segar dapat masuk kedalam kamar. Tapi jangan lupa untuk menjaga agar udara luar agar tidak terlalu banyak yang masuk.

Baca juga:

5. Berikan Minuman

Demam bisa mengakibatkan anak kalian mengalami dehidrasi. Buat mengatasi resiko ini, jangan lupa untuk memberikan banyak cairan pada anak. Kalian bisa memberikan air putih, susu formula bahkan ASI pada anak yang demam. Cairan ini selain akan membantu melawan infeksi serta menyerang bakteri juga akan membantu mengatasi penyebab infeksi lainnya.

6. Biarkan Anak Keluar Kamar

Jika anak kalian mengalami demam maka kalian tidak harus membuatnya diam di dalam kamar. Kalian bisa sesekali mengajak anak menghirup udara segar di halaman luar. Jika tidak kalian juga bisa mengajak anak kalian duduk di ruang tamu.

Sponsors Link

7. Buat Anak Berendam dalam Air

Selain mengonsumsi berbagai obat herbal untuk menurunkan demam, kalian juga bisa mencoba menurunkan demam dengan berendam di air hangat. Kalian hanya perlu mengisi bak mandi dengan air hangat serta berendam di dalamnya selama beberapa menit. Selain menurunkan demam secara perlahan serta membantu menyegarkan tubuh kalian.

Baca juga:

8. Kompres atau Semprot dengan Air

Kalian juga bisa menurunkan demam dengan menyemprotkan tubuh anak kalian dengan botol spray kecil maupun dikompres. Karena air yang bercampur dengan keringat dapat membantu menurunkan demam. Kalian hanya perlu mengisi botol spray dengan air dingin. Atau kalian bisa mencelupkan sebentar spons kedalam air dingin kemudian letakanlah pada dahi atau kaki. Ulangi langkah ini sampai suhu tubuh kalian mulai turun.

ads

9. Banyak Istirahat atau Tidur

Jika anak demam jangan pernah mengijinkannya melakukan berbagai aktivitas yang melelahkan. Hal pertama yang perlu dilakukan yaitu dengan membuat anak kalian banyak istirahat. Karena saat tidur suhu tubuh akan mengalami penurunan daripada yang tidak sedang tidur. Istirahat serta tidur dapat membantu tubuh menjadi pulih, selain itu jangan lupa membangunkan anak untuk diberikan cairan agar tidak dehidrasi.

10. Mandikan Anak

Selain mengonsumsi berbagai obat herbal untuk menurunkan demam, kalian juga bisa mencoba menurunkan demam dengan mandikan anak dengan air hangat. Kalian hanya perlu mengisi bak mandi dengan air hangat serta memandikan anak kalian. Selain menurunkan demam secara perlahan serta membantu menyegarkan tubuh kalian.

11. Jangan Ijinkan Aktifitas Fisik untuk Anak

Ketika anak kalian mengalami demam, kalian sebagai orang tua jangan mengijinkan anak untuk melakukan aktivitas fisik maupun kegiatan yang berat. Ini karena berbagai aktifitas fisik tentunya membutuhkan banyak energi. Selain itu aktivitas fisik bisa membuat demam tidak kunjung turun karena aktivitas infeksi menjadi lebih besar.

12. Berikan Sup Ayam

Jika anak demam kalian sudah dapat mengkonsumsi makanan atau sudah berumur lebih dari 2 tahun. Kalian bisa memberikannya sup kaldu ayam, disarankan untuk memasaknya sendiri. Makanan ini ternyata sangat baik buat menurunkan demam. Kalian juga bisa membuat sup menggunakan ayam kampung maupun ayam organik. Semakin banyak tulang rawan  didalam sup ternyata berkhasiat menurunkan panas lebih cepat.

Baca juga:

13. Berikan ASI

Untuk bayi kalian yang berusia dibawah 2 tahun serta masih menerima ASI ekslusif. Dengan memberikannya ASI secara teratur ternyata akan membantu meningkatkan sistem imun pada tubuh bayi. kKalian bisa memberikan ASI  setiap 10 menit selama kurang lebih 2 sampai 3 menit. Cara ini dapat menurunkan demam serta menjaga tubuh bayi kalian tetap sehat.

14. Gunakan Bawang Merah dan Minyak Kelapa

Bawang merah juga terbukti ampuh melnurunkan demam karena mengandung nutrisi yang cukup kompleks, seperti vitamin C. Untuk membuat ramuan ini pertama 1 siung bawang merah yang sudah dicuci. Kemudian haluskan dalam blender  lalu balurkan di dahi atau pada telapak kaki. Biasanya demam akan turun seketika itu juga.

15. Berikan Minuman Probiotik

Minuman probiotik juga dapat membantu menurunkan demam karena memiliki bakteri baik. Tidak hanya itu saja minuman probiotik juga bisa membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Cara ini sangat baik karena bisa membantu menyehatkan pencernaan, tapi jangan diberikan jika anak kalian terkena diare

Baca juga:

16. Mengunyah Es Batu 

Jika anak kalian mengalami demam berusia 2 tahunan, maka kalian bisa memberikannya es batu kecil buat dikunyah pelan. Dengan mengunyah es batu ini akan membantu anak kalian mendinginkan tubuh serta menyerap panas. Es batu dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan cairan, sehingga sistem imun akan meningkat.

Sponsors Link

17. Kompres Ketiak dengan Alkohol

Kalian juga bisa menurunkan demam anak dengan menggunakan alkohol buat mengompres ketiak anak. Ketika anak kalian diberikan baju tipis kalian bisa sematkan kapas yang sebelumnya sudah dicelupkan alkohol. Alkohol sendiri bisa membantu menyerap panas yang keluar dari ketiak.

Baca juga:

18. Berikan Obat untuk Menurunkan Panas

Jika kalian merasa obat alami yang kalian minum maupun kalian lakukan tidak membuat suhu tubuh kalian menurun. Kalian juga bisa mencoba menggunakan obat penurun panas, tapi akan lebih baik jika kalian berkunjung atau berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

19. Air putih

Salah satu obat demam buat anak 2 tahun adalah dengan memperbanyak mengonsumsi air putih. Jangan lupa untuk minum air putih hangat, karena minuman ini bisa membantu mengeluarkan keringat yang akan membuat panas tubuh akan menurun.

20. Tingkatkan asupan nutrisi

Apabila suhu tubuh kalian tidak terlalu tinggi, sangat disarankan untuk tidak segera mengonsumsi obat. Sangat dianjurkan untuk memperbanyak mengonsumsi makanan bergizi, misalkan sup ayam, susu hangat, putih telur serta berbagai makanan bernutrisi lainnya. Karena dengan memgomsumsi makanan bernutrisis akan membantu meningkatkan imunitas tubuh yang akan melawan demam.

Baca Juga :

Sponsors Link
, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan