Sponsors Link

10 Cara Menurunkan Demam Orang Tua Paling Efektif

Sponsors Link

Demam merupakan gejala penyakit yang sangat umum dan bisa terjadi pada siapa saja. Tidak peduli bayi yang baru lahir, anak anak, dewasa, hingga orang tua bisa terkena demam. Hal ini bisa dimaklumi karena demam adalah respon otomatis yang diberikan oleh tubuh saat ada benda asing yang dirasa mengancam masuk ke dalam tubuh. Kedua benda tersebut adalah virus dan bakteri. Berdasarkan penyebabnya, Jenis Demam dapat dibagi menjadi 2 golongan besar, yaitu Demam Infeksi dan Demam Virus.

ads
  • Demam Infeksi

Adalah demam yang disebabkan oleh masuknya bakteri ke dalam tubuh manusia. Bakteri ini kemudian akan membawa penyakit lain, tergantung dari jenisnya. Penyakit yang muncul dari demam infeksi antara lain adalah radang tenggorokan dan Demam Tifus yang dibawa oleh bakteri jenis Salmonella typhi.

  • Demam Virus

Demam yang menyerang seseorang akibat masuknya virus ke dalam tubuh. Virus Penyebab Demam bisa memicu munculnya penyakit seperti Demam Malaria dan Demam Berdarah yang virusnya dibawa oleh nyamuk Aedes aeghypti. Penularan virus lain juga bisa melalui makanan, penggunaan alat medis, atau transfusi darah.

Karena tubuh orang tua juga rentan terkena demam, maka perlu dilakukan cara menurunkan demam orang tua dengan segera. Tubuh orang tua sama lemahnya seperti bayi dan anak anak, sehingga sedikit saja terlambat ditangani bisa menyebabkan penyakit lain yang lebih parah lagi.

1. Kompres Air Hangat

Manfaat Kompres Demam tidak hanya bisa dirasakan oleh anak kecil saja. Orang tua juga perlu dikompres agar panas di tubuhnya segera turun. Gunakan waslap bersih untuk mengompres dahi orang yang sedang demam. Cara Menurunkan Panas dengan Kompres pada orang tua akan membantu untuk mengeluarkan panasnya dari dalam tubuh.

2. Mandi Air Hangat

Selain kompres, cara menurunkan demam orang tua yang kedua adalah dengan mandi air hangat. Cara ini punya manfaat yang sama dengan kompres air hangat, yaitu membantu menurunkan demam yang ada di tubuh. Lakukan mandi air hangat sebanyak 1 kali dalam sehari selama 3 hari. Jika tidak, segera bawa ke dokter untuk mengetahui diagnosa yang lebih lanjut.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Air putih adalah obat terbaik untuk menurunkan demam. Perbanyak minum air putih saat Badan Terasa Panas Dingin pertanda akan demam. Demam bisa membuat seseorang mengalami dehidrasi parah. Hubungan Dehidrasi dengan Demam adalah, suhu panas pada tubuh akan mempercepat penguapan cairan dari dalam tubuh. Untuk menghindari dehidrasi, perbanyak minum air putih.

4. Memakai Baju Menyerap Keringat

Saat demam, pastikan sirkulasi udara dari dan ke luar tubuh harus lancar agar panas tubuh tidak terjebak di dalam. Caranya adalah dengan memakai baju berbahan adem yang menyerap keringat. Dengan demikian panas yang ada di dalam tubuh dapat keluar.

Sponsors Link

5. Banyak Istirahat

Cara untuk Mengatasi Demam Menggigil Pada Orang Dewasa atau demam lainnya pada orang tua adalah dengan banyak istirahat. Dengan demikian, kondisi kesehatan tubuh bisa pulih, sistem imun dapat ditingkatkan sehingga demam bisa segera turun. Terkadang Penyebab Panas Dingin dan Pusing pada orang tua adalah karena kelelahan dan kurang istirahat.

ads

6. Memakan Makanan Bergizi

Saat orang tua sedang menderita demam, konsumsi Makanan Penurun Panas Orang Dewasa untuk membantu memulihkan kondisinya. Pilih makanan yang mudah dicerna seperti bubur agar cepat diserap oleh tubuh. Makanan yang bergizi akan memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga kondisi kesehatan bisa cepat membaik dan demam dapat segera sembuh.

7. Menghindari Buah

Salah satu Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Saat Demam adalah buah buahan. Buah mengandung banyak vitamin, namun kandungan asamnya juga cukup tinggi. Kandungan asam ini akan menyebabkan kadar asam di dalam lambung naik sehingga memicu mual pada perut.

8. Tidak Minum Kafein

Hindari segala macam minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh. Kopi dan teh bisa menyebabkan perut menjadi kembung. Selain menyebabkan kembung, kafein juga melancarkan aliran darah ke ginjal sehingga membuat seseorang menjadi sering buang air kecil. Kondisi ini pasti tidak nyaman untuk orang tua.

9. Minum Air Kelapa Muda

Cara Mengobati Demam Pada Orang Dewasa adalah dengan minum air kelapa muda. Air kelapa muda dapat menetralkan semua zat racun dalam tubuh. Cara Menurunkan Demam Dengan Air Kelapa memang sudah terbukti keampuhannya.

10. Tidur di Ruangan dengan Suhu Nyaman

Banyak istirahat memang bisa membantu menurunkan demam pada orang tua. Namun tempat beristirahat juga harus diperhatikan. Pilih ruangan dengan suhu yang nyaman dan sejuk, tidak terlalu panas namun juga tidak terlalu dingin. Ruangan yang nyaman akan membuat sirkulasi udara menjadi semakin lancar sehingga demam juga bisa cepat turun dan disembuhkan.

Itulah berbagai cara menurunkan demam orang tua yang harus segera dilakukan. Tubuh orang tua bahkan lebih rentan terkena penyakit karena faktor usia dan organ tubuh yang sudah menua. Sehingga dengan penanganan yang tepat, resiko akan terkena penyakit bisa ditekan hingga seminimal mungkin. Untuk menghindari penyakit di hari tua, sebaiknya terapkan gaya hidup sehat dan makan makanan bergizi sedari muda.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan