Sponsors Link

20 Cara Mengatasi Demam Pada Ibu Menyusui yang Aman

Sponsors Link

Memilih obat demam yang tepat buat ibu menyusui tentu tidak boleh asal pilih, apalagi jika tanpa resep dokter. Hal ini karena kondisi ibu yang sedang menyusui, sehingga makanan yang dikonsumsi ibu tentunya bisa berpengaruh kepada air susunya (ASI). Sehingga jika ibu mengosumsi obat, kandungan senyawa pada obat bisa terbawa darah dan masuk ke dalam ASI. Tentu hal ini bisa berbahaya bagi kesehatan buah hatinya.  Jadi apa yang harus dilakukan oleh seorang ibu menyusui jika terserang demam? Apakah harus dibiarkan hingga demam turun dengan sendirinya?

ads

Tentu saja tidak, demam pada ibu menyusui harus segera ditangani agar ibu bisa tetap memberikan ASI buat buah hatinya. Tapi tentunya harus memilih obat yang sesuai dan tidak berbahaya bagi bua hatinya, berikut cara mengatasi demam pada ibu menyusui.

Baca juga:

Obat Alami Untuk Mengatasi Demam Pada Ibu Menyusui

Tentu pengobatan menggunakan bahan alami merupakan cara terbaik buat ibu yang sedang menyusui. Ini untuk mengurangi resiko senyawa kimia yang bisa masuk kedalam ASI dan membahayakan bayinya. Selain minim resiko, obat alami juga terbukti lebih manjur daripada mengonsumsi obat kimia.

1.Air putih

Salah satu obat demam buat ibu menyusui yang aman adalah dengan memperbanyak mengonsumsi air putih. Jangan lupa untuk minum air putih hangat, karena minuman ini bisa membantu mengeluarkan keringat yang akan membuat panas tubuh akan menurun.

2. Tingkatkan asupan nutrisi

Apabila suhu tubuh kalian tidak terlalu tinggi, sangat disarankan untuk tidak segera mengonsumsi obat. Sangat dianjurkan untuk memperbanyak mengonsumsi makanan bergizi, misalkan sup ayam, susu hangat, putih telur serta berbagai makanan bernutrisi lainnya. Karena dengan memgomsumsi makanan bernutrisis akan membantu meningkatkan imunitas tubuh yang akan melawan demam. (Baca Juga :Macam macam Panas Dalam Penurun Panas Demam)

3. Jahe

Obat alami selanjutnya yang dianjurkan adalah jahe, ini karena jahe mempunyai banyak kandungan minyak atsiri, yang sudah terbukti ampuh menurunkan suhu tubuh dan juga membantu melancarkan sirkulasi darah. Selain itu, jahe juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kalian.

4. Teh hijau

Selain sebagai minuman yang dianjurkan bagi orang yang sedang melakukan diet, teh hijau juga terbukti mampu mengatasi demam. Ini dikarenakan kandungan antioksidan yang sangat tinggi pada daun teh hijau. Cara membuatnya pun sangatlah mudah, kalian hanya perlu menyeduh teh hijau dengan teh hangat, selain itu teh hijau juga akan membantu merdakan flu jika demam kalian disertai dengan flu.

Baca juga:

5. Yogurt

Ternyata yogurt juga menjadi salah satu obat yang efektif dalam menurunkan demam. Ini karena minuman ini mengandung probiotik yang bisa membantu meningkatkan sistem imun pada tubuh kalian. Dengan sistem imun yang meningkat, maka demam akan perlahan-lahan turun.

Sponsors Link

6. Bawang putih

Selain bermanfaat sebagai bumbu dapur, bawang putih juga bermanfaat menurunkan demam. Ini dikarenakan bawang putih mengandung antibakteri serta antivirus, untuk membuanya pun mudah pertama siapkan 1 siung bawang putih yang sudah kalian cuci dengan air. Kemudian iris tipis-tipis dan tambahkan madu secukupnya llau konsumsi ramuan ini secara perlahan. Efek samping setelah mengomsumsi ini adalah rasa panas yang timbul pada perut kalian

7. Bawang merah

Bawang merah juga terbukti ampuh melnurunkan demam karena mengandung nutrisi yang cukup kompleks, seperti vitamin C. Untuk membuat ramuan ini pertama 1 siung bawang merah yang sudah dicuci. Kemudian haluskan dalam blender  lalu balurkan di dahi atau pada telapak kaki. Biasanya demam akan turun seketika itu juga.

Baca juga:

ads

8. Makanan ber-vitamin C tinggi

Di saat tubuh kalian mengalami demam, ibu yang sedang menyusui sebaiknya banyak mengkonsumsi makanan bervitamin C tinggi. Seperti buah jeruk, melon, pepaya, jambu biji, paprika, tomat, mangga, serta yang lainnya. Ini karena vitamin C bisa membantu meningkatkan sistem imun tubuh, serta mengontrol tekanan darah.

9. Madu

Apabila kalian sedang mengalami demam saat menyusui, segera mengkonsumsi madu yang dicampurkan dengan air hangat. Ini karena madu mengandung zat antibakteri, antijamur, antiseptik dan juga vitamin C yang akan  meningkatkan imunitas tubuh kalian. Selain itu madu juga akan membantu mengembalikan kebugaran kalian.

