Sponsors Link

7 Cara Mengatasi Demam Pada Bayi Usia 8 Bulan Terbukti Ampuh

Sponsors Link

Demam menjadi gejala penyakit umum yang bisa menyerang siapa saja, mulai dari bayi yang baru lahir hingga orang tua yang sudah dewasa. Bayi 8 bulan juga tidak lepas dari serangan demam. Bahkan karena daya tahan tubuh bayi yang masih lemah, bayi sangat mudah terkena demam. Demam adalah kondisi di mana suhu tubuh bayi meningkat melebihi normal, yaitu lebih dari 37 derajat celcius.

ads

Demam memang bukan penyakit yang mengkhawatirkan. Namun munculnya demam adalah pertanda bahwa di dalam tubuh sedang ada virus atau bakteri yang menginfeksi. Itulah mengapa ada 2 Jenis Demam yang paling sering terjadi pada bayi, yaitu demam infeksi dan demam virus.

  • Demam Infeksi adalah demam yang menyerang karena adanya bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Bakteri tersebut biasanya menyerang bagian tubuh tertentu seperti paru paru, mulut, atau sistem pencernaan.
  • Demam Virus adalah demam yang terjadi setelah ada virus yang masuk ke dalam tubuh. Virus Penyebab Demam ditularkan melalui sentuhan kulit, udara, atau penggunaan barang yang sama.

Agar demam tidak menyebabkan penyakit yang lebih parah pada tubuh bayi, berikut cara mengatasi demam pada bayi usia 8 bulan yang bisa dilakukan:

1. Memperbanyak ASI

Bagi bayi yang masih berusia 8 bulan, ASI adalah kebutuhan yang sangat penting. Hingga usia 2 tahun, bayi harus tetap mendapatkan ASI dari ibunya untuk membantu memaksimalkan tumbuh kembang anak.

Cara mengatasi demam pada bayi 8 bulan yang paling cepat adalah dengan memperbanyak ASI pada bayi. Saat demam, bayi akan rentan mengalami dehidrasi karena semua cairan yang ada di dalam tubuh mudah menguap oleh suhu yang tinggi. Waspadai munculnya Tanda Bayi Dehidrasi Karena Demam agar tidak semakin parah.

2. Menidurkan Bayi di Ruangan Sejuk

Cara cepat untuk mengatasi bayi 8 bulan yang menderita demam adalah dengan memastikan bayi cukup untuk beristirahat. Cara Menurunkan Panas Pada Bayi 8 bulan yang satu ini akan membuat daya tahan tubuh bayi menjadi lebih kuat sehingga virus penyebab demam di dalam tubuh bisa dilawan. Namun jangan biarkan bayi tidur terlalu lama, karena ada resiko tersendiri jika Bayi Demam Tidur Terus dalam waktu yang lama.

3. Memberi Pakaian yang Menyerap Keringat

Bayi 8 bulan yang sedang demam akan sangat mudah berkeringat. Suhu tubuh bayi yang sangat panas membuat cairan yang ada di dalam tubuh bayi menguap keluar menjadi keringat. Sama seperti yang dilakukan ibu dalam Cara Mengatasi Panas Dalam Pada Bayi 10 Bulan, sirkulasi udara dari dalam dan ke luar tubuh bayi harus dijaga. Berikan pakaian dengan bahan katun yang bisa menyerap keringat.

Dengan begitu demam pada bayi akan segera turun, apalagi jika bayi hanya mengalami Efek Samping Imunisasi Demam saja.

4. Mengontrol Suhu Tubuh Bayi

Untuk mewaspadai Demam Naik Turun Pada Bayi 8 Bulan, jangan lupa untuk mengecek suhu tubuh bayi secara rutin. Hal ini penting untuk mengetahui pola suhu tubuh bayi sehingga bisa dilakukan cara pencegahan sejak dini jika ada penyakit lain yang lebih parah di dalam tubuh bayi.

Jika orang tua mendapati pola perubahan suhu tubuh yang tidak wajar, yaitu demam bayi naik turun selama beberapa hari, segera bawa bayi untuk periksa ke dokter agar tidak terjadi penyakit yang lebih parah lagi pada bayi. 

Sponsors Link

5. Kompres Air Hangat

Cara lain yang tidak kalah efektif untuk mengatasi demam pada bayi 8 bulan adalah dengan memberi kompres air hangat pada bayi. Manfaat Kompres Demam untuk bayi sangatlah besar, yaitu membantu menyerap panas dalam tubuh bayi secara maksimal. Cara Menurunkan Panas dengan Kompres yaitu dengan memilih air hangat untuk kompres, bukan air dingin.

6. Memberikan Obat

Jika demam pada bayi 8 bulan tidak kunjung sembuh, bawa bayi untuk segera periksa ke dokter. Dengan demikian dapat diketahui secara pasti penyakit apa yang diderita bayi, lalu bagaimana solusi terbaik untuk mengatasinya. Dokter juga tahu Obat Penurun Panas Badan apa yang tepat dan aman untuk bayi usia 8 bulan.

Jangan sembarangan memberi bayi obat untuk menurunkan panas seperti Sanmol. Memang obat tersebut sangat efektif untuk menurunkan panas karena memiliki kandungan paracetamol. Namun tubuh bayi masih terlalu lemah untuk dimasuki obat kimia dengan kandungan yang keras.

Sponsors Link

7. Memberikan Obat Tradisional

Jika memberikan obat kimia dinilai kurang tepat, maka orang tua bisa memberikan obat tradisional untuk membantu mengatasi panas pada bayi yang berusia 8 bulan. Memasuki usia 8 bulan, bayi tentu sudah diberi makanan pendamping ASI sehingga boleh boleh saja diberi obat tradisional. Salah satu obat tradisional yang baik untuk bayi adalah madu. Manfaat Madu Untuk Demam antara lain adalah membantu mengatasi demam dengan cepat karena madu memiliki kandungan anti bakteri yang akan melawan bakteri di dalam tubuh bayi yang menyebabkan demam.

Itulah berbagai cara mengatasi demam pada bayi 8 bulan yang bisa dilakukan. Jaga kesehatan anak dengan baik, mulai dari memperhatikan asupan makanan, kebersihan lingkungan, hingga kebutuhan gizi anak yang harus dipenuhi. Jika kesehatan anak terjaga, maka daya tahan tubuhnya akan meningkat dan dengan demikian anak tidak akan mudah terjangkit berbagai macam penyakit, termasuk demam.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan