Sponsors Link

Cara Menurunkan Panas Anak 3 Tahun Terampuh

Sponsors Link

Apa gejala penyakit yang paling umum terjadi dan bisa diderita oleh siapa saja? Jawabannya sudah pasti Demam. Demam memang reaksi otomatis yang diberikan oleh tubuh ketika ada benda asing yang masuk. Benda asing yang dimaksud adalah virus dan bakteri yang bisa menyebabkan penyakit. Suhu tubuh dinaikkan sebagai cara untuk bertahan dari serangan penyakit.

ads

Ada banyak sekali Jenis Demam yang bisa menyerang manusia di segala usia, mulai dari bayi hingga orang tua yang telah lanjut usia. Ada Demam Biasa yang bisa sembuh dalam 1 atau 2 hari saja, tetapi ada pula Demam Berkepanjangan dengan siklus yang naik turun dan bisa berbahaya.

Anak yang masih berusia 3 tahun juga tidak lepas dari ancaman demam. Ada banyak Penyebab Demam Pada Anak usia 3 tahun yang harus diwaspadai oleh orang tua seperti asupan gizi yang tidak seimbang, aktivitas yang terlalu padat, hingga kebersihan lingkungan yang tidak terjaga. Orang tua harus memahami bagaimana cara menurunkan panas anak 3 tahun agar tidak berkembang menjadi penyakit yang lebih mengkhawatirkan lagi. Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan panas atau Demam Anak 2 Tahun:

1. Mengurangi Aktivitas Anak

Anak usia 3 tahun sedang dalam masa aktif untuk bermain dan bereksplorasi. Karena terlalu aktif, anak tidak menyadari bahwa tubuhnya kelelahan hingga demam. Oleh sebab itu, bagi anak usia 3 tahun, Cara Menurunkan Panas Anak dengan Cepat adalah mengurangi bahkan menghentikan seluruh aktivitas anak untuk sementara hingga demamnya turun dan sembuh.

2. Banyak Minum Air Putih

Cara menurunkan panas anak 3 tahun berikutnya adalah dengan memberi anak banyak air putih. Waspadai gejala dehidrasi pada anak seperti Demam Naik Turun yang tidak menentu disertai bibir kering. Hubungan Dehidrasi dengan Demam memang sangat erat, yaitu cairan di dalam tubuh mudah menguap karena suhu tubuh meningkat. Memberi anak banyak air putih adalah cara Menurunkan Demam Anak Tanpa Obat yang ampuh.

3. Memberi Obat Tradisional

Anak 2 tahun sudah bisa menyantap makanan yang kasar, dan oleh sebab itu panas anak 3 tahun lebih mudah diobati dengan banyak cara dibandingkan dengan mengobati Demam Pada Bayi. Salah satunya adalah dengan menggunakan Obat Tradisional Penurun Panas Anak Usia 2 Tahun yaitu madu.

Madu memiliki kandungan anti bakteri alami yang bisa melawan bakteri di dalam tubuh anak. Itulah mengapa Manfaat Madu Untuk Demam sangatlah besar dalam membantu menurunkan panas anak. Seduh madu dengan air hangat, lalu berikan pada anak sebanyak 3 kali sehari, setiap pagi dan sore hari sampai panas anak turun dan sembuh.

4. Mengompres Dahi Anak

Ada satu lagi cara menurunkan panas anak 3 tahun yang sangat tradisional dan sederhana, yaitu dengan mengompres dahi anak. Cara Menurunkan Panas Dengan Kompres sudah dilakukan sejak jaman nenek moyang dan terus dipercaya hingga kini. Manfaat Kompres Demam untuk menurunkan panas memang tidak perlu diragukan lagi. Beri kompres air hangat pada anak agar panas tubuh bisa diserap oleh suhu hangat dari kompres.

Sponsors Link

5. Meminum Obat Penurun Panas Badan

Berikan obat yang bisa membantu menurunkan panas anak seperti misalnya Sanmol yang memiliki kandungan paracetamol yang ampuh untuk menurunkan panas. Berikan dosis dan takaran yang sesuai usia anak. Anak 3 tahun biasanya masih kesulitan untuk meminum obat dalam bentuk pil atau kapsul, sehingga berikan anak obat Sanmol dalam bentuk sirup saja.

6. Periksa ke Dokter

Jika segala cara telah dilakukan dan anak tidak kunjung menunjukkan tanda tanda kesembuhan, maka alternatif yang berikutnya adalah dengan membawa anak periksa ke dokter. Jika panas anak tidak menunjukkan perubahan selama lebih dari 3 hari, mungkin ada penyakit lain yang lebih serius di dalam tubuh anak. Dokter akan bisa memberikan diagnosa yang tepat serta memberikan perawatan lebih lanjut untuk mengobati panas pada anak.

Penyebab Panas Pada Anak 3 Tahun

Orang tua wajib mengetahui apa saja hal-hal yang bisa menyebabkan panas pada ank yang berusia 3 tahun. Panas yang diderita anak tentu tidak muncul begitu saja, melainkan ada penyebab lain yang harus diwaspadai oleh orang tua. Inilah beberapa penyebab tersebut:

Sponsors Link

  1. Anak sedang tumbuh gigi dan saat itu gigi sedang merobek gusi. Hal ini menyebabkan rasa tidak nyaman serta menimbulkan efek samping yaitu anak yang lebih rewel dari biasanya.
  2. Demam yang terjadi pada anak juga bisa disebabkan karena anak baru saja diimunisasi. Demam adalah pertanda bahwa obat vaksin mulai bekerja.
  3. Adanya bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh anak dan mengganggu kesehatan anak.
  4. Radang tenggorokan pada anak yang disebabkan oleh adanya bakteri tertentu yang masuk ke dalam tenggorokan dan menginfeksi.
  5. Infeksi jamur yang menyebabkan anak mengalami sariawan dan panas dalam.
  6. Demam lain seperti demam berdarah atau malaria jika panas berlangsung selama lebih dari 7 hari.

Itulah berbagai cara menurunkan panas anak 3 tahun yang bisa dilakukan oleh orang tua. Sebelum anak menderita penyakit apapun, penting bagi orang tua untuk menjaga kesehatan anak. Jangan biarkan anak jajan sembarangan dan memakan makanan yang tidak terjamin kebersihannya.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan