Sponsors Link

8 Obat Panas Dingin Buat Dewasa yang Alami dan Terbukti Ampuh

Sponsors Link

Demam panas tinggi umumnya menjadi penyebab demam menggigil kedinginan. Tubuh panas tetapi kaki dan tangan terasa dingin. Demam gigil dan panas dingin berbeda dengan meriang. Perbedaan demam panas dingin dan meriang, karena meriang belum belum tentu disertai tubuh dengan suhu panas.

ads

Saat orang dewasa mengalami panas dingin, jarang sekali yang langsung menghubungi petugas kesehatan alias ke dokter. Kebanyakan mereka mengatasi dengan obat panas dingin buat dewasa yang mudah didapat. Obat tersebut dapat berupa obat panas dingin alami, obat panas dingin di apotek, atau obat herbal demam untuk dewasa.

Obat panas dingin buat dewasa yang biasa dilakukan dan dikonsumsi, antara lain di bawah ini.

1. Garam

Garam diketahui sebagai obat alami yang mengandung antibiotik alami. Oleh karena itu, garam dapat digunakan untuk mengatasi demam infeksi karena bakteri. Perbedaan demam virus bakteri dapat terlihat pada bagian yang diserangnya. Bakteri menyerang salah satu sistem tubuh saja, misalnya sistem pencernaan.

Penggunaan garam dalam mengobati panas dingin adalah untuk berkumur beberapa kali sehari.

2. Kunyit dan Kuning Telur

Pada dasarnya, demam panas dingin adalah reaksi tubuh melawan demam panas. Jadi keduanya berkaitan. Maka obat herbal kunyit dapat digunakan sekaligus untuk mengatasi kedua jenis demam. Ditambah dengan kuning telor yang telah direbus setengah matang akan menghasilkan energi untuk penyembuhan lebih cepat.

3. Jahe

Jahe akan menghangatkan badan dari dalam.  Minum ari jahe yang banyak dijual secara instan atau membuat sendiri sangat cocok untuk panas dingin karena demam akibat radang tenggorokan, demam thypoid atau demam tifus, dan demam karena batuk pilek.

4. Teh Herbal

Teh herbal, seperti teh daun peppermint mempunyai khasiat mirip dengan jahe. Teh memberi kehangatan tubuh dari dalam. Demam hidung tersumbat akan lega jika meminum teh herbal.

5. Kencur

Kencur mempunyai zat anti nyeri. Selain itu, kencur memberi efek nyaman jika diminum sarinya. Demam disertai sakit kepala yang terkadang mengiringi panas dingin akan lebih cepat reda.

6. Bawang Merah

Bawang merah umumnya dibalurkan atau dioleskan pada demam flu pada anak. Namun, olesan cara menurunkan demam dengan bawang merah yang benar juga sangat berpengaruh pada orang dewasa. Minyak atsiri yang dikeluarkan oleh bawang merah akan membantu menurunkan panas tubuh. Sementara campurannya dengan minyak kayu putih akan memberi kehangatan pada tubuh yang terasa dingin.

7. Kunyit Putih

Kunyit putih umumnya digunakan pada demam infeksi yang menyerang organ reproduksi, seperti demam infeksi saluran kemih. Secara keseluruhan berkhasiat sama dengan kunyit kuning. Namun, kunyit putih lebih sukar didapat dibandingkan kunyit kuning.

Sponsors Link

8. Obat Apotek

Obat apotek digolongkan menjadi beberapa macam. Ad obat yang dijual bebas tanpa resep dokter, obat bebas terbatas, dan obat yang tidak dapat dibeli tanpa resep dokter. banyak obat panas dingin buat dewasa yang tergolong obat bebas dan obat bebas terbatas. Jadi, penderita dan keluarga dapat dengan mudah membelinya di warung atau toko obat. Contoh obat panas dingin, misalnya Dextrometrophan, Paracetamol, Sanmol, CTM, dan sebagainya.

Selain obat panas dingin, tentu saja perawatan di rumah harus disertai beberapa hal seperti:

  • Istirahat
  • Konsumsi makanan bergizi
  • Minum banyak cairan
  • Sering mengganti pakaian jika basah
  • Kompres penurun panas

Jangan lupa untuk tidak mendekati atau menjauhi anak-anak terlebih dahulu jika orang dewasa sakit. Ini dilakukan karena anak-anak akan mudah tertular. Kekebalan tubuh mereka belum sempurna. Segera konsultasi ke dokter jika demam disertai mual dan muntah, demam berkepanjangan, batuk lebih dari 14 hari, dan demam disertai bintik merah pada orang dewasa.

Sponsors Link
, , ,



Oleh :
Kategori : Pengobatan