10. Jeruk nipis

Ternyata jeruk nipis juga mampu menurunkan demam pada ibu menyusui. Caranya adalah dengan segera mengkonsumsi air perasan jeruk nipis yang dicampurkan dengan air hangat. Kalian juga bisa menacmpurkan madu untuk mengurangi rasanya yang asam, selain itu kandungan vitamin C pada jeruk nipis bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh kalian. Baca juga:

11. Air kelapa muda

Obat demam yang baik untuk ibu menyusui selanjutnya yaitu air kelapa muda. Buah sangat aman dikonsumsi bagi ibu hamil serta membantu meningkatkan produksi ASI. Mengkonsumsi air kelapa muda, akan membantu mengeluarkan keringat dengab cepat sehingga suhu tubuh akan cepat turun.

12. Air seledri

Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu merebus daun seledri kira-kira 20-30 lembar. Selanjutnya minum air rebusan tersebut selagi masih hangat. Cara lain Anda bisa menghaluskan daun seledri, lalu membalurkannya pada bagian dahi. Daun ini bisa membantu menurunkan panas tubuh dalam waktu yang tak lama.

13. Belimbing Wuluh

Buah ini ternyata juga lumayan efektif untuk mengatasi demam naik turun disertai dengan batuk pilek pada orang dewasa maupun anak-anak. Cara membuatnya yaitu dengan mencampurkan belimbing wuluh serta beberapa butir adas, lalu tambahkan sedikit gula serta secangkir air. Kemudian kalian rebus campuran ini kemudian saringlah airnya jika ramuan sudah mulai mendingin. Untuk hasil maksimal, minum ramuan ini dua kali sehari.

14. Minum Teh Licorice

Teh ini akan membantu menurunkan demam serya melawan infeksi serta memecahkan lendir pada bagian tenggorokan serta hidung. Kalian juga bisa menambahkan beberapa bahan seperti kayu manis, madu, akar licorice atau gula batu. Tapi jangan kalian tambahkan saat teh masih panas. Untuk hasil maksimal kalian bisa mengonsumsi teh ini dua kali sehari. Teh akar licorice sangat baik untuk orang yang sedang pilek. (Baca juga:Macam macam Demam pada AnakPenyebab Demam pada Ibu Hamil)

15. Gunakan putih telur 

Selain itu kalian juga menggunakan putih telur untuk menurunkan demam. Kalian hanya perlu merendam handuk atau lap kedalam ramuan putih telur. Kemudian, kompreskan ke sepanjang kaki lalu tutuplah kaki kalian dengan menggunakan kaus kaki. Ganti handuk kalau sudah mulai mengering. Kalian juga bisa langsung merendam kaus kaki kedalam putih telur lalu langsung memakainya.

16. Berendam di air hangat

Selain mengonsumsi berbagai obat herbal untuk menurunkan demam, kalian juga bisa mencoba menurunkan dmam dengan berendam di air hangat. Kalian hanya perlu mengisi bak mandi dengan air hangat serta berendam di dalamnya selama beberapa menit. Selain menurunkan demam secara perlahan serta membantu menyegarkan tubuh kalian.

Sponsors Link

17. Terapi spons

Terapi spons juga terbukti ampuh menurunkan demam secara alami. Kalian hanya perlu mencelupkan sebentar spons kedalam air dingin lkemudian letakanlah pada dahi atau kaki. Ulangi langkah ini sampai suhu tubuh kalian mulai turun.

Baca Juga :

18. Pasta kaki

Kalian juga bisa membuat pasta dari bawang putih yang sudah dihaluskan dan dicampurkan dengan minyak kelapa. Kemudian oleskan pada bagian tubuh yang panas lalu tunggulah hasilnya beberapa menit setelahnya. Jika kalian merasa obat alami yang kalian minum maupun kalian lakukan tidak membuat suhu tubuh kalian menurun. Kalian juga bisa mencoba menggunakan obat penurun panas, tapi akan lebih baik jika kalian berkunjung atau berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

19. Paracetamol

Selain mengonsumsi obat alami diatas kalian juga bisa menggunakan obat kimia yang aman seperti paracetamol. Obat ini tentu sering kalian dengar sebagai obat penurun panas. Kalian bisa menemukannya dengan mudah pada obat-obat penurun panas di apotik. Tapi lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

20. Ibuprofen

Selain p[aracetamol, obat jenis ibuprofen juga termasuk obat yang aman buat ibu menyusui. Obat NSAID(nonsteroidal anti-inflammatory drug) merupakan obat yang sering dipakai dalam mengatasi peradangan, serta untuk mengurangi rasa nyeri, sakit kepala, pegal-pegal, sakit gigi, serta demam.Tapi lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Karena obat ini bisa dibeli hanya dengan menggunakan resep dokter.

Memilih obat demam yang tepat buat ibu menyusui tentu tidak boleh asal pilih. Hal ini karena kondisi ibu yang sedang menyusui, sehingga makanan yang dikonsumsi ibu tentunya bisa berpengaruh kepada air susunya (ASI). Untuk itu, jika kalian sudah mencoba menggunakan obat alami namun tidak kunjung mengalami perubaha, sangat dianjurkan untuk berkunjung ke dokter

Baca Juga:

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan